MENINGKATKAN KEMAMPUAN CALISTUNG MELALUI MODEL BCCT (BEYOND CENTRAL CIRCLE TIME)DENGAN PENDEKATAN JOYFULL LEARNING

Troitje B.A. Balangsawang, Zoya F. Sumampow, Roet A.O. Najoan, Richard. D.H Pangkey

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari lebih dalam bagaimana  penerapan pembelajaran model BCCT dengan pendekatan joyfull learning dapat meningkatkan kemampuan membaca menulis dan berhitung  permulaan siswa kelas I Sekolah Dasar GMIM 16 Manado Kecamatan Tuminting. Peneliti menggunakan jenis penelitian tindakan. Jenis penelitian tindakan yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas atau biasanya disebut PTK. PTK yang dilakukan oleh peneliti, dilaksanakan dengan cara mengamati proses pembelajaran di dalam kelas. subjek yang diamati adalah semua aktivitas yang dilakukan oleh guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung.

Hasil penelitian ini, Hasil observasi terhadap tindakan guru adalah : guru sudah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP, akan tetapi guru masih kesulitan dalam mengkondisikan peserta didik pada saat mereka bermain dengan kartu huruf dan bilangan sehingga menghabiskan lebih banyak waktu, serta guru belum bisa menguasai kelas sepenuhnya dan kelabakan dalam pembelajaran. Hasil observasi terhadap tindakan peserta didik adalah: Dari hasil observasi yang peneliti lakukan pada tindakan kelas siklus I dapat diketahui bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi Joyfull Learning sudah berjalan tetapi belum maksimal. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peserta didik yang masih bingung belajar dengan menggunakan strategi Joyfull Learning, banyak peserta didik yang masih tidak fokus dalam pembelajaran, belum semua peserta didik tertarik dan memperhatikan pembelajaran.

 

Keywords: Kegiatan CaLisTung, penelitian tindakan kelas, joyfull learning, SD GMIM 16 Manado


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad Rofi’uddin dan Darmiyati Zuhdi (1998). Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta : Depdikbud.

Ahmad Susanto, 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana Prenada.

Aisya Nyimas, dkk 2007. Perkembangan dan Konsep Dasar Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas terbuka

------------------------------Pengembangan Pembelajaran Matematika SD: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Arianti (2011) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Siswa SMA negeri 8 Surakarta, Jurnal Pendidika Biologi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Asmawati, Luluk, dkk.(2011) Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Universitas Terbuka.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek.

Jakarta: PT Rineka Cipta

Aris Shoimin.2014. Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yokyakarta: AR-ruz media

Bambang Sujiono. 2009.Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta :Indeks

Dadang Iskandar Iskandar dan Narsim, 2015. Penelitian Tindakan Kelas.Cilacap: Ihya Media. Kemendikbud

Darmiyati Zuuchdi.2001. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Yokyakarta:PAS

Depdikdas. Pedoman Penerapan BCCT. 2005

Enco Mulyasa. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Hamdayama,J. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor : Ghalia Indonesia.

Mulyasa H.E.2014. Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nidar Yusuf . 2009. Pengembangan Kecerdasan Jamak Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain.Tesis,PPs- UPI

Sagala Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran.Bandung:Alvabeta

Slamet,st.Y.(2008) Dasar- Dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra di Kelas Rendah. Surakarta :UNS Press

Sugiyono. (2013). Metode Penlitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Susanto, Ahmad Group.2011) Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Suyadi. 2010.ermainan Edukasih Yang Mencerdaskan. Jokjakarta : Powerbook

Tarigan, Henry Guntur.2008. Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa, Bandung: Bumi Angkasa.

Wardani IGAK, Wihardit Kuswaya.2000: 14. Penelitian Tindakan Kelas. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Wayan Nurkencana,PPN.Sunartana.1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional,1990

Wina Sanjaya (2009) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Kencana

Yanuarita, F. (2014). Rahasia Otak & Kecerdasan Anak. Yogyakarta: Teranova Books.

Yuliani Nuraini Sujiono, Bambang Sujiono(2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak: disertai langkah pengembangan program kegiatan bermain di kelompok bermain, taman kanak kanak, dan pos Paud. Jakarta : Indeks Kelompok Gramedia anggota IKAPI,2010

Zainuddin: (1991) Materi Pokok Bahasa dan Sastra Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i3.1146

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter