Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Vans Imitasi Pada E– Commerce Shopee
Sari
Abstrak
Penelitian ini berfokus padaspengaruh kualitas produk,citra merek, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian produk Vans imitasi pada E-commerce Shopee (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekononomika dan Bisnis Universitas Stikubank Semarang). Metode penelitian menggunakan purposivesampling. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekononomika dan Bisnis Universitas Stikubank Semarang. Dengan menggunakan kuesioner dalam mengumpulkan data. Hubungan pengaruh antar variabel dijelaskan dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa citra merek dan persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci: kualitas produk, citra merek, persepsi harga, dan keputusan pembelian
Abstract
This study focuses on the effect of product quality, brand image, and price perception on purchasing decisions for imitation Vans products at E-commerce Shopee (Study on Students of the Faculty of Economics and Business, Stikubank University, Semarang). The research method uses purposive sampling. The population of this study were students of the Faculty of Economics and Business, Stikubank University, Semarang. By using a questionnaire in collecting data. The influence relationship between variables is explained by multiple linear regression analysis. The results showed that brand image and price perception had a positive and significant effect on purchasing decisions. Meanwhile, product quality has no significant effect on purchasing decisions.
Keywords: product quality, brand image, price perception, and purchasing decisions
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anastasia, U., & Nurendah, Y. (2014). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Ilmiah Manajemen, 1(2).
Arifai, Ahmad Adi, & Trihandayani Zaleha. (2017). Harga, Kualitas Produk Dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Tas Kw Cartier Di Kalangan Mahasiswi Sebagai Penunjang Penampilan Kuliah . Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, Vol 8, No 03.
Asnawi, Anita., Dan Augustinah, Fedianty. (2015). Pengaruh Faktor Sosial Dan Personal Terhadap Sikap Konsumen Dan Minat Beli Barang Fashion Palsu. Jurnal Ilmu Administrasi. Volume XII. NO 2.
Aulia, Dita. (2018). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Casual Merek Converse Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara.
Dinawan, M. R. (2010). Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Yamaha Mio PT Harpindo Jaya Semarang). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia.
Hermawan, Galih, Erin., & Wajdi, M, Farid. (2018). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Prabayar Telkomsel Simpati (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi Thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Igir, Friani, Gloria., Tampi, Jhony, R, E., & Taroreh, Henny. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Grand Max Pick Up (Studi Pada PT. Astra International Tbk Daihatsu Cabang Malalayang). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 6, (2).
Mahardika, Aldila Wahyu., & Wiyadi. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu VANS. Skripsi Thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Mahendra, Deni, Dwi. (2017). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian
Sepatu Kw (Imitasi) Di Pasar Klithikan Yogyakarta. Skripsi; Fakultas Ekonomi,
Universitas Pgri Yogyakarta.
Muharam, Wifky., & Soliha, Euis. (2017) Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga Dan Keputusan Pembelian Konsumen Honda Mobilio. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin & Call For Papers Unisbak.
Oktavenia, K. A. R., & Ardani, I. G. A. K. S. ( 2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Nokia Dengan Citra Merek Sebagai Pemediasi. E-Jurnal Manajemen Unud. Vol. 8; 1374 – 1400.
Prasetyaningsih, Erlita & Astini, Rina . (2016). Pengaruh Citra Merek Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tas Branded Tiruan Pada Wanita Karir Di Jakarta. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis. Vol 2, (2).
Permana, Magyar, Slamet., Dan Haryanto, Jony, Oktavian. (2014). Pengaruh Country Of Origin, Brand Image Dan Persepsi Kualitas Terhadap Intensi Pembelian. Jurnal Manajemen, Vol XVIII, No. 03.
Rosita., & Satyawisudarini, Inne. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pembelian Online Produk T-Shirt Samesame Clothing). Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Almana) ,Vol. 1, No. 3.
Suwarti, Ely., & Rokhmah, Betty, Eliya. (2018). Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sepatu Adidas Imitasi Di Wilayah Jatiyoso. Jurnal Riset Manajemen & Akuntansi, Vol 9,No 1.
Syamsidar, Rizky., & Soliha, Euis. Kualitas Produk. (2019) Persepsi Harga, Citra Merek Dan Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian (Studi Pada Banaran 9 Coffee And Tea Di Gemawang, Kabupaten Semarang). Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, Vol. 26, (2), 146 – 154.
Via, Oly. (2020). Pengaruh Kelompok Referensi, Gaya Hidup Dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sneakers Vans Imitasi (Pada Mahasiswa DI Pekanbaru). Uin Suska Riau.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i1.1484
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional