Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Sabun Mandi Antiseptik Lifebuoy di Kabupaten Karawang Tahun 2021
Sari
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif, yaitu : mengumpulkan, menyajikan, menganalisis dan melakukan penguji hipotesis serta membuat kesimpulan dan saran. Sampel penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan rumus slovin dan taraf kesalahan 5% serta teknik probability sampling dengan menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling yang kemudian menghasilkan 400 sampel dari populasi 2.361.019 orang. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisi rentang skala dan analisis jalur dengan bantuan Method Succesive Internal (MSI), program komputer Microsoft Excel 2010 dan aplikasi SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara deskriptif variabel Kualitas Produk, Harga dan Keputusan Pembelian yang berada pada kategori baik, artinya variabel Kualitas Produk yang dibuat oleh sabun mandi antiseptik Lifebuoy sudah dinilai baik yang membuat konsumen di Kabupaten Karawang merasa percaya sehingga membuat keputusan pembelian pada produk sabun antiseptik Lifebuoy. Nilai korelasi yang didapatkan antara Kualitas produk dengan Harga menunjukkan hubungan yang kuat. Didapatkan 20,86% dan 13,61% pada pengaruh parsial Kualitas Produk dengan Harga. 34,47% didapatkan pada pengaruh simultan antara Kualitas Produk dan Harga. Sedangkan, sisanya 65,53% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Astuti, R., & Abdullah, I. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Pakaian di Usaha Mikro Kecil Menengah. Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen, 1(1).
Awaluddin, A., & Hendra, H. (2018). Fungsi manajemen dalam pengadaan infrastruktur pertanian masyarakat di desa watatu kecamatan banawa selatan kabupaten donggala. Publication, 2(1), 1-12.
Bagaskara, A. M., & KHASANAH, I. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Tehadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario Di Semarang (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).
Joshua, D., & Padmalia, M. (2017). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen.
Kodu, S. (2013). Harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian mobil Toyota avanza. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).
Laoli, Y., & Hasan, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Di Kota Bangkinang. Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 2(1), 50-59.
Lesmana, R., & Ayu, S. D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah PT Paragon Tehnology And Innovation. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(3), 59-72.
Mahardika, R. (2020). Strategi Pemasaran Wisata Halal. Mutawasith: Jurnal Hukum Islam, 3(1), 65-86.
Mahira, C. A., Togatorop, L., Ginting, S., Simbolon, J. A., Sianipar, J., & Marpaung, F. K. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi terhadap Kepuasan Konsumen Minyak Angin V-Fresh Aromatheraphy pada PT. Eagle Indo Pharma. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 8-13.
Mani, J. (2018). Pengaruh Peran Nilai Pelanggan Dan Citra Merek Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 2(2), 263-280.
Oetama, S. (2011). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Motor Honda Di Sampit. Socioscientia: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 3, 145-154.
Pariartha, I. G. M. A., Parmiti, D. P., & Sudatha, I. G. W. (2013). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran IPA untuk siswa kelas VIII Semester 1 di SMP Negeri 3 Singaraja tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Edutech Undiksha, 1(2).
Parousia, P., & Loisa, R. (2020). Pengaruh Motif Mengakses Akun Video dalam Aplikasi Chatting terhadap Kepuasan Khalayak (Survei terhadap Generasi Milenial yang Menggunakan LINE TODAY). Prologia, 4(2), 419-425.
KEPUTUSANPEMBELIAN PERUMAHAN PT. BERLIAN BERSAUDARA PROPERTINDO (Studi Kasus Perumahan Taman Arizona 1 Taman Arizona 2 dan Taman Arizona 3 di Talang Jambi Palembang). Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 8(1), 43-49.
Widodo, S. (2019). STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN SIKLUS HIDUP PRODUK (PRODUCT LIFE CYCLE). JEpa, 4(1), 84-90.
Windarti, T., & Ibrahim, M. (2017). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen produk donat madu (Studi pada konsumen CV. Donat madu Cihanjuang–Pekanbaru) (Doctoral dissertation, Riau University).
Zulkarnain, R., Taufik, H. E. R., & Ramdansyah, A. D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pt Bank Syariah Mu’amalah Cilegon). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 87-110.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i1.1193
Refbacks

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional