Pemanfaatan Sistem Database Menggunakan Aplikasi Jotform Dalam Mendukung Pelaksanaan Pembelajaran E-Learning di Masa Pandemi Covid-19
Sari
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memanfaatkan dan menerapkan sistem penyimpanan data hasil pembelajaran online secara terpusat sehingga dapat memudahkan dosen pengajar dalam menyimpan maupun melihat kembali data hasil pembelajaran E-Learning yang akan diajarkan kepada mahasiswa baik pembelajaran yang sudah dilakukan maupun pembelajaran yang baru akan dilakukan.
Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan bahwa pada saat ini kegiatan pembelajaran di kalangan mahasiswa dilakukan dengan menggunakan sistem pembelajaran online atau E-learning. Adanya kondisi pandemi virus Covid-19 membuat proses pembelajaran secara langsung atau tatap muka ditiadakan karena untuk mencegah penyebaran virus tersebut. Dalam masa pandemi ini pemerintah telah menghimbau seluruh perguruan tinggi agar proses pembelajaran kepada mahasiswa dilakukan dengan sistem online. Berbagai media pembelajaran mulai digunakan untuk mendukung pembelajaran E-learning kepada mahasiswa. Sistem pembelajaran online ini tentunya memerlukan adaptasi dan pemahaman dalam penggunaan media pembelajaran online tersebut khususnya bagi dosen pengajar dan mahasiswa.
Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu dengan menjelaskan pemanfaatan dan penggunaan sistem penyimpanan data (database) pembelajaran E-Learning melalui penggunaan aplikasi JotForm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyimpanan data dengan menggunakan aplikasi JotForm sangat memudahkan proses pembelajaran online antara dosen dan mahasiswa khususnya pada masa pandemi Covid-19.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Chandrawati, S. R. (2010). Pemamfaatan E-learning dalam Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 8(2), 218616.
https://ipankint.com, 2013. Diakses 24 Oktober dari https://ipankint.com/internet/kelebihan-menggunakan-media-penyimpanan-online-onlinecloud-storage/
Rahardja, U., Handayani, I., & Shofroh, S. R. (2016). Pemanfaatan Aplikasi Jotform Sebagai Media Request Pengambilan Donasi Pada Sistem ZFord. Sisfotenika, 6(2), 136-146.
Sovia, R., & Febio, J. (2017). Membangun Aplikasi E-Library Menggunakan Html, Php Script, Dan Mysql Database. Jurnal Processor, 6(2).
Juansyah, A. (2015). Pembangunan aplikasi child tracker berbasis assisted-global positioning system (a-gps) dengan platform android. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), 1(1), 1-8.
Berlianty, T. D. (2015). APLIKASI PEMBELAJARAN “MARI MENGENAL WAKTU” SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN UNTUK ANAK KELAS SATU SEKOLAH DASAR (Doctoral dissertation, Universitas Widyatama).
Suhartini. 2017.Aplikasi Alat BANTU Belajar Bahasa Inggris Sekolah DasarMenggunakan Adobe Flash Cs.6 (Studi Kasus: Sdit Fathona Baturaja). Jurnal Sistem Informasi Dan Komputererisasi Akuntansi (Jsk). Vol. 01. No. 01, Hal. 71-80, ISSN : 2579-447
Ajmi, A. 2016. Assessment: Anything, Anywhere, Anytime Using JotForm
https://denblangkon.blogspot.com, 2018. Diakses 24 Oktober dari https://denblangkon.blogspot.com/2018/10/apa-itu-jotform.html
Cucus, A., & Aprilinda, Y. (2016). Pengembangan E-Learning Berbasis Multimedia untuk Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh. Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika), 7(2).
Mutia, I., & LEONARD, L. (2015). Kajian Penerapan E-Learning Dalam Proses Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. Faktor Exacta, 6(4), 278-289.
Yazdi, M. (2012). E-learning Sebagai Media Pembelajaran InteraktifBerbasis Teknologi Informasi. In FORISTEK: Forum Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (Vol. 2, No. 1).
www.jotform.com
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i3.1038
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional