Strategi Komukasi Pemasaran Pada Starbucks Card di Starbucks Resinda Park Mall
Sari
Abstrak
“Strategi Komukasi Pemasaran Pada Starbucks Card di Starbucks Resinda Park Mall”. Program studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Singaperbangsa Karawang.Penelitian ini membahas tentang strategi komunikasi pemasaran Starbucks Card yang ada di sebuah kedai kopi yaitu Starbucks Coffee. Dalam artikel ini membahas bagaimana Starbucks Resinda Park Mall memasarkan Starbucks Card. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang digunakan Starbucks Resinda Park Mall dalam memasarkan Starbucks Card. Tempat penelitian yang digunakan peneliti yaitu Starbucks Resinda Park Mall. Penelitian ini mengambil subjek penelitian yaitu pimpinan toko, pegawai, dan pelanggan yang ada di Starbucks Resinda Park Mall. Pengumpulan data pada penelitian menggunakan wawancara mendalam dan observasi non partisipan, studi kepustakaan.Pada strategi komunikasinya Starbucks Resinda Park Mall telah melakukan yang terbaik dan memasarkan Starbucks Cardnya. Penelitian ini menggunakan Teori Intergrated Marketing Communication (IMC) yang didalamnya terdapat komponen-komponen yakni personal selling, periklanan, dan point of purchase communication. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriftif kualitatif yang bertujuan untuk lebih menjelaskan atau mendeskripsikan bagaiman Starbucks Resinda Park Mall memasarkan Starbucks Card terhadap pelanggan. Hasil penelitian ini yakni Personal selling, Periklanan, dan Point of purchase communication.
Kata Kunci: Personal selling, Periklanan, dan Point of purchase communication
Abstract
"Marketing Communication Strategy on Starbucks Card at Starbucks Resinda Park Mall". Communication Studies study program, Faculty of Social and Political Sciences, Singaperbangsa University Karawang. This study discusses the Starbucks Card marketing communication strategy in a coffee shop, namely Starbucks Coffee. In this article, we discuss how Starbucks Resinda Park Mall markets the Starbucks Card. This study aims to determine the communication strategy used by Starbucks Resinda Park Mall in marketing the Starbucks Card. The research place used by researchers is Starbucks Resinda Park Mall. This study took the subject of research, namely store leaders, employees, and customers at Starbucks Resinda Park Mall. Collecting data in this study using in-depth interviews and non-participant observation, literature study. In its communication strategy, Starbucks Resinda Park Mall has done its best and marketed its Starbucks Card. This study uses the theory of Integrated Marketing Communication (IMC) in which there are components, namely personal selling, advertising, and point of purchase communication. The research method used is a qualitative research method with a qualitative descriptive approach which aims to better explain or describe how Starbucks Resinda Park Mall markets Starbucks Card to customers. The results of this study are Personal selling, Advertising, and Point of purchase communication.Keywords: Personal selling, Advertising, and Point of purchase communication
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amirullah, (2015), Manajemen Strategi Teori Konsep Kinerja, (Jakarta: Mitra Wacana Media)
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2013. Manajemen Pemasaran. Jilid 2 edisi 13, Jakarta: Erlangga
Abidin, Yusuf Zainal, (2009), Manajemen Komunikasi; Filosofi, Konsep dan Aplikasi, Bandung: Pustaka Setia
Firmansyah, Anang, (2020), Komunikasi Pemasaran, Pasuruan: Qiara Media
Ginting Desmon, (2017), Komunikasi Cerdas Panduan Komunikasi Di Dunia Kerja, Jakarta: Elek Media Komputindo
Liliweri, Alo, (2011), Komunikasi Serba Ada Serba Makna, Jakarta: Kencana
Liliweri, Alo, (2015), Komunikasi Antarpersonal, Jakarta: Prenadamedia Group
Morissan, (2013) Teori Komunikasi Individu Hingga Massa, Jakarta; Kencana
Mamik, (2015), Metode Kualitatif, Jakarta: Zifatama Publishing
Moleong Lexy J, (2007), Metodelogi Penelitian Kuliatatif, (Bandung: Remaja Putra)
Nurhadi, Zikri Fachur, (2017), Teori Komunikasi Kontemporer, Jakarta, kencana
Panuji, Redi, (2019), Pemasaran Sebagai Gejala Komunikasi, Komunikasi Sebagai Strategi Pemasaran, Jakarta; Kencana
Parabowo, Bagus Ade Tegar, (2020), Hubungan Stategi Komunikasi Penyuluh Pertanian Dengan Perilaku Petani Jahe Subak Sarwa Ada Desa Taro Kecamatan Tegallang Kabupaten Gianyar, Bali: Nilacakra
Rustan, Ahmad Sutra, (2017) Pengantar Ilmu Komunikasi, Yogyakarta: Deepublish
Rivers, William, (2003), Media Massa dan Masyarakat Modern, Jakarta: Prenada Media Group
Siyoto, Sandu, (2015), Dasar Metode Penelitian, Yogyakarta: Literasi Media Publishing
Wuryono, Muhammad Sugacious (2017), Strategi Komunikasi Pemasaran Starbucks Coffee dalam Menarik Konsumen pada Kalangan Remaja di Kota Bogor
Herlina, Eva Intan (2017), Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Kampoeng Merdeka Dlam Meningkatkan Konsumen Di Kota Makassar
Bulkis, Annedia Yanieswara (2018), Strategi Komunikasi Dalam Meningkatkan Jumlah Pengguna Jasa Pada PT. Hikmah Perdana Tour Di Makassar
Cahyani, Siva Eka Putri (2018), Komunikasi Pemasaran Terpadu Starbucks Bali Pada Program “Starbucks Greener Nusantara” Sebagai Perusahaan Yang Ramah Lingkungan, Jurnal; Universuitas Udayana
Kagean, Sharen (2020), Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Shopee dalam Persaingan E-Commerce di Indonesia, Jurnal: Universitas Tarumanegara
Srastuti, Dian, (2017), Strategi Komunikasi Pemasaran Online Produk Busana Muslim Queenova, Jurnal: Visi Komunikasi
Wahyuni, Indah Sri, Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods (Studi Kasus Pada PT Expand Berlian Mulia doi Semarang, Jurnal: Universitas Trunojoyo)
Putri, Agnes Sekartaji (2017), Mediasi Intention To Buy Pada Pengaruh Internet Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Buying Decision
Khasanah, Iqromahtul (2019), Pengaruh Intergrated Marketing Communication Terhadap Brand Equity
Yani, Mita Andri (2020), Analisis Intergrated Marketing Communication (IMC) Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Adam Bengkulu
Zein, Reza Fazar (2017), Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Kedai Kopi Join Kopi Bulungan Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i2.1161
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional