Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan pada My Kopi O Semarang
Sari
Abstrak
Penelitian ini menjelaskan pengaruh kualitas layanan, fasilitas dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada My Kopi O Semarang. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden dengan metode probability sampling. Teknik analisis menggunakan analisis regresi berganda. Teknik analisis menggunakan analisis regresi berganda. Kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan dan dapat diartikan bahwa semakin baik kualitas layanan maka semakin meningkatkan kepuasan pelanggan My Kopi O Semarang. Fasilitas berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan dan dapat diartinkan semakin baik fasilitas yang disediakan maka semakin baik kepuasan pelanggan pada My Kopi O Semarang. Lokasi berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan dan dapat diartkan semakin strategis lokasi maka semakin meningkat kepuasan pelanggan pada My Kopi O Semarang.
Kata Kunci : Kualitas layanan, fasilitas, lokasi dan kepuasan pelanggan
Abstract
This study explains the effect of service quality, facilities and location on customer satisfaction. The population in this study were all consumers who made purchases at My Kopi O Semarang. The sample in this study was 100 respondents with probability sampling method. The analysis technique uses multiple regression analysis. The analysis technique uses multiple regression analysis. Service quality has a positive effect on customer satisfaction and it can be interpreted that the better the service quality, the more customer satisfaction My Kopi O Semarang increases. Facilities have a positive effect on customer satisfaction and it can be interpreted that the better the facilities provided, the better customer satisfaction at My Kopi O Semarang. Location has a positive effect on customer satisfaction and it can be interpreted that the more strategic the location, the higher customer satisfaction at My Kopi O Semarang.
Keywords : Quality of service, facilities, location and customer satisfactionTeks Lengkap:
PDFReferensi
Agus, Sulastiyono. 2011. Manajemen Penyelanggaraan Hotel. Bandung: Alfabeta.
Alma, Buchari. 2015. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Basu Swastha, Dharmesta dan Irawan, 2012, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta
Bilson, Simamora. 2017. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Surabaya: Pustaka Utama.
Daradjat, Zakiah. 2012. Fasilitas Transportasi Konsumen. CV Alfabeta. Bandung.
Desrianto dan Afridola. 2020. Pengaruh Lokasi Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Coffee Town Bakery Di Kota Batam. Jurnal EMBA. Volume 8 No. 1
Dharmawan dan Kristianingsih. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen di Hotel Pelangi Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis. Volume 4 No 2.
Dhesta, Niel dan Soliha, Euis. 2019. Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Bank dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan Simpeda Bank Jateng Cabang Utama Semarang. Proceeding SENDIU 2019. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Stikubank Semarang
Fakhrudin. 2021. Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Mempengaruhi Kepuasan Konsumen di Bandar Udara Notohadi Negoro Jember. Jurnal Manajemen dan Keuangan. Volume 10 No. 1
Fuad, M, H Christine, Nurlela, Sugiarto,dan Paulus Y.E.F, 2006, Pengantar Bisnis, Erlangga, Jakarta
Ghozali, Imam. 2015, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta : Gava Media
Hariaji dan Iriyanto. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Fasilitas Terhadap kepuasan Konsumen (studi pada Warung Kopi Srintil di Temanggung). Majalah Ekonomi dan Bisnis, Jurnal Ilmiah Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Semarang.
Husaini Usman dan Purnomo Setiady. 2012. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta : PT Bumi Aksara
Husein Umar, 2013, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Gramedia Pustaka, Jakarta.
Ismunandar. 2020. Pengaruh Fasilitas dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan : Studi Kasus Mahfoed Life Gym. Jurnal PAMATOR. Volume 13 No. 1 April 2020
Kasmir. 2014. Manajemen Perbankan Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Kotler dan Amstrong. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2.Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Keller 2015. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 2 Jakarta : Erlangga
Kurnia Sari, Lidia dan Soliha, Euis. 2018. Kualitas Layanan, Persepsi Tingkat Suku Bunga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Nasabah). Proceeding SENDIU 2018. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Stikubank Semarang
Marzuki, C. 2005, Metodologi Riset, Jakarta: Erlangga
Mursid, M. 2014. Manajemen Pemasaran. Bumi Askara. Jakarta
Rambat Lupiyoadi. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Rangkuti, Freddy. 2012. Measuring Customer Satisfaction Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dan Analisis Kasus PLN-JP. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Rutjuhan dan Ismunandar. 2020. Pengaruh Fasilitas dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi kasus Mahfoed Life Gym).
Setiadi, Nugroho J. 2013. Perilaku Konsumen. Edisi Revisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Administrasi. Edisi Revisi, Cetakan ke 14, Alfhabeta, Bandung
Sumarwan, Ujang. 2015. Pemasaran Strategik:Prespektif Perilaku Konsumen, dan Marketing Plan. Jakarta: PT.Ghalia Indonesia.
Sumiyati dan Soliha, Euis. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Warunk Upnormal Semarang). Proceeding SENDIU 2020. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Stikubank Semarang
Suryosubroto. 2010. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
Tjiptono dan Chandra. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.
Tjiptono, Fandy. 2015. Pemasaran Jasa. Jakarta : Gramedia
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i1.1492
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional