Aplikasi Teori Belajar Kontruktivisme dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas 1 SMA Satria Makassar
Sari
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis puisi siswa kelas I SMA Satria Makassar, melalui aplikasi teori belajar kontruktivisme. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (action research classroom). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Setiap siklus melalui 3 (tiga) tahap, yaitu: 1. Tahap perencanaan, 2. Tahap tindakan dan pengamatan, dan 3. Tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas I SMA Satria Makassar, yang berjumlah 42 orang siswa, 19 orang siswa laki-laki dan 23 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes dan wawancara. Pengumpulan data instrumen penunjang yang digunakan berupa pedoman pengamatan, tes hasil belajar dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Data yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara akan dianalisis secara kuantitatif, sedangkan data mengenai keterampilan menulis puisi siswa secara kualitatif dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan temuan siklus I dan siklus II, sebagai berikut: temuan siklus I, yaitu: 1) siswa masih kesulitan membuat puisi dengan metode kontruktivisme karena belum terbiasa, 2) Siswa masih mengalami kesulitan bekerjasama dalam kelompok kecil, dan 3) cara guru dalam mengarahkan siswa sudah bagus. Temuan siklus II, yaitu: 1) siswa sudah mampu membuat puisi, 2) siswa sudah mampu bekerjasama dengan baik dan teratur dalam kelompok, dan 3) cara guru dalam mengarahkan siswa sudah bagus.
Kata Kunci: Kontruktivisme, Menulis, Puisi.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adriani. (2000), Kemampuan Menulis Wacana Eksposisi Siswa Kelas II SMP Gowa Raya Kabupaten Gowa (Skripsi). Makassar: FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar.
Ahmadi, Abu. (2001), Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. (2001), Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Djuroto, Toto. (2007), Menulis Artikel dan Karya Ilmiah. Bandung: Tarsito.
Kadir, Burhanuddin. (2003), Penerapan Metode Inkuiri dalam Pembelajaran Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas I SMP Negeri 26 Makassar (Skripsi). Makassar: FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar.
Kurniati. (2002), Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata dalam Membuat Kalimat Bervariasi pada Siswa Kelas IV SD Negeri 88 Jennae, Kecamatan Sinjai Borong, Kabupaten Sinjai (Skripsi). Ujung Pandang: IKIP Ujung Pandang.
Murtiningsih, Siti. (2001), Penerapan Metode SAS dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas III SD Negeri 88 Jennae, Kecamatan Sinjai Borong Kabupaten Sinjai (Skripsi). Makassar: FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar.
Muslich. (2007), Teori Belajar Konstruktivisme. Jakarta: Rineka Cipta.
Purwanto, M. Ngalim. (1997), Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jakarta: Rosda Jayaputra.
Sumantri, Maman. (1996), Teknik Penyusunan Pidato. Jakarta: Balai Pustaka.
Suparno, Paul. (1997), Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Jogjakarta: Kanisius.
Suprayekti. (2003), Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas.
Tarigan, Djago dan Henry Guntur Tarigan. (1982), Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Thobroni. (2015), Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Wirawan, Wawan. (2001), Kemampuan Siswa Kelas I MTs Negeri Balang-Balang Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa Menulis Pargraf Ekspositoris dengan Menggunakan EyD (Skripsi). Makassar: FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar.
Wiryodijoyo, Suwarsono. (1991), Membaca: Strategi, Pengantar dan Tekniknya. Jakarta: Depdikbud.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i3.1079
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional