Strategi Komukasi Pemasaran Pada Starbucks Card di Starbucks Resinda Park Mall

Ananda Putri, Mayasari Mayasari, Zainal Abidin

Sari


Abstrak

“Strategi Komukasi Pemasaran Pada Starbucks Card  di Starbucks Resinda Park Mall”. Program studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Singaperbangsa Karawang.Penelitian ini membahas tentang strategi komunikasi pemasaran Starbucks Card  yang ada di sebuah  kedai kopi yaitu Starbucks Coffee. Dalam artikel ini membahas  bagaimana Starbucks  Resinda Park Mall memasarkan Starbucks Card. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui strategi komunikasi yang digunakan Starbucks Resinda Park Mall dalam  memasarkan Starbucks Card. Tempat penelitian yang digunakan peneliti yaitu Starbucks Resinda Park Mall. Penelitian ini mengambil subjek penelitian yaitu pimpinan toko, pegawai, dan pelanggan yang ada di Starbucks Resinda Park Mall. Pengumpulan data pada penelitian menggunakan wawancara mendalam dan observasi non partisipan, studi kepustakaan.Pada strategi komunikasinya Starbucks Resinda Park Mall telah melakukan yang terbaik dan memasarkan Starbucks Cardnya. Penelitian ini menggunakan Teori Intergrated Marketing Communication (IMC) yang didalamnya terdapat komponen-komponen yakni personal selling, periklanan, dan point of purchase communication. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif  dengan pendekatan deskriftif kualitatif yang bertujuan untuk lebih menjelaskan  atau mendeskripsikan bagaiman Starbucks Resinda Park Mall memasarkan Starbucks Card terhadap pelanggan. Hasil penelitian ini yakni Personal selling, Periklanan, dan  Point of purchase communication.

Kata Kunci: Personal selling, Periklanan, dan  Point of purchase communication

 

Abstract

               "Marketing Communication Strategy on Starbucks Card at Starbucks Resinda Park Mall". Communication Studies study program, Faculty of Social and Political Sciences, Singaperbangsa University Karawang. This study discusses the Starbucks Card marketing communication strategy in a coffee shop, namely Starbucks Coffee. In this article, we discuss how Starbucks Resinda Park Mall markets the Starbucks Card. This study aims to determine the communication strategy used by Starbucks Resinda Park Mall in marketing the Starbucks Card. The research place used by researchers is Starbucks Resinda Park Mall. This study took the subject of research, namely store leaders, employees, and customers at Starbucks Resinda Park Mall. Collecting data in this study using in-depth interviews and non-participant observation, literature study. In its communication strategy, Starbucks Resinda Park Mall has done its best and marketed its Starbucks Card. This study uses the theory of Integrated Marketing Communication (IMC) in which there are components, namely personal selling, advertising, and point of purchase communication. The research method used is a qualitative research method with a qualitative descriptive approach which aims to better explain or describe how Starbucks Resinda Park Mall markets Starbucks Card to customers. The results of this study are Personal selling, Advertising, and Point of purchase communication.

Keywords: Personal selling, Advertising, and Point of purchase communication


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amirullah, (2015), Manajemen Strategi Teori Konsep Kinerja, (Jakarta: Mitra Wacana Media)

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2013. Manajemen Pemasaran. Jilid 2 edisi 13, Jakarta: Erlangga

Abidin, Yusuf Zainal, (2009), Manajemen Komunikasi; Filosofi, Konsep dan Aplikasi, Bandung: Pustaka Setia

Firmansyah, Anang, (2020), Komunikasi Pemasaran, Pasuruan: Qiara Media

Ginting Desmon, (2017), Komunikasi Cerdas Panduan Komunikasi Di Dunia Kerja, Jakarta: Elek Media Komputindo

Liliweri, Alo, (2011), Komunikasi Serba Ada Serba Makna, Jakarta: Kencana

Liliweri, Alo, (2015), Komunikasi Antarpersonal, Jakarta: Prenadamedia Group

Morissan, (2013) Teori Komunikasi Individu Hingga Massa, Jakarta; Kencana

Mamik, (2015), Metode Kualitatif, Jakarta: Zifatama Publishing

Moleong Lexy J, (2007), Metodelogi Penelitian Kuliatatif, (Bandung: Remaja Putra)

Nurhadi, Zikri Fachur, (2017), Teori Komunikasi Kontemporer, Jakarta, kencana

Panuji, Redi, (2019), Pemasaran Sebagai Gejala Komunikasi, Komunikasi Sebagai Strategi Pemasaran, Jakarta; Kencana

Parabowo, Bagus Ade Tegar, (2020), Hubungan Stategi Komunikasi Penyuluh Pertanian Dengan Perilaku Petani Jahe Subak Sarwa Ada Desa Taro Kecamatan Tegallang Kabupaten Gianyar, Bali: Nilacakra

Rustan, Ahmad Sutra, (2017) Pengantar Ilmu Komunikasi, Yogyakarta: Deepublish

Rivers, William, (2003), Media Massa dan Masyarakat Modern, Jakarta: Prenada Media Group

Siyoto, Sandu, (2015), Dasar Metode Penelitian, Yogyakarta: Literasi Media Publishing

Wuryono, Muhammad Sugacious (2017), Strategi Komunikasi Pemasaran Starbucks Coffee dalam Menarik Konsumen pada Kalangan Remaja di Kota Bogor

Herlina, Eva Intan (2017), Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Kampoeng Merdeka Dlam Meningkatkan Konsumen Di Kota Makassar

Bulkis, Annedia Yanieswara (2018), Strategi Komunikasi Dalam Meningkatkan Jumlah Pengguna Jasa Pada PT. Hikmah Perdana Tour Di Makassar

Cahyani, Siva Eka Putri (2018), Komunikasi Pemasaran Terpadu Starbucks Bali Pada Program “Starbucks Greener Nusantara” Sebagai Perusahaan Yang Ramah Lingkungan, Jurnal; Universuitas Udayana

Kagean, Sharen (2020), Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Shopee dalam Persaingan E-Commerce di Indonesia, Jurnal: Universitas Tarumanegara

Srastuti, Dian, (2017), Strategi Komunikasi Pemasaran Online Produk Busana Muslim Queenova, Jurnal: Visi Komunikasi

Wahyuni, Indah Sri, Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods (Studi Kasus Pada PT Expand Berlian Mulia doi Semarang, Jurnal: Universitas Trunojoyo)

Putri, Agnes Sekartaji (2017), Mediasi Intention To Buy Pada Pengaruh Internet Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Buying Decision

Khasanah, Iqromahtul (2019), Pengaruh Intergrated Marketing Communication Terhadap Brand Equity

Yani, Mita Andri (2020), Analisis Intergrated Marketing Communication (IMC) Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Adam Bengkulu

Zein, Reza Fazar (2017), Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Kedai Kopi Join Kopi Bulungan Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i2.1161

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter