Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 7 Manado
Sari
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan model pembelajaran Cooperative Script dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 7 Manado Hasil penelitian pada siklus 2 dan 3 menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh menunjukkan terjadi peningkatan, baik dari ketuntasan belajar individu maupun ketuntasan belajar klasikal namp;ak mulai meningkat walaupun belum mencapai target ketuntasan yang di tentukan, Ketuntasan individu rata-rata mencapai 17, sedangkan ketuntasan klasikal mencapai 82,10%. Pada pelaksanaan siklus 3 hasil yang diperoleh adalah ketuntasan individu rata-rata mencapai 20,50 dengan ketuntasan klasikal mencapai 95,65%. Kecenderungan terjadi peningkatan hasil belajar siswa ini berkaitan dengan suasana dan kondisi belajar siswa yang sudah terkondisi sehingga konsentrasi anak untuk belajar lebih terbangun, serta kosentrasi dan minat belajar harus dilihat dan di pahami terjadi karena perbedaan tingkat perkembangan kemampuan, kebutuhan dan perhatian terhadap masalah pembelajaran ekonomi yang dapat membedakan proses pembelajaran yang terjadi pada setiap peserta didik.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Cooperative Script, Hasil Belajar, SMP Negeri 7 Manado
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anita Lie. 2003. Cooperative Learning. Jakarta. Rineka Cipta.
Ibrahim, M, Rachmadiarti, F., Nur, M., dan Ismono. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya. University Press.
Ismail. 2003. Model-model Pembelajaran. Jakarta. Dit. Pendidikan Lanjutan Pertama.
Johnson & Johnson, http://www.ctl.utm.my/services/courses/tnl01.htm 14.juli.2009
Kasdi, S. dan Nur, M. 2000. Pengajaran Langsung. Surabaya. University Press.
Nur, M. dan Wikandari, P. R. 2000. Pengajaran Berpusat pada Siswa dan Pendekatan Konstruktif dalam Pengajara . Surabaya. UNESA University Press.
Ratumanan, 2002. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya. UNESA University Press.
Riduwan, 2006. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung. Alfabeta.
Sanjaya, 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.
Slavin,R.(1990) CooperativeLearning, http://www.ctl.utm.my/services/courses/tnl01.htm14.juli.2009.
Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Susilo, dkk. 2009. Ekonomi SMP Kelas VII Semester I (Ganjil). Surakarta. Citra Pustaka.
Suyanto dan Nurhadi. 2004. Ekonomi Untuk SMP Kelas VII. Jakarta. Erlangga.
Trianto, 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta. Prestasi Pustaka.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung. Citra Umbara .
Usman, M. U. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung. Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i2.1315
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional