Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Shopee
Sari
Abstrak
Dengan adanya perkembangan teknologi yang sangat pesat lifestyle pun lambat laun berubah. Salah satunya adalah berbelanja secara online melalui E – commerce. Shopee merupakan salah satu E – commerce dengan tingkat pengunjug tertinngi di Asia Tenggara pada tahun 2019. Hal itu disebabkan karena kemudahan penggunaan pada aplikasi E – commerce Shopee dan promosi yang dilakukan oleh E – Commerce Shopee
Penelitian ini digunakan untuk mengetahui bagaimana kemudahan penggunaan aplikasi dan promosi pada E – Commerce Shopee. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemudahan penggunaan aplikasi dan promosi terhadap keputusan pembelian pada E – Commerce Shopee baik secara parsial mapun secara simultan
Hasil penelitian menunjukan pada analisis deskriptif variabel kemudahan penggunaan aplikasi mendapatkan hasil sebesar 91,58% berada pada kategori sangat mudah, variabel promosi mendapatkan hasil sebesar 85,61% berada pada kategori sangat baik, variabel keputusan mendapatkan hasil 85,77% berada pada kategori sangat baik. Secara parsial kemudahan penggunaan aplikasi tidak berprngaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan promosi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan kemudahan penggunaan aplikasi dan promosi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci : Kemudahan Penggunaan Aplikas, Promosi, Keputusan Pembelian
Abstract
With the rapid development of technology, lifestyle is slowly changing. One of them is shopping online through E-commerce. Shopee is one of the E-commerce sites with the highest visitor rates in Southeast Asia in 2019. This is due to the ease of use of the Shopee E-commerce application and the promotions carried out by Shopee E-Commerce
This research is used to find out how easy it is to use applications and promotions on E-Commerce Shopee. The purpose of this study was to determine the effect of ease of use of applications and promotions on purchasing decisions at E-Commerce Shopee either partially or simultaneously.
The results showed that in the descriptive analysis of the application ease of use variables, 91,58% were in the verry easy category, the promotion variable 85,61% was in the verry good category, and the decision variable was 85,77% in the verry good category. Partially, the ease of use of the application does not have a significant effect on purchasing decisions, while promotions have a significant effect on purchasing decisions. Simultaneously the ease of use of applications and promotions significantly influence purchasing decisions.
Keywords: Ease of Use of Applications, Promotion, Purchase Decision
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdul Rahman Raka Aditia, M. W. (2020). 23Pengaruh Kualitas Produk terhadap KepuasanKonsumen Sepeda Motor NMAX pada PTYamaha A. RivaiPalembang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 23-37.
Aditya Krisna, A. F. (2021). Riset Populer Pemasaran Jilid 1. Indonesia : Media Sains Indonesia.
Ananda Rizki Aulia, A. L. (2017). Pengaruh City Branding “a Land of Harmony” Terhadap Minat Berkunjung Dan Keputusan Berkunjung Ke Puncak, Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) 1,2, 67-5.
Andrean Septa Yogananda, I. M. (2017). PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KEPERCAYAAN DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT UNTUK MENGGUNAKAN INSTRUMEN UANG ELEKTRONIK. DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 1-7.
Citra Ayu Anggraeni, A. W. (2017). ANALISIS FAKTOR KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR BEKAS PADA SHOWROOM CITRA MOTOR. e-Proceeding of Management, 1825-1830.
Dr. H. R. Zulki Zulkifli Noor, S. S. (2021). Manajemen Pemasaran Stratejik Dilengkapi Dengan Kasus-Kasus Dalam Bidang Bisnis Dan Sektor Publik Tahun 2016. Yogyakarta: Deepublish.
Dr. Muhammad Ramdhan, S. M. (2021). Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara.
Fenny Krisna Marpaung, M. W. (2021). PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN INDOMIE PADA PT. ALAMJAYA WIRASENTOSA KABANJAHE. JURNAL MANAJEMEN, 49-64.
Iprice.co.id. (2019). Daftar 50 Website & Aplikasi E-Commerce di Indonesia 2019. [online] Available at: https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/ [Accessed 19 Okt. 2021].
Maulana, Y. (2021, Januari 22). Gen Z dan Milenial Dominasi Jumlah Penduduk di Jawa Barat. Dipetik Oktober 19, 2021, dari detiknews: https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-5345181/gen-z-dan-milenial-dominasi-jumlah-penduduk-di-jawa-barat
Nia Safitri Dewi, R. E. (2018). PERFORMA KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA, PROMOSI, DAN GAYA HIDUP DALAM MEMPENGARUHI PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN ISOTONIK (STUDI KONSUMEN MINUMAN ISOTONIK DI KOTA SEMARANG). Prosiding SENDI_U, 710-716.
Pusparisa, Y. (2020, Oktober 16). Shopee, Penguasa E-Commerce Asia Tenggara. Dipetik Oktober 19, 2021, dari katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/10/16/shopee-penguasa-e-commerce-asia-tenggara
Putri Melinda, K. K. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI CERIAMART (Studi Kasus Ceriamart Semper Timur). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Jakarta Jakarta,, 1-17.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i2.1530
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional