Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, Pertumbuhan Penjualan, Earning Per Share (EPS) dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020)
Sari
Investor menjadikan nilai perusahaan sebagai pedoman dalam pengambilan keputusan investasi. Oleh karena itu, perusahaan akan memaksimalkan kinerja keuangannya untuk membuat nilai perusahaan menjadi baik dan tinggi. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruhnya profitabilitas, struktur modal, pertumbuhan penjualan, earning per share serta ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor barang konsumsi yang tercantum pada BEI saat tahun 2016-2020. Populasi penelitian ini sejumlah 63 perusahaan yang tercatat pada sectoral consumer goods, dengan sampel berjumlah 8 perusahaan melalui teknik penentuan sampel purposive sampling. Pemakaian data adalah data sekunder, yaitu data annual report maupun fundamental perusahaan yang ada di aplikasi ipot pada perusahaan sektor barang konsumsi atau sectoral consumer goods. Metode penelitian adalah dengan pendekatan kuantitatif sedangkan jenis penelitiannya tergolong dalam asosiatif, dan memakai teknik menganalisis data yaitu regresi data panel. Berdasarkan hasil penelitian dalam uji t, didapatkan jika profitabilitas dan struktur modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Pertumbuhan penjualan dan Earning Per Share tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan. Uji F menunjukkan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan.
Kata Kunci: Earning Per Share (EPS), nilai perusahaan, pertumbuhan penjualan, profitabilitas, struktur modal, ukuran perusahaan.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Asiyah, B. N., Fahriani, F. Z., & Habib, M. A. (2021). Peran Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinas PMD) Kabupaten Tulungagunga dalam Meningkatkan Perekonomian Desa.
Azizah, S., & Priyadi, M. P. (2016). Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5(10), 1–20.
Cahyaningrum, Y. W., & Antikasari, T. W. (2017). Pengaruh Earning Per Share, Price to Book Value, Return on Asset, dan Return on Equity Terhadap Harga Saham Sektor Keuangan. Jurnal Economia, 13(2), 191–200. https://doi.org/10.21831/economia.v13i2.13961
Christiana, I., & Putri, L. P. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Price to Book Value. Jurnal Studi Akuntansi & Keuangan, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.5281/zenodo.1064186
Innafisah, L., Afifuddin, & Mawardi, M. C. (2019). Pengaruh Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratiov (PER) dan Dividend Payout Ratio (DPR) Terhadap Nilai Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2014-2017. E-JRA, 08(07), 37–52.
Irawan, D., & Kusuma, N. (2019). Pengaruh Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Aktual STIE Trisna Negara, 17(1), 66–81. https://doi.org/10.47232/aktual.v17i1.34
Kasmir. (2016). Pengantar Manajemen Keuangan (2nd ed.). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Kholis, N., Sumarmawati, E. D., & Mutmainah, H. (2018). Factors that influence value of the company faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 16(1), 19–25. https://doi.org/10.31603/bisnisekonomi.v16i1.2127
Kopong, B. A., Nawir, J., & Permadhy, Y. T. (2021). Analisis Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sub Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI. KORELASI: Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2(1), 636–647.
Limbong, D. T. S., & Chabachib, M. (2016). Analisis Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Penjualan dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Perusahaan Real Estate dan Properti yang Terdaftar di BEI Tahun 2010-2014). Diponegoro Journal of Management, 5(4), 1–14.
Maharani, D. (2021). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10(2).
Mayangsari, R. (2018). Pengaruh struktur modal, keputusan investasi, kepemilikan manajerial, dan komite audit terhadap nilai perusahaan aneka industri yang listing di bursa efek indonesia periode 2012-2016. Jurnal Ilmu Manajemen, 6(4), 477–485.
Mindra, S., & Erawati, T. (2014). Pengaruh Earning Per Share (EPS), Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2009-2011). Jurnal Akuntansi, 2(2), 10–22. https://doi.org/10.24964/ja.v2i2.31
Novitasari, R., & Krisnando. (2021). Pengaruh Struktur Modal , Pertumbuhan Perusahaan , dan Firm Size terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia ( BEI ) Periode 2017-2020. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen (JAM), 18(02), 71–81. https://doi.org/doi.org/10.36406/jam.v18i02.436
Nugraha, R. A. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Mirai Management, 5(2), 370–377. https://doi.org/10.37531/mirai.v5i2.62
Nuradawiyah, A., & Susilawati, S. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Indeks LQ45). Jurnal Akuntansi, 9(2), 218–232. https://doi.org/10.37932/ja.v9i2.154
Pantow, M. S. R., Murni, S., & Trang, I. (2015). Analisa Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Return on Asset, Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Yang Tercatat Di Indeks LQ 45. Jurnal EMBA, 3(1), 961–971.
Pranada, R. M., & Soekotjo, H. (2020). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Penjualan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Makanan Minuman. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 9(4), 1–17.
Prastuti, N. K. R., & Sudiartha, I. G. M. (2016). Pengaruh Struktur Modal, Kebijakan Dividen, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(3), 1572–1598.
Rahayu, V. S., Mustikowati, R. I., & Suroso, A. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di BEI periode 2015-2018). Journal Riset Mahasiswa Manajemen, 6(1), 1–5. https://doi.org/10.21067/jrmm.v6i1.4467
Ramdhonah, Z., Solikin, I., & Sari, M. (2019). Pengaruh Struktur Modal , Ukuran Perusahaan , Pertumbuhan Perusahaan , Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan ( Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2017 ). Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 7(1), 67–82. https://doi.org/10.17509/jrak.v7i1.15117
Romadhina, A. P., & Andhitiyara, R. (2021). Pengaruh Perencanaan Pajak, Pertumbuhan Penjualan, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 5(2), 358–366. https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i2.455
Safrida, E. (2017). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur Di Indonesia). Jumal Akuntansi Riset, 3(2). https://doi.org/10.17509/jaset.v3i2.8918
Santania, A., & Jonnardi. (2020). Pengaruh profitabilitas, likuiditas, dan solvabilitas terhadap nilai perusahaan. Jurnal Multiparadigma Akuntansi Tarumanagara, 2(2), 912–919. https://doi.org/10.24912/jpa.v2i2.7674
Simamora, F. T., Novita, H., & Cantona, Y. A. (2020). Pengaruh likuiditas, profitabilitas, solvabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan aneka industri di bursa efek indonesia. 4(3), 566–587. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss3.pp566-587
Sintyana, I. P. H., & Artini, L. G. S. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen, 8(2), 7717–7745. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v8.i2.p7
Siregar, L. H. (2020). Struktur Modal (1st ed.). Medan: Undhar Press.
Sukarya, I. P., & Baskara, I. G. K. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Sub Sektor Food and Beverages. E-Jurnal Manajemen, 8(1), 439. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i01.p16
Tunggal, C. A., & Ngatno. (2018). Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran dan Umur Perusahaan sebagai Variabel Moderator ( Studi Kasus Tahun 2014- 2016 ) pada Perusahaan Sub-Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(2), 1–16.
Widiantari, K. S., & Irawati, D. (2020). Pengaruh Earning Per Share, Struktur Modal Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Consumer Goods Sektor Food and Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 5(2), 91–101. https://doi.org/doi.org/10.38043/jiab.v5i2.2810
Zulfikar. (2016). Pengantar Pasar Modal dengan Pendekatan Statistika. Yogyakarta : Deepublish.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i2.1528
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional