Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD GMIM 23 Girian Kota Bitung
Sari
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education terhadap hasil belajar Matematika siswa Kelas IV SD GMIM 23 Girian Kota Bitung. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD GMIM 23 Girian. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 46 siswa, yang terdiri dari 23 siswa kelas eksperimen dan 23 siswa dari kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument penelitian yang berbentuk soal objektif sebanyak 20 soal. Rata-rata data Posttest pada kelas eksperimen adalah 85,52 sedangkan pada kelas kontrol 73,91. Setelah uji persyaratan terpenuhi dimana data berdistribusi normal dan homogen, pengujian hipotesis dilakukan dengan uji T (paired sample T-Test). Hasil analisis data dimana nilai Sig.(2-tailed) 0.00 < 0,05 maka data tersebut memiliki perbedaan rata-rata. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD GMIM 23 Girian.
Kata Kunci: Model Realistic Mathematics Education, Hasil Belajar Matematika.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aisyah, Nimas. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta : Dirjen Dikti Depdiknas
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas
Dimyati dan Mujioyo. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Hadi, Sutarto. 2005. Pendidikan Matematika Realistik. Banjarmasin : Tulip
Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara
Heruman. 2008. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Hobri. 2009. Model model Pembelajaran Inovatif. Jember : Center For Society Studies
National Council Of Teachers Of Mathematics. 2000. Principles and Standards For School Mathematics. United States Of America. The National Council Of Teachers Of Mathematics. Inc
Rahayu, Tika. 2010. Pendekatan RME Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas II SDN Panaruban I Purbalinnga. Yokyakarta : UNY
Sukanadinata, Nana Syaodi. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya
Sugiono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
………., 2014. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Suwangsih, E dan Tiurlina. 2006. Model Pembelajaran MAtematika. Bandung : UPI Press
Tarigan, Daitin. 2006. Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta : Depdiknas
Tandiling, Edy. 2012. Inplementasi Realistic Mathematics Education (RME) di Sekolah.Http://jurnal.untan.ac.id/indexphp/jgmm/article/download/208/2021. Diakses pada 10/11/2019
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i1.1153
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional