Kualitas Produk dan Word of Mouth sebagai Pendorong Keputusan Pembelian Telur Ayam Ras di Desa Malleleng Kabupaten Bulukumba

Ikrar Putra Setiawan, Muhammad Fachmi

Sari


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan Word of Mouth terhadap keputusan pembelian telur ayam ras, serta menemukan faktor mana yang paling dominan dalam meningkatkan keputusan pembelian telur ayam ras di Desa Malleleng Kabupaten Bulukumba.  Penelitian ini dilaksanakan di Desa Malleleng Kabupaten Bulukumba. Adapun besaran sampel yang digunakan yaitu sebanyak 140 orang responden, dengan teknik purposive sampling. Untuk memperoleh data penelitian, maka dilakukan penyebaran kuesioner yang terdiri dari daftar pertanyaan untuk mengukur sikap responden terhadap kualitas produk, word of mouth, dan keputusan pembelian. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda melalui bantuan software SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk merupakan salah satu faktor penting dalam mempengaruhi keputusan pembelian telur ayam ras. Disamping itu, juga terbukti bahwa adanya peranan word of mouth yang signifikan dalam melihat pengaruhnya pada keputusan pembelian telur ayam ras. Penelitian ini juga menemukan bahwa faktor kualitas produk yang paling dominan atau paling penting yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan keputusan pembelian telur ayam ras di Desa Malleleng Kabupaten Bulukumba.

Kata Kunci: Kualitas Produk, Word of Mouth, Keputusan Pembelian.

Abstract

This study aims to analyze the effect of product quality and Word of Mouth on the purchasing decision of broiler eggs, and to find out which factors are the most dominant in increasing the purchasing decisions of broiler chicken eggs in Malleleng Village, Bulukumba Regency. This research was conducted in Malleleng Village, Bulukumba Regency. The sample size used is as many as 140 respondents, with purposive sampling technique. To obtain research data, a questionnaire was distributed consisting of a list of questions to measure respondents' attitudes towards product quality, word of mouth, and purchasing decisions. The data in this study were analyzed using multiple linear regression analysis techniques with the help of SPSS version 23 software. The results showed that product quality is one of the important factors in influencing the purchase decision of broiler chicken eggs. In addition, it is also proven that there is a significant role of word of mouth in seeing its effect on the decision to purchase broiler eggs. This study also found that the most dominant or most important product quality factor that needs to be considered in improving the purchase decision of broiler eggs in Malleleng Village, Bulukumba Regency.

 

Keywords: Product Quality, Word of Mouth, Purchase Decision.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asada, A., & Ko, Y. J. (2016). Determinants of word-of-mouth influence in sport viewership. Journal of Sport Management, 30(2), 192-206.

Azma, G. (2020). Pintar Baca Peluang, Sumiati Sukses Jadi Peternak Ayam Petelur. https://jernih.co/ (diakses pada tanggal 25 Oktober jam 12.17 WITA).

Budiharso, R., Burhanudin, A. Y., & Damayanti, R. (2020). Peran penting komunikasi word of mouth terhadap keputusan pembelian di rumah makan bakso kadipolo surakarta. Smooting, 18(2), 167-174.

Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17-32.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Undip Press.

Goetsch, D. L., & Davis, S. B. (2002). Manajemen Mutu Total, alih bahasa; Benyamin Molan, Jakarta: PT. Prenhallindo.

Hair, J.F., Black, W.C., Babin, B.J. and Anderson, R.E. (2010) Multivariate Data Analysis. 7th Edition, New York: Pearson.

Irda, I., Rosha, Z., & Titipani, W. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kerajinan Perak Di Nagari Koto Gadang, Kabupaten Agam. Jurnal Menara Ekonomi: Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi, 5(2).

Kotler, P., & Armstrong, G. (2011). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Laroche, M., Babin, B. J., Lee, Y. K., Kim, E. J., & Griffin, M. (2005). Modeling consumer satisfaction and word‐of‐mouth: restaurant patronage in Korea. Journal of Services Marketing.

Lee, N. C., & Anjarwati, A. L. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Teh Botol Sosro Kemasan Pet 450 Ml (Studi Pada Pengunjung Minimarket Di Surabaya Selatan. Surabaya diakses tanggal, 5(4).

Ling, T. S., & Pratomo, A. W. (2020). Pengaruh Brand Image, Persepsi Harga dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen The Highland Park Resort Hotel Bogor. Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 1(1), 31-42.

Pamungkas, B. A. (2016). Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kedai Bontacos, Jombang). Jurnal Komunikasi, 10(2), 145-160.

Prawirosentono, S. (2004). Filosofi Baru Tentang Manajemen Mutu Terpadu. Total Quality Management Abad, 21. Jakarta: Bumi Aksara.

Rachman, R., & Abadi, T. W. (2017). Komunikasi word of mouth dan keputusan pembelian batik Bangkalan. Jurnal Aspikom, 3(2), 285-295.

Rumondor, P. W., Tumbel, A. L., & Ogi, I. W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Kopi Dan Mie Toronata Di Kawangkoan. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(2).

Sari, F. P., & Yuniati, T. (2016). Pengaruh harga citra merek dan word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 5(6).

Setiadi, N.J. 2003. Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta : Kencana.

Suari, M. T. Y., Telagawathi, N. L. W. S., & Yulianthini, N. N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Bisma: Jurnal Manajemen, 5(1), 26-33.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Supriyadi, S., Wiyani, W., & Nugraha, G. I. K. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal bisnis dan manajemen, 4(1).

Sutisna. (2002). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Bandung: Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i1.1418

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter