Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sepeda Motor Matic
Sari
Perkembangan industri otomotif di Indonesia sangat cepat dan cenderung meningkat tiap tahunnya, seiring dengan kebutuhan dan permintaan masyarakat akan sarana transportasi yang memadai. Terbukti dengan semakin ramainya jalanan kota dan lalu lintas yang semakin padat oleh kendaraan bermotor, diikuti dengan lahir dan tumbuhnya perusahaan-perusahaan baru yang berupaya maksimal untuk mendapatkan dan mempertahankan pangsa pasar yang ada.
Konsumen pengguna sepeda motor di Indonesia khusunya sepeda motor matic, memiliki lebih banyak penggemar dibanding sepeda motor jenis lain. Sepeda motor matic sendiri merupakan salah satu jenis motor yang dinilai praktis serta penggunaanya yang mudah karena tidak memakai operan gigi, sehingga sepeda motor jenis matic ini dapat digunakan baik oleh pria maupun wanita. Para produsen berlomba-lomba menciptakan motor jenis matic senyaman mungkin guna memenuhi keinginan konsumen dengan melihat pengguna sepeda motor matic lebih mendominasi.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Afifi, A. A., & Sastry, S. V. S. 2013. Pengaruh Persepsi Harga, Desain Produk, Dan Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Mitsubishi Xpander (Studi Kasus Pt. Nusantara Berlian Motor Medan). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Akdon, dan Ridwan.2013. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.
Amrullah, Siburian, P. S., & ZA, S. Z. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 13(2), 99–118.
Arfan, M. F., Fauzi, P. A., & Rini, E. S. 2019. The Effect of Promotion , Price Perception and Product Quality on Purchasing Weaving Decisions on Consumers of Raki Weaving Assisted by Deli Serdang Cooperative Service. IJJR_International Journal of Research and Review, 6(July), 349–360. http://ijrrjournal.org/IJRR_Vol.6_Issue.7_July2019/IJRR0043.pdf
Aziz, N. 2019. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (Amdk) Merek Aicos Produksi Pt. Bumi Sarimas Indonesia. 1–9. OSF Preprints. https://doi.org/10.31219/osf.io/w6dt5
Darmawan, M. R., Cahaya, Y. F., & Erasashanti, A. P. 2020. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Raket Yonex. Jurnal Kewirausahaan, Akuntansi, Dan Manajemen, TRI BISNIS, 2(2), 129–140.
Dermawan Wibisono, 2003, Riset Bisnis, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Deisy, M., & Lapian, J., & Mandagie, Y. 2018). Analisis Citra Merek, Harga Produk Dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Pada Seluruh Gerai  Gerai Seluler Di It Center Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 2288–2297. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.20997
Fadli, F., Ginting, B., & Andria, F. 2019. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang MANAJEMEN 2019, Manajemen, 05, 1–19.
Fatmaningrum, S. R., Susanto, & Fadhilah, M. 2020. Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. Jurnal Ilmiah MEA, 4(1), 176–188.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gujarati, Damodar, 2003, Ekonometri Dasar. Terjemahan: Sumarno Zain, Jakarta: Erlangga.
Jayanti, D., R., & Putri, K, S. 2019. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Vario. Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara , Halaman 113-123. 2(2), 113–123.
Jubaidah, S., & Sumarni, I. 2020. Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Merek Scoopy Pada CV. Trio Motor Tanjung. JAPB, 3(2), 1383-1398.
Pahlevi, A. S., & Sutopo. 2017. Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, Desain Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Pembelian Sepeda Motor Matic (Studi Pada Yamaha Mataram Sakti Semarang). Jurnal of Management, 6(1), 1–13.
Poluakan, S. W., & Tewal, B., & Tawas, H. 2017. Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Produk, Promosi, Dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Vixion (Studi Kasus Pada Konsumen Pengguna Di Amurang). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), 2313–2322. https://doi.org/10.35794/emba.v5i2.16534
Pratiwi, D. A., Tjahjaningsih, Endang , & Hayuningtias, K. A.(2019. Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Proses Keputusan Pembelian: Fenomena Kue Artis Roru Cake. Prosedung SENDI,U 978–979.
Putri, T. P. 2019. Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Pt . Nusantara Surya Sakti Majemen. Jurnal Manajemen dan Organisasi Review (MANOR)2(0411), 36–43.
Roni, K. A., & Martyah. 2021. Analisis Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jurnal Manajemen Sains. Jurnal Manajemen Sains, 1(1), 1. https://ojs.umb-bungo.ac.id/index.php/JMS/article/view/476
Setyarko, Y. 2016. Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online. Ekonomika Dan Manajemen, ISSN: 2252-6226, 5(2), 128–147.
Sitompul, S., & Chrispin, G., & Hamzah, L, M,.2020. Analisis Pengaruh Kualitas Produk , Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Battery Sepeda Motor Analysis of the Effect of Product Quality, Price and Promotion on Motorcycle Battery Purchase Decisions. INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi 1(1), 27–37.
Sugiyono.2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sumarauw, J., Soegoto, A., & Tampi, D. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy Pada Pt. Daya Adicipta Wisesa. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(1), 990–999.
Teguh Prasetyo Sri Purwantini, E. 2017. An Influence Analysis Of Product Quality, Brand Image, And Price On The Decision To Buy Toshiba Laptop (A Study on Students of Economics Faculty of Semarang University). Economics & Business Solutions Journal, 1(2), 11–18.
Wibowo, M.Si, I., & Pratiwi, R. D. 2017. Pengaruh Citra Merk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 5(3), 1–8. https://doi.org/10.35137/jmbk.v5i3.178
Yustiawan, O., & Prijati. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Honda Vario. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(2), 1–20.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i1.1467
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional