Pengaruh Content Marketing dan Event Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (survei pada pengikut Instagram @Shopee_id)

Faisal Izzulhaq, Ajat Sudrajat

Sari


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan mengukur sejauh mana content marketing dan event marketing dapat berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee. Dengan pendekatan penelitian kuantitatif, populasi pada penelitian ini adalah followers pada Instagram @Shopee_id dan total responden sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner secara acak kepada responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara content marketing dan event marketing terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee. Berdasarkan uji yang telah dilakukan, diperoleh nilai R square sebesar 0.515. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa content marketing dan event marketing  berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 51,5% sementara 48,5% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Kata Kunci: Content Marketing, Event Marketing, Keputusan Pembelian

 

Abstract

This study aims to prove and measure the extent to which content marketing and event marketing can influence purchasing decisions on the Shopee marketplace. With a quantitative research approach, the population in this study are followers on Instagram @Shopee_id and a total of 100 respondents. The data collection technique used a survey method by distributing questionnaires randomly to the respondents. The results of this study indicate that there is an influence between content marketing and event marketing on purchasing decisions on the Shopee marketplace. Based on the tests that have been carried out, the R square value is 0.515. Thus, it can be concluded that content marketing and event marketing have an effect on purchasing decisions of 51.5% while the other 48.5% is influenced by other variables outside of this study. 

Keywords: Content Marketing, Event Marketing, Purchase Decision


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Belch, G. E., & Belch, M. A. (2018). ADVERTISING AND PROMOTION (eleventh). McGraw-Hill Education.

Kotler, P., & Keller, L. K. (2016). Marketing Management (S. Wall (ed.); fifteenth). Pearson.

Lieb, R. (2011). Content Marketing - Think Like a Publisher - How to and in Social Media (1st ed.). Que Publishing. booksc.org

Limandono J A, D. (2017). PENGARUH CONTENT MARKETING DAN EVENT MARKETING TERHADAP CUSTOMER ENGAGEMENT DENGAN SOSIAL MEDIA MARKETING SEBAGAI VARIABEL MODERASI DI PAKUWON CITY.

Syuhada, A. A., & Gambetta, W. (2013). Marketplace Online Mikro Kecil dan Menengah Indonesia Perusahaan Berbasis Media Sosial. 11, 446–454. https://doi.org/10.1016/j.protcy.2013.12.214

Tolstoy, D., Rovira, E., Mel, S., & Nurgül, Ö. (2020). Jurnal Bisnis Dunia Perkembangan e-commerce internasional di UKM ritel : Perspektif efek. 56(November 2020). https://doi.org/10.1016/j.jwb.2020.101165




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i1.1400

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter