Pengaruh Social Influence Terhadap Keputusan Mengikuti Program Melalui Kepuasan Pelayanan pada PERMATA-SAKTI 2020

Ayuk Hidayanti, Reminta Lumban Batu

Sari


Abstrak

PERMATA-SAKTI 2020 merupakan salah satu program dari kementerian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi untuk pertukaran mahasiswa tanah air dengan sistem alih kredit dengan sistem teknologi informasi. Tujuan penelitian ini dilakukan yaitu untuk mengetahui pengaruh social influence terhadap keputusan mengikuti program melalui kepuasan pelayanan pada PERMATA-SAKTI 2020. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan studi kepustakaan dan angket kuesioner. Sampel penelitian ini berjumlah 78 responden yang merupakan peserta PERMATA-SAKTI 2020 di Universitas Singaperbangsa Karawang. Pengujian penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan program SmartPLS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa social influence berpengaruh signifikan terhadap keputusan mengikuti program, Kepuasan pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan mengikuti program, dan social influence berpengaruh signifikan terhadap keputusan mengikuti program melalui kepuasan pelayanan.

Kata Kunci: Social Influence; Keputusan Mengikuti Program; Kepuasan Pelayanan.

Abstract

PERMATA-SAKTI 2020 is one of the programs from the ministry of education, culture, research and technology for the exchange of Indonesian students with a credit transfer system with an information technology system. The purpose of this study was to determine the effect of social influence on the decision to join the program through service satisfaction at PERMATA-SAKTI 2020. This study uses a quantitative research type with a descriptive and verification approach. Data collection techniques in this study used a literature study and a questionnaire. The sample of this study amounted to 78 respondents who were participants in PERMATA-SAKTI 2020 at Universitas Singaperbangsa Karawang. The testing of this research was carried out using the Structural Equation Model (SEM) analysis with the help of the SmartPLS 3 program. The results of this study indicate that social influence has a significant effect on the decision to join the program, service has a significant effect on the decision to join the program, and social influence has a significant effect on the decision to join the program through service satisfaction.

Keywords: Social Influence; Decision to Join in the Program; Service Satisfaction.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustini, N. K. D. A. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Membeli Di Online Shop Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2012. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 127. https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i1.19997

Faisal Bahari, A., & Ashoer, M. (2012). Ekowisata, 5(1), 69–78.

Fajar, R., & Irawati, W. (2018). Pengaruh perceived entertainment dan norma subjektif terhadap word of mouth dengan kepuasan konsumen sebagai pemediasi pada konsumen mobile shopping Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 3(4), 90–103.

Hartelina, Batu, R. L., & Hidayanti, A. (2021). What can hedonic motivation do on decisions to use online learning services? International Journal of Data and Network Science, 5(2), 121–126. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2021.2.002

Haryono, S., Brahmana, R. K. M. R., Pemasaran, P. M., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2015). PENGARUH SHOPPING ORIENTATION , SOCIAL INFLUENCE , DAN SYSTEM TERHADAP COSTUMER ATTITUDE MELALUI PERCEIVED EASE of USE ( Studi pada Apple Store ), 3(1), 1–10.

Hasanuddin, M. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Harga Terhadap Kepuasan Nasabah Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Penjualan Logam Mulia Emas. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen UNSRAT, 4(1), 128464.

Ilham Makhmud, A., L. Sukestiyarno, Y., Setiawan, I., & Dkk. (2020). Panduan Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara Sistem Alih Kredit dengan Teknologi Informasi (PERMATA-SAKTI).

Isaac, O., Aldholay, A., Abdullah, Z., & Ramayah, T. (2019). Online learning usage within Yemeni higher education: The role of compatibility and task-technology fit as mediating variables in the IS success model. Computers and Education, 136(November 2017), 113–129. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.02.012

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Principles of Marketing, 15th Edition. Pearson Education Limited.

Kotler, P., & Armstrong. (2016). bauran pemasaran.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2017). Marketing Management-14th Edition.

Lukum, A., & Paramata, Y. (2015). Students ’ Satisfaction toward the Services of the Chemical. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 4(1), 22–29.

Maulida, R., Nadiya, D. Z., Annisa, K., Kusuma, Y., & Fakhru, L. (2021). PERAN BUDAYA INDONESIA MELALUI KEGIATAN, 17(1), 19–29.

Munir, M. (2018). Manajemen Pemasaran Pendidikan Dalam Meningkatkan Kuantitas Peserta Didik. Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 78–94. Retrieved from http://ejournal.staida-krempyang.ac.id/index.php/intizam/article/view/1

Rahman, M., Murniawaty, I., Widiyanto, W., & Setiyani, A. (2021). The Impact of the Facility Condition and Social Influence on Intention to Use E-Learning. https://doi.org/10.4108/eai.22-7-2020.2307918

Simatupang, E., & Yuhertiana, I. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka terhadap Perubahan Paradigma Pembelajaran pada Pendidikan Tinggi: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Ekonomi, 2(2), 30–38. https://doi.org/10.47747/jbme.v2i2.230

Uswatiyah, W., Argaeni, N., Masrurah, M., Suherman, D., & Berlian, U. C. (2021). Implikasi Kebijakan Kampus Merdeka Belajar terhadap Manajemen Kurikulum dan Sistem Penilaian Pendidikan Menengah Serta Pendidikan Tinggi. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(1), 28–40. https://doi.org/10.47467/jdi.v3i1.299

Venkatesh, V., James Y. L, T., & Xu, X. (2012). Consumer Acceptance and Use of Information Technology: Extending the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., & Davis, F. D. (2003). User Acceptance of Information Technology: Toward A Unified View, 27(3), 425–478.

Venkatesh, V., Thong, J. Y. L., & Xu, X. (2016). Unified theory of acceptance and use of technology: A synthesis and the road ahead. Journal of the Association for Information Systems, 17(5), 328–376. https://doi.org/10.17705/1jais.00428

Widyanto, A., Hasbi, I., Telkom, U., Expectancy, E., Expectancy, E., Expectancy, E., … Intention, P. (2021). PENGARUH PERFORMANCE EXPECTANCY , EFFORT EXPECTANCY , SOCIAL INFLUENCE , HEDONIC MOTIVATION DAN PRICE VALUE TERHADAP PURCHASE INTENTION ( STUDI PADA PENGGUNA SHOPEE BANDUNG ) THE INFLUENCE OF E-WOM ON PURCHASE INTENTION AFFECTED BY TRUST AS MEDIATORS ( ST, 8(2), 1474–1483.

Yusuf, M., Arfiansyah, W., & Sunan Ampel Surabaya, U. (2021). Konsep “Merdeka Belajar” dalam Pandangan Filsafat Konstruktivisme. Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(2), 120. Retrieved from http://www.dpr.go.id/doksetjen/dokumen/apbn_Anggaran_Pendidikan_dalam_APBN_2013013013570




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i3.1231

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter