Mengukur Keputusan Konsumen Berdasarkan Online Consumer Review Dan Harga Produk
Sari
Abstrak : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga dan online consumer review terhadap keputusan membeli konsumen dikalangan remaja di kota Makassar pada aplikasi belanja onIine shopee . Pengumpulan data primer yang diperoleh dengan kuisioner dengan desain cross sectional. Populasi merupakan kalangan remaja di Kota Makassar yang menggunakan aplikasi belanja onIine Shopee dan telah melakukan pembeIian pada apIikasi tersebut, yang jumlahnya tidak dapat di identifikasi atau diketahui (un-identified). Sedangkan sampel yang diambiI dengan sampling incidental sebanyak 100 responden. Hasil dari kusioner tersebut melewati uji vailditas dan reability dan telah diuji asumsi klasik yaitu Normalitas, Autokolerasi, Multikoleniaritas, Heterokedasitas, dan Linearitas. Regresi linier berganda digunakan sebagai metode anaIisis dan pengujian dengan aplikasi SPSS 26. Temuan peneIitian mendukung hipotesis pertama, yang berpendapat bahwa harga berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembeIian, online consumer review memiliki pengaruh positif.dan signifikan.terhadap.keputusan.pembelian.serta harga dan onIine consumer review sama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: harga; online consumer review; keputusan pembelian.
Abstract : The purpose of this study was to determine the effect of price and online consumer reviews on consumer buying decisions among teenagers in Makassar in the online shopping application Shopee. Primary data collection was obtained by using a questionnaire with a cross sectional design. The population is teenagers in Makassar City who use the Shopee online shopping application and have made purchases on the application, the number of which cannot be identified or known (un-identified). While the samples taken by incidental sampling were 100 respondents. The results of the questionnaire passed the validity and reliability tests and the classical assumptions were tested, namely Normality, Autocorrelation, Multicollinearity, Heteroscedasticity, and Linearity. Multiple linear regression was used as a method of analysis and testing with SPSS 26 application. The research findings support the first hypothesis, which argues that price has a significant and positive effect on purchasing decisions, online consumer reviews have a positive and significant impact on purchasing decisions and prices. and online consumer reviews both have a positive and significant influence on purchasing decisions..
Keywords: price, online consumer review, purchasing decisions
Teks Lengkap:
PDFReferensi
AIN Muhammad Tafsir (2020).Tanggung Jawab Sosial Dan Citra Merek : Sebuah Model Peningkatan Nilai Perusahaan.Jurnal Mirai Management 4 (2020), 162-170
Amelia, R. D., Michael, & Mulyandi, M. R. (2021). Analisis Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Kecantikan. 2(2), 274–280.
Arbaini, P., Wahab, Z., & Widiyanti, M. (2020). Pengaruh Consumer Online Rating Dan Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Marketplace Tokopedia. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 7(1), 25–33. https://doi.org/10.26905/jbm.v7i1.3897
Damayanti, R. S. (2019). Pengaruh Online Customer Review and Rating, E-Service Quality dan Price Terhadap Minat Beli Pada Online Marketplace Shopee. 684–693.
Excrush.com. (2021). Sejarah Shopee Di Indonesia. Excrush.Com. https://exrush.com/sejarah-Shopee-di-indonesia/
Farid, A. M., Hufron, M., & Wahono, B. (2020). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Tas Eiger Mahasiswa Penghuni Kost Di Kelurahan Dinoyo). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Febriana, M., & Yulianto, E. (2018). Pengaruh Online Consumer Review Oleh Beauty Vlogger Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2014/2015 Dan 2015/2016 Yang Membeli Dan Menggunakan Purbasari Matte Lipstick). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 58(1), 1–9.
Febriyanti, R. S., & Wahyuti, A. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli. 5, 1–18.
Gain, R., Herdinata, C., & Sienatra, B. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Vodkasoda Shirt. 2, 143–150.
Isparwati, R. (2021). Sejarah & Profil Perusahaan Shopee: Kapan Berdiri, CEO, Alamat Kantor. Riniisparwati.Com. https://riniisparwati.com/profil-perusahaan-Shopee/
Jacklin, M. P. R., Mandey, S., & Tampenawas, J. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Matahari Departement Store Mega Mall Manado. 7(1), 431–440.
Kamila, K. T., Suharyono, & Nuralam, I. P. (2019). Pengaruh Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian ( Survei pada Mahasiswa Universitas Brawijaya TA 2015 / 2016 – 2018 / 2019 yang Pernah Membeli dan Menggunakan Xiaomi Smartphone ). 72(1), 202–211.
Meidhiyanti, R. I. R. (2020). Analisis Pengaruh Labelisasi Halal, Harga, Dan Online Customer Review And Rating Terhadap Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening. iii–126.
Melati, R. S., & Dwijayanti, R. (2020). Pengaruh Harga Dan Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian Case Hanphone Pada MArketplace Shopee ( Studi Pada Mahasiswa Surabaya ). 8(2).
Munandar, & Chadafi. (2016). Pengaruh Harga , Celebrity Endorser , Kepercayaan , dan Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Di Media Sosial Instagram. 5(September), 1–8.
Ningsih, E. S. P. (2019). Pengaruh Rating dan Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online pada Marketplace Shopee. 1–93.
Nofri, O., & Hafifah, A. (2018). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Melakukan Online Shopping Di Kota Makassar. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 5(1), 113–132. https://doi.org/10.24252/minds.v5i1.5054
Panjaitan, R. (2018). Manajemen Pemasaran. Sukarno Pressindo.
Rahayu, H., Sismanto, A., & Arianto, T. (2020). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan Pengguna, Secara Online Di Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Manajemen). 2, 34–48.
Rezeki, S., & Ninie. (2019). Pengaruh Harga, Online Customer Review Dan Fasilitas Terhadap Tingkat Hunian Di PT. Karya Cipta Pesona (Aryaduta Medan). 5, 1–12.
Rosdiana, E., Suharno, H., & Kulsum, U. (2020). Pengaruh Harga, Keanekaragaman Produk, dan Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Online Shopee. 13–23.
Sari, D. M. F. P. (2020). Perceived Price, Product Design dan Online Customer Review Terhadap Purchaise Intention Pada Produk Wardah di Marketplace Shopee Mall. 5(1), 81–89.
Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen. Prenadamedia Group.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. CV. Alfabeta.
Suryani, & Hendryadi. (2015). Metode Riset Kuantitatif Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Prenadamedia Group.
Tafsir. M, R Shaari, H Muchtar, F Firmansya (2018). The Effects of Product Quality and Interpersonal Communication on Customer Loyalty. International Journal on Advanced Science, Education, and Religion 1 (1), 1-8
Thidiweb.com. (2021). Prestasi Shopee Situs Marketplace Yang Mampu Bersaing dalam Waktu Singkat. Thiniweb.Com. https://thidiweb.com/sejarah-Shopee/
Virawati, E. (2020). Pengaruh Store Image, Online Customer Review Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya). Orphanet Journal of Rare Diseases, i–114.
Widyanita, F. A. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan E-Commerse Shopee Terhadap Kepuasan Konsumen Shopee Indonesia Pada Mahasiswa FE UII Pengguna Shopee
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v3i2.1480
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional