Pengaruh Sale Promotion dan Online Consumer Review terhadap Keputusan Pembelian pada Shopee
Sari
Abstrak
Tujuan penelitian ini yaitu agar mengetahui pengaruh sales promotion dan online consumer review terhadap keputusan pembelian. Peneiltian ini berjenis deskriptif kuantitatif dengan teknik purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak 100 sampel. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Shopee yang pernah berbelanja minimal tiga kali. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, dan uji statistik menggunakan aplikasi IBM SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel sales promotion memberikan pengaruh parsial dengan hasil yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Shopee. Variabel online consumer review memberikan pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Variabel sales promotion dan online consumer review memberikan pengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. Nilai dari koefisien determinasi menunjukkan pengaruh dari variabel sales promotion dan online consumer review sebesar 58,8% terhadap keputusan pembelian pada Shopee.
Kata kunci : sales promotion, online consumer review, keputusan pembelian
Abstract
The purpose of this study is to determine the effect of sales promotion and online consumer review on purchasing decisions. This research is a quantitative descriptive type with purposive sampling technique and the number of samples is 100 samples. The population in this study are Shopee consumers who have shopped at least three times. Data analysis techniques used descriptive analysis, and statistical tests using the IBM SPSS application. The results of the study prove that the sales promotion variable has a partial influence with positive and significant results on purchasing decisions at Shopee. The online consumer review variable has a positive and partially significant effect on purchasing decisions. Sales promotion and online consumer review variables have a simultaneous influence on purchasing decisions. The value of the coefficient of determination shows the influence of sales promotion and online consumer review variables of 58.8% on purchasing decisions at Shopee.
Keywords : sales promotion, online consumer review, purchasing decisions
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anggraini, C., & Melinda, T. (2018). the Effects of Word of Mouth and Sales Promotion. Journal of Entrepreneur and Entrepreneurship, 7(1), 19–26.
Ardianti, A. N., & Widiartanto, M. A. (2019). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee . Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1–11.
Cahyani, W., & Sulistyowati, R. (2021). PENGARUH SALES PROMOTION DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET BIOSKOP MELALUI APLIKASI TIX ID ( Studi pada Pengguna Aplikasi TIX ID di Surabaya ) Wiwik Cahyani Raya Sulistyowati. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1055–1061.
Erlambang, M., Indrawati, & Sitorus, P. M. . (2021). the Effect of Price Value, Sales Promotion and Social Media Communication on Purchase Decisions. Business Sustainability Through Digital Transformation, 98–101.
Jeklin, A. (2016). 済無No Title No Title No Title. July, 1–23.
Kamila, H. N. (n.d.). Effect of Promotion , Ease of Use & Consumer Confidence on Online Purchasing Decisions At Shopee. 1–21.
Kotler, Philip dan Armstrong, G. (2004). Dasar-Dasar Pemasaran Jilid 1. Dialihbahasakan oleh: Alexander Sindoro. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 1(1), 76–84.
Purba, rosintasn sabrina, & Syaifullah. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Carvil Di Kota Batam. Jurnal Akrab Juara, 5, 228–239.
Safri, H., & Martho Hendry, R. S. (2020). Analisis Kinerja Pegawai Pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Labuhanbatu Utara. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(2), 80–87. https://doi.org/10.36987/ecobi.v7i2.1773
Shafa, P. M., & Hariyanto, J. (2020). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, dan Metode Pembayaran Terhadap Keputusan Pembelian dalam Berbelanja Online Melalui Aplikasi Shopee (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Shopee Di Bekasi). Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 1–18. http://repository.stei.ac.id/1540/
Wardhani, N. I. K., Izaak, W., & Yohanes, M. (2021). Analysis of OCR’s Factor and Sales Promotion on E-commerce. Journal of Economics, Business, and Government Challenges, 3(2), 127–132. https://doi.org/10.33005/ebgc.v3i2.127
Yanurianto. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan (Sales Promotion) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt Kharisma Bukit Permata Indah. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(2), 185–193.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i2.1461
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional