Pengaruh Inovasi dan kreativitas terhadap Kepuasan Pelanggan Dean Cafe di Kabupaten luwu
Sari
Abstrak
Pada kenyataannya, tidak semua Café memperhatikan kepuasan pelanggan. Hal ini dapat terjadi karena rasa minuman atau kopi kurang bervariasi, layanan yang baik, atau keadaan lingkungan yang membuat konsumen kurang nyaman. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tidak semua café mampu memberikan kepuasan kepada pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Inovasi dan Kreativitas terhadap Kepuasan pelanggan Dean Cafe di Kabupaten Luwu. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuantitatif, Populasi pada penelitian ini adalah Pelanggan Dean Cafe di kabupaten Luwu. Jumlah Sampel yang diambil sebanyak 30 Responden. Cara pengambilan sampel ini menggunakan teknik Sampling. Dari hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa variabel bebas yaitu Inovasi, Kreativitas dan berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pelanggan dalam melakukan pembelian pada Dean Cafe di kabupaten Luwu.
Kata Kunci: Inovasi, Kreativitas, Kepuasan Pelanggan
Abstract
In fact, not all cafes pay attention to customer satisfaction. This can happen because the taste of the drink or coffee is less varied, good service, or environmental conditions that make consumers less comfortable. These results indicate that not all cafes are able to provide satisfaction to customers. This research aims to find out The effect of innovation and creativity on customer satisfaction Dean cafe in luwu. The type of research used in this research is quantitative method, the population in this study were customers of Dean cafe in luwu regency. The number of samples taken as many as 30 respondents. This sampling method uses a sampling technique.
From the results of this study, show that the independent variable is creativity, innovation and positive effect on customer satisfaction in making purchases at the Dean cafe in luwu district.
Keywords: Innovation, creativity, customer satisfaction
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Kotler dan Keler. 2007. Manajemen Pemasaran, edisi kedua belas, Erlangga.Jakarta
Alma, (2005). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran jasa. Bandung: CV Alfabeta.
Fandy tjiptono, (2002). Strategi Pemasaran, yogyakarta
George Stainer dan Jhon Minner, Manajemen Straregi, (Jakarta: Erlangga) Hurriyati, ratih, (2010) bauran pemasaran dan loyalitas konsumen.
Minner, Jhon dan George Stainer. Manajemen Strategik, jakarta: Erlangga.
Dimas Hendika, Wibowo Zainul dan Arifin Sunarti (2015), Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM (Studi pada batik Diajeng Solo)
Diah Ayu Septi Fauji, Gesty Ernestivita. 2007 Analisis Karakteristik Pelaku UMKM ( usaha mikri kecil menengah) di kota kediri.
Darmanto, Franciscus Xaverius Sri Wardaya, Lilis Sulistyani, 2006, Strategi orientasi pemasaran dan kinerja organisasi UMKM.
Eviet Sri Setiyorini, Bambang Pramudya Noorachmt dan Muhammad Syamsun ( 2018) : Strategi pemasaran produk olahan hasil perikanan pada UMKM cindy Group.
Firmansyah, MA (2010). Pengaruh bauran pemasaran terhadap putusan pembelian konsumen sepeda motor honda, yamaha dan Suzuki di surabaya. Merdeka ekonomi surabaya.
Bachtiar Rifai, Efektivitas pemberdayaan Usaha mikro kecil menengah (UMKM) jurnal sosio humaniura vol.3 No.$, September 2012
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i3.1314
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional