Penentuan Strategi Pemasaran Produk Mr. Basreng Ditinjau Dari Analisa Swot: Kekuatan, Kelemahan, Peluang, Ancaman

Adiva Abani Putri, Leonard Adrie Manafe, Eko Putro Sugiono, Marcel Kristiyanto

Sari


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penerapan analisa SWOT dalam menentukan strategi pemasaran produk Mr. Basreng. Mr. Basreng bergerak dalam bisnis kuliner menjual keripik bakso goreng dengan lokasi usaha Kabupaten Gresik Jawa Timur. Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif yang mampu mendeskripsikan terkait fenomena yang terjadi dilingkungan sekitar dengan memilih 30 informan yang dijadikan sample penelitian yang kebanyakan didominasi oleh kaum perempuan. Teknik pengumpulan data dengan melakukan penyebaran kuesioner dan disempatkan untuk melakukan wawancara langsung dengan informan. Hasil penelitian menunjukan kekuatan usaha Mr. Basreng terletak pada kualitas produk, varian rasa, harga yang mudah terjangkau. Sisi kelemahan dari usaha Mr. Basreng terletak brand belum terkenal, cabang usaha belum dimiliki, lahan parkir yang sempit. Peluang usaha Mr. Basreng yaitu penjualan produk ditargetkan pada disemua kalangan usia, lingkungan penduduk yang padat. Sebagai ancaman usaha Mr. Basreng adanya kenaikan harga bahan baku, produk yang mudah ditiru oleh pesaing, adanya isu negatif terkandung dalam produk.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Elyarni, R., & Hermanto, H. (2016). Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Layanan SAP Express pada PT. SAP. Jurnal Metris, 17(2), 81-88.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid 1 dan 2. Jakarta. Penerbit Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran (Edisi Kedua Belas), Cetakan Ketiga. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2010). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1 dan 2 Edisi Kedua Belas. Jakarta: Erlangga.

Malonda, P. M., Moniharapon, S., & Loindong, S. S. (2019). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada Rumah Makan Bakso Baper Jogja. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(3).

Pertiwi, N. A. (2019). Strategi Pemasaran Hydro Coco Dengan Analisis Swot Pada Pt. Enseval Putera Megatrading Tbk Cabang Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 5(2).

Pratama, I., Ilmaknun, L., Zuhriyah, S. W., & Manafe, L. A. (2021). PENERAPAN SWOT DALAM PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM SUNMORY MILK SIDOARJO. KALIANDA HALOK GAGAS, 4(1), 9-21.

Rangkuti, F. (2015). Personal SWOT analysis. Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, F. (2019). Teknik Membedah Kasus Bisnis.

Sumarni, M., & Soeprihanto, J. (2010). Pengantar Bisnis (dasar-dasar ekonomi perusahaan). Edisi ke, 5.

Tjiptono, F. (2009). Strategi Pemasaran, edisi kedua, cetakan ketujuh. Penerbit: Andi Offset, Yogyakarta.

Undang–Undang, R. I. No. 20 Tahun 2008 tentang UMKM Bab IV Pasal 16. Jakarta. Tidak dihapus karena peraturan pajak untuk UMKM sampai saat ini juga masih ada. Jadi lebih tepatnya disempurnakan lagi menjadi PP, (23).




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i3.1166

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter