Pengaruh Motivasi Konsumen D’king Café Terhadap Keputusan Pembelian pada Masa Pandemi Coronavirus Desease 19 Kabupaten Sidenreng Rappang

A. Kartini Sari Putri, Fakhruddin Kurnia, Trian Fisman Adisaputra

Sari


Abstrak

Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh motivasi hedonis dan utilitarian pelanggan D’King Café terhadap keputusan pembelian pada masa pandemi coronavirus 19 di Kabupaten Sidenreng Rappang baik itu secara parsial maupun secara simultan sehingga mampu menyelesaikan permasalahan yang terkait dengan Rencana Induk Riset Nasional (RIRN) pada tema Ilmu Manajemen Pemasaran. Penelitian ini dilakukan sebanyak empat tahap, tahap pertama melakukan pengamatan terhadap data sekunder seperti company profil. Tahap kedua, melakukan penyebaran kuesioner dengan porsi masing-masing variabel (Motivasi Hedonis, Motivasi Utilitarian, Keputusan Pembelian) kepada pelanggan-pelanggan D'King Café pada masa pandemi coronavirus 19 termasuk didalamnya pemetaan kriteria pelanggan sebagai sampel. Tahap Ketiga, menganalisis data primer dan sekunder. Tahap Keempat, menginterpretasikan data hasil penelitian kuantitatif dalam bentuk kualitatif. Hasil dan luaran yang ditemukan dalam penelitian ini adalah model perilaku konsumen dalam membuat keputusan pembelian jika ditinjau dari motivasi hedonis lebih banyak memberikan pengaruh sementara motivasi utilitarian hampir tidak memberikan pengaruh pada masa pandemi coronavirus 19. Model ini sangat penting bagi pemilik usaha sebagai bahan pertimbangan riset konsumen, yakni dengan melihat perilaku pembeli sebelum mengambil keputusan mengunjungi D'King Cafe dalam kondisi tertentu.

 

Kata Kunci: motivasi hedonis; motivasi utilitarian; keputusan pembelian; D’King Café; Coronavirus.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Assauri, S., (2015). Manajemen Pemasaran, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.

Donni Junni Priansa. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta

Fandy, Tjiptono dan Greforius, Chandra. (2016). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian), Yogyakarta: Andi.

Kotler, Philip & Amstrong, Gary. (2014). Prinsip – Prinsip Manajemen. Edisi 14, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Nugroho J. Setiadi. (2013). Perilaku Konsumen (edisi revisi). Jakarta : Kencana Perdana Media Grup

Sangadji, E.M., dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai:Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta

Sumarwan, Ujang. (2014). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Ghalia Indonesia. Bogor.

Utami, Christina Whidya, (2017). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

https://www.kompas.com/tren/read/2020/10/12/090800165/update-corona-dunia-12-oktober-377-juta-kasus-presiden-polinesia-perancis?page=all diakses 12 Oktober 2020.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i2.1168

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter