Pengaruh Produk, Pelayanan, Promosi, Lokasi dan Bagi Hasil terhadap Keputusan Masyarakat Memilih Bank Syariah

Dharmawaty Djaharuddin, Arnita Irawati

Sari


Berdasarkan hasil pengujian hipotesis secara parsial bahwa produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan masyarakat memilih bank syariah yang artinya ketika produk yang ditawarkan memiliki daya tarik maka akan meningkatkan keputusan masyarakat dalam memilih bank syariah, pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan masyarakat memilih bank syariah yang artinya ketika pelayanan yang diberikan oleh pegawai kepada nasabah meningkat maka akan meningkatkan keputusan masyarakat dalam memilih bank syariah, promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan masyarakat memilih bank syariah yang artinya ketika kecendrungan peningkatan promosi dilakukan oleh perusahaan maka akan meningkatkan keputusan masyarakat dalam memilih bank syariah, lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan masyarakat memilih bank syariah yang artinya penetuan lokasi yang strategis dapat meningkatkan minat dan keputusan masyarakat dalam memilih bank syariah, bagi hasil berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan masyarakat memilih bank syariah yang artinya bahwa transparansi akan pembagian hasil akan meningkatkan keputusan masyarakat dalam memilih bank syariah sebagai solusi perbankan. Akan tetapi penelitian ini masih terdapat keterbatasan penelitian dengan asumsi faktor-faktor lain yang mempengaruhi besar kecilnya variabel keputusan masyarakat memilih bank syariah yang dianggap konstan, ada beberapa variabel lain yang tidak diamati oleh peneliti yang memiliki pengaruh terhadap keputusan masyarakat memilih bank syariah.

 

Kata kunci: Produk,Pelayanan, Promosi, Lokasi, Bagi Hasil dan Keputusan Masyarakat


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abhimantara, A,.Maulina. A. R., dan Agustianingsih.E., (2013). Analisis Faktor– Faktor yang Mempengharuhi nasabah (Mahasiswa) dalam Memilih Menabung pada Bank Syariah. Jurnal Proceding PESAT (Psikologi, Ekonomi,Sasdtra,Arsitektur&TeknikSipil) Vol. 5 170-177.

Chatab, Nevizond, (2007) Diagnostic Management, Metode Teruji Meningkatkan Keunggulan Organisasi, Serambi Ilmu Semesta, Jakarta.

Chotimah, Chusnul. (2014). Pengaruh Produk, Pelayanan, Promosi Dan Lokasi Terhadap Masyarakat Memilih Bank Syariah Di Surakarta. Jurnal AGORA Vol. 3. No. 2

Sangadji dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen.. Yogyakarta Andi.

Ernawati, Tatik. (2015). Pengaruh Produk, Pelayanan, Promosi, Lokasi Dan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Masyarakat Memilih Bank Syariah (Survey pada BTN Syariah Cabang Surakarta). Jurnal Administrasi Bisnis Voil. 13. No. 1

Endarwita. (2013). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Tabungan Bank BRI Cabang Simpang Empat. Jurnal Aresiasi Ekonomi. Vol. 1. No 1, PP 167-180.

Fajar, Muhammad Fahrudin, (2015). Pengaruh Promosi Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Menabung pada Bank Mandiri di Surabaya Jurnal Elektronik volume. 1 No.1.

Fahmi, Ilham. (2011). Manajemen Pengambilan Keputusan Teori dan Praktek. Alfabeta

Ghozali, Imam, (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit UNDIP, Semarang.

Ismail. (2011). Perbankan Syariah. Jakarta: Kencana

Kasmir. (2010). Pemasaran Bank. Jakarta: Kencana.

Kasmir. (2014). Bank dan Lembaga Keuangan Lainya. Jakarta PT. Raja Grafindo Persada.

Kuncoro, Mudrajat, (2009). Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Erlangga Edisi 3, Jakarta.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2012) Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1 Jakarta Erlangga

Muhammad. (2005). Manajemen Bank Syariah. Yogyakarta: AMP YKPM.

Putri, vivi, A. (2016). Pengaruh Lokasi, Kualitas Pelayanan, Dan Bagi hasil Syariah Cabang Solo. Jurnal Pro Bisnis Vol. 9 No. 2

Rambat. Lupiyoadi, (2009). Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktek Jakarta: salemba

Sangadji, Etta M Dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.

Sekaran, Uma, (2006). Research Methods For Business. Salemba Empat, Jakarta.

Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta, Bandung.

Sunyoto, Danang, (2011). Dasar-Dasar Statistika Untuk Ekonomi. CAPS, Yogyakarta

Sunyoto, Danang, (2012). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran, CAPS, Yogyakarta.

Tjiptono. F. (2011). Service Quality and Satisfaction. Edisi kedua. Andi. Yogyakarta.

Tjiptono. F.dan Chandra Gregorius. (2012). Pemasaran Strategik. Edisi kedua Andi. Yogyakarta.

Uyun, Khoirul. (2012). Pengaruh Produk Syariah Dan Bauran Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di BNI Syariah Cabang Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis Vol.1, No.1

Wiroso. (2013). Prinsip Dasar Perbankan Syariah. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i2.1218

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter