Pengaruh E-servicescape (Aesthetic Appeal, Layout&Fungtional, Financial Security) Terhadap Trust (Studi Pada Pengguna Shopee)

Selly Ana Stefani, Alimuddin Rizal

Sari


Abstrak

Penggunaan internet mendatangkan peluang untuk marketplace mengembangkan bisnisnya. pebisnis dituntut untuk dapat menambahkan strategi yang lebih inovatif lagi agar dapat mempertahankan eksistensi sebuah bisnis. Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan strategi E-servicescape yang mencakup lingkungan fisik online.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Aesthetic Appeal, Layout&Fungtional dan Financial Security berpengaruh terhadap Trust. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan mengambil sampel sebanyak 100 responden kepada pengguna Shopee dengan ketentuan  responden memiliki jenjang pendidikan minimal SMP yang dianggap memahami dan mampu menjawab kuesioner secara objektif dan responden sudah pernah berbelanja di Shopee dengan pertimbangan masih mengingat tampilan Shopee. Teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda, uji validitas, uji reliabilitas dan koefisien determinasi yang peneliti olah dengan menggunakan SPSS versi 25.  Dalam penelitian ini, Aesthetci Appeal berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Trust sedangkan Layout&Fungtional dan Financial Security berpengaruh positif dan signifikan terhadap Trust.

Kata Kunci: Daya Tarik estetika , Tata Letak & Fungsional , Keamanan Keuangan , Kepercayaan

Abstract

The use of the internet brings opportunities for the marketplace to develop its business. business people are required to be able to add more innovative strategies in order to maintain the existence of a business. One strategy that can be done is to carry out an E-servicescape strategy that includes an online physical environment. This study aims to determine whether Aesthetic Appeal, Layout & Functional and Financial Security have an effect on Trust. This type of research is quantitative by taking as many as 100 respondents to Shopee users with the provision that respondents have a minimum education level of junior high school who are considered to understand and be able to answer questionnaires objectively and respondents have shopped at Shopee with consideration still remembering Shopee's appearance. The technique used in this research is purposive sampling. The analysis used in this study is multiple regression analysis, validity test, reliability test and the coefficient of determination which the researchers processed using SPSS version 25. In this study, Aesthetic Appeal had a positive and insignificant effect on Trust, while Layout & Functional and Financial Security had a positive and significant effect on Trust.

Keywords: Aesthetic Appeal, Layout & Functional, Financial Security, Trust


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


B Bozic. (2017). Consumer Trust Repair: A Critical Literature Review. European Management Journal, 35(4).

Bitner, M. J. (1992). The impact of physical surroundings on customers and employees. Journal of Marketing, 56(2).

Dailey, L. (2004). Navigational web atmospherics: Explaining the influence of restrictive navigation cues. Journal of Business Research, 57(7).

Didiek Viencent & Yohan. (2020). Solusi Bisnis Masa Kini dan Masa Depan. PT KANISIUS.

Harris, L. C., & Goode, M. M. H. (2010). Online servicescapes, trust, and purchase intentions. Journal of Services Marketing, 24(3), 230–243. https://doi.org/10.1108/08876041011040631

KP Lai, SC Chong, H. Bin Ismail, & D. T. (2014). Sebuah studi eksploratif atribut e-servicescape yang menonjol berbasis pembelanja: Pendekatan Means-End Chain. Jurnal Internasional Manajemen Informasi, 34(4).

LC Harris, & M. G. (2010). Servicescapes online, kepercayaan, dan niat pembelian. Jurnal Pemasaran Jasa, 24(3).

Liu, Y., & Tang, X. (2018). The Effects of Online TrustBuilding Mechanisms on Trust ond Repurchase Intentions: An Empirical Study on Ebay. Information Technology and People. 31(3).

M McComish, dan P. Gq. (2007). Consumers’ Affective Responses to the Retailscape: A Spatial and Temporal Perspective ANZMAC 2005 Conference”: Retailing, Distribution Channels and Supply Chain Management. The University of Adelaide.

McKnight, D. H. dan N. L. C. (2002). Apa Artinya Kepercayaan dalam Hubungan Pelanggan E-Commerce. Jurnal Internasional Perdagangan Elektronik, 6.

Oebit, Z. & P. K. S. (2018). PENGARUH E-SERVICESCAPE TERHADAP TRUST DAN DAMPAKNYA PADA REPURCHASE INTENTION. Jurnal Sistem Informasi, 14.

Seonjeong Ally Lee and Miyoung Jeong. (2012). Effects of E-Servicescape on Consumers. Journal of Hospitality and Tourism Technology, 3 (1).

Tran, G. A., & Strutton, D. (2014). Investigating E-Servicescape, Trust, E-WOM, and Customer Loyalty. 77–81. https://doi.org/10.1007/978-3-319-26647-3_11

Widiana, I. K., & Kerti Yasa, N. N. (2021). Pengaruh E-Servicescape Terhadap Trust Dan Dampaknya Pada Repurchase Intention. Buletin Studi Ekonomi, 26(1), 10. https://doi.org/10.24843/bse.2021.v26.i01.p02

Wimala, R. K. (2016). Analisis Pengaruh Online Servicescape Terhadap Kepercayaan Konsumen Pada Niat Beli Konsumen Di Tokopedia. Com. . http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11780




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i1.1465

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter