Analisis Pemanfaatan Media Sosial terhadap Pengembangan Usaha Industri Rumah Tangga Era New Normal

Megawati Beddu, Rezky Nurbakti, Ulfa Natsir

Sari


 

Kemajuan teknologi menjadikan media sosial berkembang sebagai tempat untuk berbisinis melalui pendekatan dan strategi digital marketing. Digital marketing merupakan pemanfaatan teknologi jaringan untuk dapat mengkoordinasi penelitian pangsa pasar, membantu pengembangan produk, mengembangkan strategi dan taktik memikat konsumen.menyediakan distribusi on line,menciptakan kepuasan pelanggan dan mengumpulkan umpan balik bagi pelanggan sehingga memulihkan pendapatan pelaku usaha industri rumah tangga dari kelumpuhan ekonomi akibat covid 19

Penelitian ini dilakukan di kota Parepare dengan tujuan menganalisis pengaruh dan manfaat media sosial bagi pelaku usaha industri rumah tangga era new normal.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Deskriptif Observasional pada pelaku usaha industri rumah tangga di kota Parepare dengan menggunakan metode triangulasi yang mengabungkan metode wawancara terstruktur,wawancara mendalam,kuesioner dan observasi terhadap usaha industri rumah tangga dan media sosial yang digunakan. Adapun hasil penelitian  adalah(1) Pelaku usaha industri rumah tangga di kota Parepare  era new normal menggunakan media sosial face book dan whats upp (2) strategi  Pemasaran yang dilakukan pelaku industri rumah tangga di kota Parepare era new normal strategi promosi penjualan ,(3) Manfaat yang diperoleh pelaku usaha industry rumah tangga di kota Pare pare era new norma yaitu (i) Dapat memperkenalkan produk yang dijual,(ii)Meningkatkan Produk Penjualan, (iii) Dapat menarik Pelnggan Baru,(iv) dapat meningkatkan customer partnership, (v) terjadi interaksi intensif dengan konsumen,(vi) Biaya promosi rendah,(vii) memperluas jaringan pasar,(viii) mempertahankan pelanggan.

Universitas Internasional Batam

Keywords: Media Sosial; Pemasaran, Usaha Industri Rumah tangga

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anugrah, Sari 2015. 2015. “No Title طرق تدريس اللغة العربية.” Экономика Региона 2(1):32.

Ardiyanto, Arif. 2018. “Analisis Penggunaan Media Sosial Dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Desa Kemasan Kecamatan Sawit Kabupaten Bayolali.” Skripsi. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SURAKARTA 1–100.

Babini, Dominique. 2006. “Focus On….” Information Development 22(2):90–91.

Febriyantoro, Mohamad Trio, and Debby Arisandi. 2018. “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean.” JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara 1(2):61–76.

García Reyes, Luis Enrique. 2013. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Promosi Makanan Ringankripik Singkong Di Kabupaten Sampang.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.

Kirtiş, A. Kazim, and Filiz Karahan. 2011. “To Be or Not to Be in Social Media Arena as the Most Cost-Efficient Marketing Strategy after the Global Recession.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 24:260–68.

Purwana, Dedi, R. Rahmi, and Shandy Aditya. 2017. “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit.” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) 1(1):1–17.

Purwidiantoro, Moch Hari, Dany Fajar Kristanto, and Widiyanto Hadi. 2016. “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Usaha Kecil Menengah (UKM).” AMIK Cipta Darma Surakarta 1(1):30–39.

Putri, Luthfi Nuraini Sandra, and Isnurrini Hidayat Susilowati. 2017. “Pelaksanaan Promosi Melalui Media Sosial Instagram Pada Toko Zizara Depok.” Cakrawala XVII(2):226–36.

Ratna Gumilang, Risa. 2019. Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Vol. 10.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i3.1101

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter