Pengaruh Gaya Hidup, Fitur Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung (Studi Pada Konsumen di Kabupaten Pati)

Idayatul Maf’aroh, Mulyo Budi Setiawan

Sari


Abstrak

Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh gaya hidup, fitur, dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian handphone samsung. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen handphone samsung di Kabupaten Pati dan dibutuhkan sebanyak 97 sampel. Sampel akan diambil dengan metode purposive sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner dan akan diolah dengan SPSS 25. Berdasarkan pengujian dihasilkan uji validitas menunjukkan semua indikator valid dan uji reliabilitas menunjukkan semua variabel reliabel. Hasil uji F menunjukkan gaya hidup, fitur, dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian berpengaruh positif dan signifikan dan model dikatakan layak atau fit. Hasil uji koefisien determinasi sebesar 0,561 yaitu gaya hidup, fitur, dan brand ambassador mampu menjelaskan keputusan pembelian sebesar 56,1 %. Dari hasil uji T menunjukkan gaya hidup, fitur, dan brand ambassador berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian handphone samsung di kabupaten pati.

Kata Kunci: Gaya Hidup, Fitur, Brand Ambassador, Keputusan Pembelian

 

Abstract

The purpose of this study is to analyze the influence of lifestyle, features, and brand ambassadors on purchasing decisions for samsung mobile phone. The population in this study is samsung mobile consumers in Pati Regency and ittakes as many as 97 samples. Samples will be taken by purposive sampling method. The data in this study were obtained from questionnaires and will be processed with SPSS 25. Based on the test, the validity test show that all indicators are valid and the reliability test shows all the variables are reliable. The result of the F test simultaneously lifestyle, features, and brand ambassadors on purchasing decisions have a positive and significant effect and the model is said to be feasible or fit. The result of the coefficient of determination test is 0,561, namelyt lifestyle, features, and brand ambassadors are able to explain purchasing decisions by 56,1%. From the result of the T test, it shows that lifestyle, features, and brand ambassador have a positive and significant effect the purchasing decisions for samsung mobile phones in Pati regency.

Keywords: Lifestyle, Features, Brand Ambassador, Purchase Decision


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggraini, Fitri Nur., dan Tri Sudarwanto. 2020. Pengaruh Gaya Hidup dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Produk McDonald’s di Surabaya (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2016-2019 Universitas Negeri Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN). (Online), Volume 8, No. 3 (https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/35986), diakses 11 Oktober 2021.

Firmansyah, M. Anang. 2019. Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Surabaya : Cv. Penerbit Qiara Media.

Ghozali,Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya : Unitomo Press.

Kotler, P., Armstrong, G. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., dan Keller, K.L. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Nurhasanah, Siti. 2017. Praktikum Statistika 2 Untuk Ekonomi dan Bisnis Aplikasi dengan Ms Excel dan SPSS. Jakarta : Salemba Empat.

Prasetyaningsih, Erlita. dan Rina Astini. 2016. Pengaruh Citra Merek dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tas Branded Tiruan pada Wanita Karir di Jakarta. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis. (Online), Volume 2, No.2 (https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jimb/article/download/3702/1911), diakses 12 Oktober 2021.

Seprianto. 2018. Pengaruh Gaya Hidup, Fitur dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Oppo Smartphone Di Kota Padang. Jurnal Marketing. (Online), Volume 1, No. 1 (https://ojs.stiepi.ac.id/index.php/Marketing/article/view/31), diakses 12 Oktober 2021.

Sari, Hutami Permita. 2016. Pengaruh citra merek, Fitur, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Smartphone Xiaomi di DIY). Skripsi. Yogyakarta: Program Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Selular.id. 2021. Top 5 Vendor Smartphone di Indonesia Q1-2021. https://selular.id/2021/05/top-5-vendor-smartphone-di-indonesia-q1-2021/amp/ . Diakses 11 Oktober 2021.

Sriyanto, Agus. dan Aris Wahyu Kuncoro. 2019. Pengaruh Brand Ambassador, Minat Beli, Dan Testimoni Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Situs Jual Beli Online Shop Shopee Indonesia di Universitas Budi Luhur Periode Februari – April 2018. Jurnal Ekonomika dan Manajemen. (Online), Volume 8, No. 1 (file:///C:/Users/asus/AppData/Local/Temp/858-2030-1-SM.pdf), diakses 12 Oktober 2021.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2010. Strategi Pemasaran. Edisi Ketujuh. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy. 2012. Manajemen Jasa. Edisi Keempat. Yogyakarta: Andi.

Yanthi, Afifah Dwi., Prasetyo Hadi, dan Miguna Astuti. 2020. Peran Korea Wave, Lifestyle dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Innisfree. Business Management, Economic, and Accounting National Seminar. (Online), Volume 1, (https://conference.upnvj.ac.id/index.php/biema/article/view/861/495), diakses 11 Oktober 2021.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i1.1464

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter