Penyelenggaraan Pendidikan di Daerah Terpencil (Studi Kasus pada SD Inpres Ampiri Desa Bacu-Bacu Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru)
Sari
Abstrak
Penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan tekhnik pengumpulan data Melakukan observasi umum Menentukan fokus dan subjek/informan penelitian Melakukan observasi partisipasi pada siswa dan orang tua siswa Melakukan pengamatan terhadap aktifitas siswa di sekolah dan di lingkungan keluarga siswa Melakukan analisis deskripsi dan pengecekan keabsahan data Melakukan wawancara mendalam yaitu berupa dialog dengan siswa, orang tua siswa, masyarakat sekitar lingkungan siswa dan guru SD Inpres Ampiri. Berdasarkan hasil pengamatan didapatkan hasil Pandangan masyarakat Dusun Ampiri Desa Bacu-bacu terhadap pendidikan belum sepenuhnya baik, itu terlihat dari tingkat kepeduliannya terhadap pendidikan anak yang masih kurang. Masih banyaknya terdapat anak-anak yang tidak menempuh pendidikan. Pola pikir masyarakat di Dusun Ampiri Desa Bacu-bacu yang menjadikan pendidikan bukan sebagai prioritas, masyarakat Dusun Ampiri Desa Bacu- bacu yang lebih menjadikan bekerja untuk menghasilkan uang adalah yang paling penting. Faktor penyebab rendahnya motivasi siswa untuk bersekolah adalah faktor lingkungan, ekonomi, dan jarak antara rumah ke sekolah, sedangkan faktor pendukung adalah guru dan partisipasi pemerintah.
Kata Kunci : Penyelenggaraan Pendidikan Di Daerah Terpencil
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ajisuksmo, Clara R.P. 2012. Faktor-Faktor Penting Dalam Merancang Program Pendidikan Luar Sekolah Untuk Anak Jalanan Dan Pekerja Anak.MAKARA, SOSIAL HUMANIORA, VOL. 16, NO. 1, JULI 2012: 36-48. (Online).(http://journal.ui.ac.id/index.php/humanities/article/view File/1466/1266).Diakses 28 Januari 2015.
Aitken, S. Estrada, S. L, Jennings, J. & Agure, L. M. 2006. Reproducing Life And Labor. Global Processes and Working Children In Tijuana, Mexico. Childhood: A Jurnal Of Global Child Research. 13 (3), 365-388.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka CiptaArifin.
Ben-Arieh, Asher.& Frones, Ivan. (2011). Taxonomy for child well-being indicators: A framework for the analysis of the well-being of children. Childhood.A journal of Global Child Research, 18 (4). (online).(http://www.researchgate.net/publication/254082518_Taxonomy_for_child_wellbeing_indicators_A_framework_for_the_analysis_of_the_well-being_of_children. Diakses 4 Februari 2015.
Bastos. Amelia. & Nunes, Francisco. (2009). Child poverty in Portugal: dimensions and dynamics. Childhood: AJournal of Global Child Research, 16 (1), 67-88. (online). (http://libra.msra.cn/Publication/ 44561956/child-poverty-in-portugaldimensions-and-dynamics). Diakses 4 februari 2015.
Creswell, John W. 2012. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dalyono. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional. 2009. Bantuan Operasional Sekolah untuk pendidikan gratis dalam rangka wajib belajar 9 tahun yang bermutu. Jakarta:Direktorat Jenderal manajemen Pendidikan Dasar danMenengah.
Fatchan, Achmad. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Surabaya: Jenggala Pustaka Utama
Gunawan, Ary H. 2000. Sosiologi Pendidikan: Suatu Analisis Sosiologi tentang Pelbagai Problem Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Irwan, A., Mahfudnurnajamuddin, M., Nujum, S., & Mangkona, S. (2020). The Effect of Leadership Style, Work Motivation and Organizational Culture on Employee Performance Mediated by Job Satisfaction. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(8), 642-657.
Irwan, Andi, and Andi Irfan. "Pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan." Kinerja 18.2 (2021): 218-222.
Sukmadinata, Syaodih Nana. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: RemajaRosdakarya.
Sutjipto. 2005. Konsep Pendidikan Formal dengan Muatan Budaya Multikultural. Jurnal Pendidikan Penabur - No.04 / Th.IV / Juli 2005. (Online). (http://www.bpkpenabur.or.id/files/daftar%20isi.pdf)). Diakses 28 Januari 2015.
Tilaar. 2013. Manajemen Pendidikan Nasional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tirtarahardja, Umar dan La. Sula. 2010. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i3.1495
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional