Pengaruh Keputusan Pembelian Minat Beli Konsumen terhadap Penjualan Minuman Yotta di Kota Makassar

Muhammad Nadhar, Mahyus Mahyus, Andi Annisa Basri

Sari


Abstrak

Penelitian ini untuk menguji dan menganalisis: (1) pengaruh keputusan pembelian konsumen terhadap penjualan. (2) pengaruh minat beli konsumen terhadap penjualan. (3) pengaruh keputusan minat beli konsumen terhadap penjualan minuman yotta di kota makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan ilmu pasti yang melalui observasi, kuesioner dan dokumentasi yang teknik analisis datanya menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keputusan Pembelian mempunyai pengaruh signifikansi terhadap penjualan., dengan t hitung = 3,840 > t tabel 1,674 dan signifikansi 0,000. (2) Minat Beli mempunyai pengaruh signifikan terhadap penjualan , dengan t hitung = 1,619 > t tabel 1,674 dan signifikan 0,000. (3) Keputusan Pembelian dan Minat Beli secara simultan  mempunyai pengaruh signifikan terhadap penjualan, dengan f hitung = 40,586 > f tabel 2,41 dan signifikansi 0,000.

Kata Kunci : Keputusan; Pembelian; Minat Beli Konsumen; Penjualan

Abstract

This study is to examine and analyze: (1) the effect of consumer purchasing decisions on sales. (2) the influence of consumer buying interest on sales. (3) the influence of consumer buying interest decisions on the sale of yotta drinks in the city of Makassar.

The type of research used is quantitative research with data collection techniques using exact science through observation, questionnaires and documentation whose data analysis techniques use multiple linear regression analysis. The results showed that: (1) Purchase decisions have a significant effect on sales, with t count = 3.840 > t table 1.674 and a significance of 0.000. (2) Purchase intention has a significant effect on sales, with t count = 1.619 > t table 1.674 and significant 0.000. (3) Purchase Decision and Purchase Interest simultaneously have a significant effect on sales, with f count = 40,586 > f table 2,41 and a significance of 0,000.

 

Keywords: Decision; Purchase; Consumer Buying Interest; Sales


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


M. Rhendria Dinawan. (2010). "Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen Yamaha Mio PT. Harpindo Jaya Semarang).

Wilson Setiawan. (2014). "Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Toyota Avanza Tipe G Di Surabaya". Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 2 No. 1.

Andri Yunan (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen rokok dalam prespektif ekonomi islam (study masyarakat muslim kecamatan waylima kabupaten pesawaran).

Notra Pitri Nainggolan (2018) Analisis faktor – faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen dalam membeli rumah di kota batam, universitas putera batam,Vol.2 No.2

Prili Sinta Prastiwi (2017) Analisis faktor yang menentukan minat beli konsumen terhadap E-commerce fashion di kota palembang, No. 2 Oktober (2017).

Amirullah. (2013), Metodologi Penelitian Manajemen : Disertai Contoh Judul Penelitian dan Proposal. Bayumedia : Malang

Nugroho J. Setiadi. (2003) Perilaku Konsumen, (Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Dawi Priyatno. (2012). Paham Analisis Statistik Data dengan SPSS, (Yogyakarta : Mediakom.

Fandy Tjiptono. 2012. Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i1.1428

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter