Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Vario 150cc di Desa Demaan Kota Jepara

Muhamad Arief Ardiansyah, Euis Soliha

Sari


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian sepeda motor vario 150cc di Desa Demaan Kota Jepara. Penelitian ini menggunkan metode kuantitatif yang dibantu dengan aplikasi SPSS 23. Sampel penelitian ini berjumlah 100 responden yang terdiri dari masyarakat Desa Demaan Kota Jeparadengan menggunakan teknik simplerandom sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan uji instrumen, uji regresi linear berganda, uji model penelitian, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kualitas Produk(X1) berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian (Y), Persepsi Harga (X2) berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian (Y) dan Promosi (X3) berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian (Y).

Kata Kunci: Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi dan keputusan pembelian

 

Abstract

This study aims to determine the effect of Product Quality, Price Perception and Promotion on Purchase Decisions for 150cc Vario Motorcycles in Demaan Village, Jepara City. This study uses a quantitative method assisted by the SPSS 23 application. The sample of this study amounted to 100 respondents consisting of the people of Demaan Village, Jepara City using simple random sampling technique. The data collection technique used a questionnaire. This research uses instrument test, multiple linear regression test, research model test, and hypothesis test. The results of this study indicate that Product Quality (X1) has a positive effect on Purchase Decisions (Y), Price Perception (X2) has a positive effect on Purchase Decisions (Y) and Promotion (X3) has a positive effect on Purchase Decisions (Y).

 

Keywords: Product Quality, Price Perception, Promotion and Purchase Decision

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amelisa, L., Yonaldi, S., & Hesti, M. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Gula Tebu (Studi Kasus Koperasi Serba Usaha Kabupaten Solok). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 7(3), 1–4.

Anggraeni, A. R., & Soliha, E. (2020). Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang). Al Tijarah, 6(3), 96–107.

Arifin, M., & Khasanah, I. (2017). Analisis pengaruh kualitas produk, persepsi harga dan sikap terhadap keputusan pembelian(Studi pada Pos Ketan Legenda 1967 Kota Semarang). Diponegoro Journal Of Management,6(4), 1–11.

Dewi, P. S., & Suprapti, N. W. S. (2018). Membangun Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Yang Dipengaruhi Oleh Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Citra Merek (Studi Pada Produk Smartphone Merek Oppo). Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 12(2), 87–98.

Fatmawati, N., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk , Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “ Honda .” Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 10(1), 1–20.

Firatmadi, A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus PT. Pelita Air Service). Journal of Business Studies, 2(2), 80–105.

Gain, R., Herdinata, C., & Seinatra, K. B. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Vodkasoda Shirt. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(2), 142–150.

Garaika, & Darmanah. (2019). Metodologi penelitian.

Hardani, Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).

Hastuti, M. A. sri W., & Anasrulloh, M. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian(Studi pada Pemilihan Tempat Kos Mahasiswa di Tulungagung). Jurnal Ilmiah Ecobuss, 8(2), 99–102.

Katrin, I. L., Setyorini, D., & Masharyono. (2017). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Restoran Javana Bistro Bandung Intan. The Journal Gastronomy Thourism, 3(2), 75–83.

Mas’adi, M. (2020). The Effect of Promotion on Purchasing Decisions at PT. Auto 2000 Bintaro. Jurnal Pemikiran Ilmiah Dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, 6(1), 9–16.

Noor, F., Utari, W., & Mardi, N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Serta Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Produk Pt. Salim Ivomas Pratama Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro). Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online), 4(4), 581–594.

Nurhayati, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian handphone samsung di yogyakarta. JBMA, IV(2), 60–69.

Pardede, R., & Haryadi, T. Y. (2017). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Yang Dimediasi Kepuasan Konsumen. Journal of Business & Applied Management, 10(1), 55–79.

Permana, D. I. (2017). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Menabung NasabahProduk Lantai Kayu Dan Pintu Pt.Piji Di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(1), 116–123.

Purba, rosintasn sabrina, & Syaifullah. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Carvil Di Kota Batam. Jurnal Akrab Juara, 5(3), 228–239.

Sari, D. P., & Soliha, E. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian E-Commerce Tokopedia di Kota Semarang. Sendiu, 341–348.

Savitri, I. A. P. D., & Wardana, I. M. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Dan Niat Beli Ulang. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(10), 5748–5782.

Semuel, H., & Setiawan, K. Y. (2018). Promosi Melalui Sosial Media , Brand Awareness




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i1.1483

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter