MENINGKATKAN EFEKTIVITAS INTERAKSI DOSEN DENGAN MAHASISWA PADA PERKULIAHAN “E-LEARNING” MELALUI “VARIOUS TEACHING METHODS”
Sari
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Meningkatkan efektivitas interaksi antara dosen dengan mahasiswa dalam perkuliahan E-Learning. 2) Menerapkan Teaching Method disesuaikan dengan mata kuliah yang diampuh oleh dosen untuk tercapainya Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK). Penelitian ini didasarkan pada fenomena yang sedang terjadi didunia pendidikan, dimana proses pembelajaran yang dilakukan menggunakan E-Learning. Pada perkuliahan E-Learning memungkinkan tersampaikannya bahan ajar kepada mahasiswa melalui media internet maupun media pembelajaran lainnya. Namun kenyataannya, masih ada dosen yang menggunakan metode kurang sesuai dengan mata kuliah yang diampuh, sehingga proses pembelajarannya menjadi kurang menarik. Untuk dapat meningkatkan capaian pembelajaran mata kuliah, perlu adanya penyesuaian metode pengajaran saat perkuliahan E-Learning.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data secara interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk menciptakan interaksi antara dosen dengan mahasiswa diperkuliahan E-Learning serta tercapainya (CPMK) maka metode yang dapat digunakan dosen untuk mata kuliah: 1) Manajemen Operasional II menggunakan metode Discusion, Problem Based Learning dan Convensional/Lecturer; 2) Manajemen Sumber Daya Manusia menggunakan metode Discusion dan Convensional/Lecturer; 3) Manajemen Pemasaran menggunakan metode Discusion, Problem Based Learning; 4) Sistem Informasi Manajemen menggunakan metode Discusion, Convensional/Lecturer; 5) Akuntansi Biaya menggunakan metode Problem Based Learning; 6) Manajemen Keuangan menggunakan metode Discusion.
Kata Kunci: Interaksi; E-Learning; Metode Pengajaran.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Al-Rawi, Ismail. (2013). Teaching Methodology and its Effects on Quality Learning. Journal of Education and Practice. ISSN-e 2222-288X. Vol4, No6.
Am, S. (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Fajriah. (2017). Improving Teaching Strategies Through Students’ Reflections. SUKMA: Jurnal Pendidikan. ISSN 2548-5105 (p), 9590 (e). Vol1 Issue2. Hal 301-327.
Fathurrohman, P., & Sutikno, M. S. (2019). Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami.
Hendariyunisha, Shifa. 2020. Istilah Medis Bahasa Korea Dalam Drama “Partner For Justice” (Kajian Morfosemantik). Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Korea. Universitas Pendidikan Indonesia.
Karwati, E. (2014). Pengaruh Pembelajaran Elektronik (E-Learning) Terhadap Mutu Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Komunikasi. 17(1), 41-54.
Maelasari, Rika., Ratnawati., Tarwana, Wawan. (2020). An Analysis of Teacher-Students’ Interaction In Cross-Cultural Understanding Online Teaching. Journal of Applied Linguistics and Literacy. ISSN 2598-8530. 47-56.
Maria Triziu, Andreea., Vrabie, Catalin. (2015). Education 2.0: E-Learning Methods. Procedia-Social And Behaviour Sciences. 186, 376-380.
Michael, A. (2013). Michael Allen’s Guide to E-learning. Canada: John Wiley & Sons.
Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. Studia Didaktika, 11(01), 9-16.
Putri, R. E. (2015). Model Interaksi dalam E-learning. In Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF). Vol. 1, No. 1.
Rahmawati, Fitria. (2016). E-Learning Implementation: Its Opportunities and Drawbacks Perceived By EFL Students. Journal of Foreign Languange, Teaching & Learning. Vol 1, No 1. 1-15.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Trianto, M. P. (2010). Model pembelajaran terpadu: Konsep, strategi, dan implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kuala Lumpur: Kemetrian Pengajaran Malaysia.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i2.1089
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional