PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN DAN KUALITAS PELAYANAN PADA LOYALITAS PELANGGAN (Survei pada Wins Fitness Karawang)

Andri Sheva, Nellvian Nita, Reminta Lumban Batu

Sari


Tingkat persaingan tempat pusat kebugaran tubuh dewasa ini semakin ketat karena semakin menjamurnya tempat fitness centre di berbagai kota, terutama Tempat gym yang ada di kabupaten Karawang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Komunikasi Pemasaran (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) Gym Wins Fitness Karawang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Penelitian ini  mengumpulkan data primer berupa kuesioner dari  78 responden dan data sekunder berupa Laporan kunjungan dan member Wins Fitness Karawang sejumlah 364 orang. Teknik sampling penelitian ini adalah teknik probability sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini melakukan verifikasi model penelitian dengan Partial Least Square (PLS). Dari hasil pengujian yang dilakukan, uji regresi parsial (Uji T) menunjukkan bahwa Komunikasi Pemasaran dan Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Loyalitas pelanggan. Uji regresi simultan (uji F) menunjukkan bahwa semua variabel independen yang diteliti memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel loyalitas pelangan, Semua variabel independen atau variabel bebas berpengaruh, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Komunikasi pemasaran dan kualitas pelayanan secara bersamaan mempengaruhi loyalitas pelanggan dalam memilih wins fitness karawang

Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahman, Herdiana, & Nana. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. Pustaka Setia.

Adam, M. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Aplikasi. Alfabeta.

Hasan, A. (2014). Marketing dan Kasus-kasus Pilihan, Cetakan Kedua. CAPS ( Center for Academic Publishing Service).

Mitior, & Susena, K. C. (2015). Analisis Hubungan Pelayanan Dengan Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Candera Motor Di Kaur Utara Kabupaten Kaur. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 29–45. https://doi.org/10.37676/ekombis.v2i1.3

Putri, Y. L., & Utomo, H. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening (Studi Persepsi Pada Pelanggan Dian Compp Ambarawa). Among Makarti, 10(19), 70–90.

Sunyoto, D. (2012). Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen (Cetakan Pe). CAPS ( Center for Academic Publishing Service).

Valentine, Hasrul Siregar, E. P. (2018). PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DAN KOMITMEN TERHADAP LOYALITAS NASABAH. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 13(1), 5853.

Yohana, G. P. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Medin Beauty). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 5(3), 1–9.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i1.1394

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter