Platform Media Sosial terhadap Niat Berinvestasi Dimoderasi oleh Gaya Hidup.

Ulfa Rabiyah, Syarifuddin Rasyid, Aini Indrijawati

Sari


Abstrak

Penelitian ini bertujuan Untuk menguji secara empiris pengaruh social media terhadap niat berinvestasi, dan apakah gaya hidup memoderasi pengaruh sosial media terhadap niat berinvestasi.Variabel dalam penelitian ini adalah social media, niat berinvestasi, dan gaya hidup. Data primer dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh dari hasil jawaban responden terhadap kuesioner yang dibagikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa social media memiliki pengaruh terhadap keinginan kaum Milleneal dalam berinvestasi dan gaya hidup tidak signifikan menjadi pemoderasi hubungan antara media social dan niat berinvestasi. Penelitian ini tidak hanya berimplikasi pada praktik tetapi juga literatur mengenai pengaruh media sosial, gaya hidup dan niat berinvestasi. Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan informasi yang berharga bagi pemerintah agar dapat melihat serta mengembangkan potensin dari minat generasi milenial terhadap investasi di pasar modal hingga mampu mem-berikan faslitas lebih khusus nya edukasi yang diberikan dalam berinvestasi.

 

Kata Kunci: Sosial Media, Gaya Hidup dan Niat Berinvestasi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abd Rasyid, R., Moniharapon, S., & Trang, I. (2018). Pengaruh Strategi Promosi Melalui Social Media, Kualitas Layanan Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Pada Pt. Sinar Galesong Mandiri Malalayang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4).

Ajzen, I. 1991. The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50: 179-211.

Ajzen, I. (2005). Attitudes, Personality, and Behavior. 2nd Edition. New York: Open University Press.

Aren, S., & Dinç Aydemir, S. (2015). The Moderation of Financial Literacy on the Relationship Between Individual Factors and Risky Investment Intention. International Business Research, 8(6), 17–28. https://doi.org/10.5539/ibr. v8n6p17

Blackshaw, O., and Nazzaro, M. 2006. Consumer-Generated Media (CGM) 101: Word Of Mouth in the Age Of the Web-Fortified Consumer. New York: Nielsen Buzz Metrics White Paper. (1-13)

Creswell, J. W. (2014). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.; V. Knight, Ed.). SAGE Publications, Inc.

Deventer, M. van, Klerk, N. de, & Dye, A. B. (2017). Antecedents of attitudes towards and usage behavior of mobile banking amongst Generation Y students. Banks and Bank Systems, 12(2), 78–90. https://doi.org/10.21511/bbs.12(2).2017.08

Feng Y, Spezia M, Huang S, Yuan C, Zeng Z, Zhang L, et al. Breast Cancer Development And Progression: Risk Factors, Cancer Stem Cells, Signaling Pathways, Genomics, And Molecular Pathogenesis. Genes &Diseases. 2018;5(2):77–106.

Fishbein, M, & Ajzen, I. (1975). Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research, Reading, MA: Addison-Wesley.

Hair, J. F., et al. (2007). Multivariate Data Analysis 6th Edition. New Jersey: Pearson Education Inc.

Hair, J.F., Black, W.C., Babin, B.J., Anderson, R.E., dan Tatham, R. L. (2006). MultivariatData Analysis Sixth Edition. New Jersey : Peasrson Prentice Hall.

Kanserina, Dias.(2015). ” Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Undiska” : Vol : 5 Nomor : 1 Tahun : 2015

Kaplan, H.I., Sadock, B.J. 1998. Ilmu Kedokteran Jiwa Darurat. Penerjemah (W.M. Roan). Jakarta: Widya Medika.

Kirgiz, A. (2014). Hedonism, A Consumer Desease of The Modern Age: Gender and Hedonic Shopping in Turkey. Global Media Jurnal, 4 (8), 200 - 212.

Mangold, WG. and Faulds, DJ. (2009). Social Media: The New Hybrid Element of The Promotion Mix.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyono, R.A. 2016. Akuntansi Keperilakuan. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i2.1244

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter