Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD GMIM 23 Girian Kota Bitung

Allan Giovani Gigir, Deitje A. Katuuk, R. A. O Najoan, Jeanne M Mangangantung, Richard. D.H Pangkey

Sari


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education terhadap hasil belajar Matematika siswa Kelas IV SD GMIM 23 Girian Kota Bitung. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD GMIM 23 Girian. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 46 siswa, yang terdiri dari 23 siswa kelas eksperimen dan 23 siswa dari kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument penelitian yang berbentuk soal objektif sebanyak 20 soal. Rata-rata data Posttest pada kelas eksperimen adalah 85,52 sedangkan pada kelas kontrol 73,91. Setelah uji persyaratan terpenuhi dimana data berdistribusi normal dan homogen, pengujian hipotesis dilakukan dengan uji T (paired sample T-Test). Hasil analisis data dimana nilai Sig.(2-tailed) 0.00 < 0,05 maka data tersebut memiliki perbedaan rata-rata. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD GMIM 23 Girian.

 

Kata Kunci: Model Realistic Mathematics Education, Hasil Belajar Matematika.  


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aisyah, Nimas. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta : Dirjen Dikti Depdiknas

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas

Dimyati dan Mujioyo. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Hadi, Sutarto. 2005. Pendidikan Matematika Realistik. Banjarmasin : Tulip

Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara

Heruman. 2008. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Hobri. 2009. Model model Pembelajaran Inovatif. Jember : Center For Society Studies

National Council Of Teachers Of Mathematics. 2000. Principles and Standards For School Mathematics. United States Of America. The National Council Of Teachers Of Mathematics. Inc

Rahayu, Tika. 2010. Pendekatan RME Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas II SDN Panaruban I Purbalinnga. Yokyakarta : UNY

Sukanadinata, Nana Syaodi. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

………., 2014. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Suwangsih, E dan Tiurlina. 2006. Model Pembelajaran MAtematika. Bandung : UPI Press

Tarigan, Daitin. 2006. Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta : Depdiknas

Tandiling, Edy. 2012. Inplementasi Realistic Mathematics Education (RME) di Sekolah.Http://jurnal.untan.ac.id/indexphp/jgmm/article/download/208/2021. Diakses pada 10/11/2019




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i1.1153

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter