Pengaruh Keberadaan Minimarket Terhadap Tingkat Pendapatan UMKM di Kabupaten Maros
Sari
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Keberadaan Minimarket Terhadap Tingkat Pendapatan UMKM pada Kelurahan dan Desa di Kecamatan Lau Kabupaten Maros. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa data yang didapatkan dari hasil wawancara. Sementara data sekunder berupa jumlah Minimarket yang ada di seluruh Kecamatan Lau Kabupaten Maros yang didapatkan dari Kantor Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan (KOPUNDAG). Metode analisis dalam penelitian ini adalah menggunakan regresi linear sederhana, koefisien korelasi, dan koefisien determinasi, dengan perhitungan melalui SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan Minimarket berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap tingkat pendapatan UMKM pada kelurahan dan desa di Kecamatan Lau Kabupaten Maros.
Kata Kunci: Minimarket, Tingkat Pendapatan, UMKM.
Abstract
This study aims to determine the effect of minimarkets on the income level of MSMEs in Kelurahan and Village in Lau Subdistrict, Maros Regency. The data used in this study is primary data in the form of data obtained from interviews. While secondary data is the number of Minimarkets in all Lau Subdistrict, Maros Regency was obtained from the Office of Cooperatives, SMEs, and Trade (KOPUNDAG). The analysis method in this study uses simple linear regression, correlation coefficient, and coefficient of determination, with calculations through SPSS version 24. The results show that the existence of minimarkets has a negative and insignificant effect on the income level of MSMEs in villages and villages in Lau District, Maros Regency.
Keywords: Minimarket, Income Level, MSME.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Budiarto, R., Putero, S. H., Suyatna, H., Astuti, P., Saptoadi, H., Ridwan, M. M., & Susilo, B. (2018). Pengembangan UMKM Antara Konseptual dan Pengalaman Praktis. UGM PRESS.
HIKMA, N. (2019). ETNOGRAFI BERBELANJA KONSUMEN DI PALU GRAND MALL. Universitas Tadulako.
Junaid, A., Amiruddin, A., & Muslim, M. (2019). PKM Pendampingan Bimbingan Teknis Administrasi Keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Jurnal Pengabdian Bina Ukhuwah, 1(2), 134–142.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2010). Principles of marketing. Pearson education.
Rukaiyah, S. T. (2020). Effect of Product Quality and Product Value on Customer Loyalty: Empirical Study on Seaweed SME. Point Of View Research Management, 1(4), 144–153.
Sarfiah, S. N., Atmaja, H. E., & Verawati, D. M. (2019). UMKM sebagai pilar membangun ekonomi bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 137–146.
Sartika, T. P., & Soejoedono, A. R. (2004). Ekonomi Skala Kecil. Menengah Dan Koperasi, Bojongkerta: Ghalia Indonesia.
Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha mikro kecil dan menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6(1), 51–58.
Sudaryanto, R., & Wijayanti, R. R. (2013). Strategi pemberdayaan UMKM menghadapi pasar bebas Asean. Pusat Kebijakan Ekonomi Makro. Badan Kebijakan Fiskal. Kementerian Keuangan, Jakarta.
Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.
Sujana, A. S. T. (2012). Manajemen minimarket. Penebar PLUS+.
Tambunan, T. (2012). UMKM Indonesia. BUKU DOSEN-2014.
Thohar, G. B. (2015). Analisis Potensi Obyek Wisata Umbul Ngrancah di Desa Udanwuh Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Semarang. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Yulida, R. (2012). Kontribusi usahatani lahan pekarangan terhadap ekonomi rumah tangga petani di Kecamatan Kerinci Kabupaten Pelalawan. IJAE (Jurnal Ilmu Ekonomi Pertanian Indonesia), 3(2), 135–154.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i2.1051
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional