Pengaruh Food Quality, Restaurant Atmosphere, Persepsi Harga, Word of Mouth Communication dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Kunjungan Kembali (Studi pada Pelanggan Reinz Cafe & Resto Demak)
Sari
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Food Quality, Restaurant Atmosphere, Persepsi Harga, Word of Mouth Communication dan Kepuasan Pelanggan terhadap Minat Kunjungan Kembali Pelanggan Reinz Cafe & Resto Demak. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel bebas yang terdiri dari Food Quality, Restaurant Atmosphere, Persepsi Harga, Word of Mouth Communication , sedangkan variabel terikat yang terdiri dari Kepuasan Pelanggan dan Minat Kunjungan Kembali. Populasi penelitian ini adalah pelanggan Reinz Cafe & Resto di Demak menggunakan sampel sejumlah 100 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria pelanggan yang berusia minimal 17 tahun, kunjungan lebih dari 2 kali, dan melakukan pembelian di Reinz Cafe & Resto Demak. Analisis data menggunakan uji validitas, dan uji reliabilitas, regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, uji t, dan uji F. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: yaitu (1) food quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, (2) restaurant atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, (3) persepsi harga tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, (4) word of mouth communication berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, dan (5) kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat kunjungan kembali.
Kata kunci : Food Quality; Restaurant Atmosphere; Persepsi Harga; Word of Mouth Communication, Minat Kunjungan Kembali;.
Abstract
The purpose of this study was to determine and analyze the effect of Food Quality, Restaurant Atmosphere, Price Perception, Word of Mouth Communication and Customers on Reinz Cafe & Resto Demak Customers' Return Visit Interest. The variables used in this study are the independent variables consisting of Food Quality, Restaurant Atmosphere, Price Perception, Word of Mouth Communication, while the variables consisting of the Purpose and Interest of Return Visits. The population of this research is customers of Reinz Cafe & Resto in Demak using a sample of 100 respondents with a sampling technique using purposive sampling with the criteria of customers being at least 17 years old, visiting more than 2 times, and making purchases at Reinz Cafe & Resto Demak. Data analysis used validity test, and reliability test, multiple linear regression, coefficient of determination test, t test, and F test. The results of this study can be said that: (1) food quality has a positive and significant effect on customer satisfaction, (2) restaurant atmosphere positive and significant effect on customer satisfaction, (3) price perception has no significant effect on customer satisfaction, (4) word of mouth has a positive effect on customer satisfaction, and (5) customer satisfaction has a positive and significant effect on return visit interest.
Keywords : Food Quality; Restaurant Atmosphere; Price Perception; Word of Mouth Communication, Interest of Return Visit.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Nurhafifah, H., & Kebumen, P. M. S. P. B. (2018). Analisis Pengaruh Experiential Marketing dan Kualitas Makanan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. (Studi pada konsumen Rumah Makan Sop Arie2 Kebumen).
Eni Yuniarsih. Pengaruh Atmosphere, Experience Marketing dan Food Quality Terhadap Kepuasan Konsumen dengan Niat Pembelian Ulang Sebagai Variabel Intervening.
Sarascui, D. K., & Handajani, R. P. (2018). Pengaruh General Interior Sebagai Elemen Store Atmosphere Terhadap Minat Kunjung Ulang Konsumen pada Kafe Labore Coffee Eatery Malang. Jurnal Mahasiswa Jurusan Arsitektur, 6(3).
Salsabila, N. I. (2020). Analisis Pengaruh Suasana Restoran dan Persepsi Kualitas Makanan Terhadap Niat Berkunjung Kembali (Studi pada Kalluna, Yogyakarta) (Doctoral dissertation, Universitas Atma Jaya Yogyakarta).
Yolanda, Y., & Rahmidani, R. (2020). Pengaruh Store Atmosphere dan Service Quality Terhadap Revisit Intention Konsumen Pada Golden Cafe dan Resto. Jurnal Ecogen, 3(4), 584-597.
Indriastuty, N., Saputro, W. E., & Sukimin, S. (2020). Analisis Daya Tarik Wisata, Persepsi Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening:(Studi pada Pantai Manggar Segara Sari Balikpapan). Jurnal GeoEkonomi, 11(1), 56-73.
Aliffudy, V., Rachma, N., & Hufron, M. (2019). Pengaruh Persepsi Nilai, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Berkunjung (Studi kasus pada Jawa Timur Park 3 Kota Wisata Batu). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 8(12).
Khasanah, A. T. U., Oktafiani, H., Putri, S. A., Anggraini, W., & Suhud, U. (2020). Pengaruh Customer Experience, Place Attachment, Customer Satisfaction, dan Word of Mouth terhadap Revisit Intention Konsumen Restoran Ayam Cepat Saji asal Amerika. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan-JBMK, 1(2), 263-280.
Sugianto, S., & Marpaung, H. (2020). Pengaruh Word Of Mouth (WOM), Daya Tarik Wisata dan Fasilitas Terhadap Minat Berkunjung Ulang Wisatawan Pada Pemandian Air Panas Sumber Padi Kabupaten Batu Bara. Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains, 2(1), 101-116.
Parastiwi, F. D., & Farida, N. (2017). Pengaruh Daya Tarik dan Word of Mouth Terhadap Kunjungan Ulang Melalui Kepuasan. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(1), 68-76.
Joesyiana, Kiki. "The Effect off Word of Mouth on Consumer Purchasing Decisions at Shopee (Online Shop) In Pekanbaru." Valuta 4.1 (2018): 71-85.
Sibagariang, Daniel Vinson. "Analisis Pengaruh Word of Mouth Communication Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Doorsmeer (Studi Pada BP Doorsmeer Jalan Garuda No. 1 Medan Sunggal)." (2016).
Alvianna, S., & Alviandra, R. (2020, January). Pengaruh Destinasi Wisata dan Kepuasan Wisatawan Terhadap Minat Berkunjung Kembali di Kampung Wisata Topeng Malang. In Seminar Nasional Kepariwisataan (Vol. 1, No. 1).
Yunantias, W., & Kusumawardhani, A. (2015). Analisis pengaruh kualitas layanan dan kepuasan konsumen terhadap minat kunjung pada obyek wisata pantai widuri di pemalang (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).
Mensah, I., & Mensah, R. D. (2018). Effects of service quality and customer satisfaction on repurchase intention in restaurants on University of Cape Coast campus. Journal of Tourism, Heritage & Services Marketing, 4(2), 27-36.
Muhajir, M. V., & Indarwati, T. A. (2021). The Effect of Corporate Social Responsibility (CSR), Food Quality, and Perceived Value on Repurchase Intention Through Custom er Satisfaction as Intervening Variables in The Pandemi Covid-19 Era (Study On" Chatime" Bubble Drink Products). Journal of Business and Behavioural Entrepreneurship, 5(1), 60-77.
Yulya, P. N., Dahliana, K., & Reni, Y. (2020). Pengaruh Service Quality, Food Quality Dan Word Of Mouth Communication Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Pelanggan Rumah Makan Lamun Ombak Khatib Sulaiman Padang) (Doctoral dissertation, Universitas Bung Hatta).
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i1.1503
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional