Pengaruh Promosi terhadap Brand Image serta dampaknya terhadap Keputusan Pembelian Minuman Coca-cola
Sari
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Promosi terhadap Brand Image serta dampaknya terhadap keputusan Pembelian minuman Coca-cola. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang berarti analisis pada data-data yang berupa pengolahan angka dan diolah dengan model statistika. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Deskriptif dan verivikatif. populasi pada masyarakat bekasi dengan tingkat kesalahan 10% maka sampel yang didapatkan adalah 100 orang. instrumen yang digunakan pada penbelitian ini adalah wawancara, observasi, dan kuesioner. Promosi Coca-cola berada pada kategori setuju dengan rata-rata skor 377,5, yang artinya promosi yang dilakukan Coca-cola sudah Baik. Brand Image berada pada kriteria sangat setuju dengan rata-rata skor 422, yang artinya Brand Image Coca-cola sudah sangat baik. dan keputusan pembelian berada pada kriteria setuju dengan rata-rata skor 352 yang artinya keputusan pembelian sudah baik
Kata Kunci: Promosi, Brand Image, keputusan Pembelian
Abstract
The purpose of this study was to determine the effect of promotion on brand image and its impact on purchasing decisions for Coca-cola drinks. This research is quantitative research which means analysis of data in the form of numerical processing and processed with statistical models. The approach used is descriptive and verification approach. population in the Bekasi community with an error rate of 10%, the sample obtained is 100 people. The instruments used in this research are interviews, observations, and questionnaires. Coca-cola promotions are in the agree category with an average score of 377.5, which means that the promotions carried out by Coca-cola are good. Brand Image is in the criteria of strongly agree with an average score of 422, which means that Coca-Cola's Brand Image is very good. and purchasing decisions are in the agreed criteria with an average score of 352 which means the purchase decision is good
Keywords: Promotion, brand image, purchase decision
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anggrariani, Rima, and Aditya Wardana. 2016. “Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Liquid Bar Bandung.” e-Proceeding of Management 3(1): 655–66.
Ghaizani, Amalia, Edriana Pangestuti, and Lusy Deasyana Rahma Devita. 2018. “PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN TERHADAP BRAND IMAGE DAN DAMPAKNYA BAGI KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei Online Pada Konsumen Skin Care Etude House Di Indonesia).” Jurnal Administrasi Bisnis 58(2): 110–18.
Hanifah, Nurul, and Dedi Rianto Rahadi. 2020. “Analisis Perilaku Konsumen Dalam Memutuskan Pembelian Secara Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Analysis of Consumer Behavior in Deciding Online Purchase During the Covid-19 Pandemic Time.” Jurnal Manajemen dan Keuangan 4328(November): 112–22.
Hartaroe, Brina Putri, Ronny Malavia Mardani, and M Khoirul Abs. 2016. “Prodi Manajemen.” (Marketing Mix): 82–94.
Korry, Debby Ivana. 2017. “Pengaruh Status Kerja Ibu Rumah Tangga Terhadap Coping Stress.” Repository Unika Sogijapranata: 36–44. http://repository.unika.ac.id/id/eprint/14757.
Kusnanto, Danang, Asep Maulana, and Ina Ratnasari. 2020. “Pengaruh Beauty Vlogger Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Pada Minat Beli Produk Kosmetik Halal (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang).” Jurnal Mirai Management 5(2): 354–69.
Leksono, Rafael Billy, and Herwin Herwin. 2017. “Pengaruh Harga Dan Promosi Grab Terhadap Brand Image Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pengguna Transportasi Berbasis Online.” Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT 2(3): 381–90.
Lestyowati, Jamila. 2019. “Analisis Pengaruh Dimensi Brand Image Terhadap Brand Image Dan Persepsi Pengguna Kemenkeu Corpu.” Jurnal BPPK 12(2): 59–73.
Meilani, Revi, and Ida Ayu Nuh Kartini. 2020. “Pengaruh Product, People, Dan Process Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Ekspedisi Cv. Hitam Oren Express (Hoe) Di Surabaya.” JEM17: Jurnal Ekonomi Manajemen 5(1): 33–46.
Nofri, Okta, and Andi Hafifah. 2018. “Analisis Perilaku Konsumen Dalam Melakukan Online Shopping Di Kota Makassar.” Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi 5(1): 113–32.
Pondaag, Trivena Octaviana, and Agus Supandi Soegoto. 2016. “Evaluasi Strategi Promosi Dan Penjualan Terhadap Evaluation of Promotion Strategy and Sales Toward Competitive Advantage At.” Emba 4(2): 133–43.
Pustaka, Kajian, Kerangka Pemikiran, and D a N Hipotesis. 2004. “Bab II Kajian Pustaka , Kerangka Pemikiran Dan Hipotesis.” (i): 16–45.
Rasyid, Chairani Adelia, and Harrie Lutfie. 2018. “Pengaruh Brand Image Dan Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Warunk Dakora Bandung Tahun 2017.” e-Proceeding of Applied Science 4(1): 13–19.
S.arikunto. 2006. “Pengertian Metode Penelitian.” 84: 72–92.
Sanjaya, Surya. 2015. “Pengaruh Promosi Dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Sinar Sosro Medan.” Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis 16(02): 108–22.
Septayuda, Irwan. 2017. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi-4X.” Jurnal Ilmiah MBiA 16(3): 127–36.
Sugiyanto, Wiwi Kurnianingsih &. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Distro Screamous Bandung.” Skripsi Respositari 136(1): 510–24.
Suvana, Aninda. 2019. “Pengaruh Iklan , Kualitas Produk , Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Coca-Cola Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sumatera Utara.”
Vogt, W. 2015. “Explanatory Research.” Dictionary of Statistics & Methodology: 44–57.
Wiyono. 2013. “Bab Iii Metode Penelitian A.” METODE pENELITIAN ILMIAH 84: 487–92. http://ir.obihiro.ac.jp/dspace/handle/10322/3933.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i2.1472
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional