Peran Perpajakan terhadap Pertumbuhan dan Keberlangsungan Bisnis Hotel dan Restoran di Parepare

Irmayanti Sudirman, Nirwana Nirwana, Syamsuddin Syamsuddin

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan pajak, kualitas pelayanan, pemeriksaan pajak, sanksi pajak dan kepatuhan wajib pajak membayar pajak hotel dan restoran Kota Parepare. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Parepare, Terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak. Terdapat pengaruh pemeriksaan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak, Sanksi pajak memoderasi (memperkuat) pengaruh antara pengetahuan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak ,Sanksi pajak memoderasi (memperkuat) pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak, Sanksi pajak memoderasi (memperkuat) pengaruh antara pemeriksaan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak.

 

Kata Kunci: Perpajakan, pertumbuhan, restoran pare-pare   


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Claudya, Priska Homenta dan Dhullo Afand. 2015. Analisis Sistem Pengendalian Intern Penerimaan Pajak Daerah di Kabupaten Halmahera Utara, Jurnal EMBA, Vol.3 No.3 Sept.

Fiskus, Pelayanan, Sanksi Administrasi Pada, Ni Kadek, and Okta Yasi. 2017. “Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Perpajakan, Pelayanan Fiskus, Sanksi Administrasi Pada Kepatuhan Wajib Pajak Restoran.” E-Jurnal Akuntansi 19(1):392–420.

Wahyudi, Muh., Jamaluddin, and Suhartono. 2020. “Sanksi Pajak Sebagai Pemoderasi Faktor-Faktor.” 1(32):112–29.

Febri, Angky. 2011. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung. E-Jurnal. Unicom

Nashar. 2020. Kualitas Pelayanan akan Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat. Pamekasan: Duta Media Publishing.

Hidayat, Nur. 2013. Pemeriksaan Pajak, Menghindari dan Menghadapi. Jakarta: Elex Media Komputiondo.

Utama, Suyana. 2007. Aplikasi Analisis Kuantitatif. Denpasar: Sastra Utama Widayati. 2010.Faktor –Faktor yang Mempengaruhi Kemauan Untuk Membayar Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Pekerjaan Bebas (Studi

Prabawa, Mertha,Adi,Made. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Sikap Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi Di KPP Pratama Bandung Utara. Media Bina Ilmiah. Volume 6, No.2, 51- 55.

Priantara, Diaz. 2011. Kupas Tuntas Pengawasan, Pemeriksaan Dan Penyidikan Pajak, Sigit Kesit (ed), pp66. Jakarta: PT. Indeks.

Purwanto Waluyo. 2004. Analisis Strategi Pelayanan dan Kinerja Bank-Bank BPR di Jawa Tengah. Jurnal Fokus Ekonomi, h:1-9

Putra, Doni Tri Lesmana. 2013. Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Untuk Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Pada KPP Pratama Malang Selatan. Jurnal. Malang: Universitas Brawijaya

Salip dan Tendy Wato.2006. Pengaruh Pemeriksaan Pajak Terhadap Penerimaan Pajak. Jurnal Keuangan Publik, Vol 4,2:61-81.

Basit, Abdul. 2014. Pengaruh Persepsi Kontrol Perilaku, Pengetahuan Pajak dan Persepsi Keadilan Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak, Jurnal TEKU. Volume V, No. 01, Maret 2014: 23- 48.

Wahyuningsih, Tri. 2019. Analisis Dampak Pemahaman Peraturan Perpajakan, Kualitas Pelayanan Fiskus, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dengan Preferensi Risiko Sebagai Variabel Moderasi, Jurnal Sains, Akuntansi dan Manajemen (JSAM). Vol. 1, No. 3.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i2.1156

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter