Analisis Brand Image, Brand Awareness, Brand Experience, Brand Trust Terhadap Purchase Behavior Pada Konsumen E-Commerce

Cindy Ng, Suyono Saputra

Sari


Abstrak

Pengalaman dalam melakukan pembelian akan menimbulkan brand trust, brand awereness dan brand image dapat mempengaruhi purchase behavior atau perilaku pembelian. Hal tersebut sangatlah penting bagi perusahaan untuk dapat terus memberikan pengalaman kepuasan bagi konsumen sehingga menjadi salah satu kunci utama bagi perusahaan untuk mempertahankan keunggulan kompetitif bagi business competitor dan profit bagi perusahaan terutama di kota Batam. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand image, brand awareness, brand experienve, brand trust terhadap purchase behavior pada konsumen e-commerce di Batam. Brand experience digunakan sebagai variabel intervening dari variabel lainnya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data diambil dengan kuisioner menggunakan skala likert. Teknik analisis data dengan metode SEM-PLS. Sample pada penelitian ini adalah pengguna e-commerce di Batam sejumlah 150 responden. Hasil menunjukkan bahwa brand image, brand awareness, brand experience, dan brand trust memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap purchase behavior. Kemudian brand image terhadap purchase behavior melalui brand experience tidak memiliki pengaruh yang signifikan.

 

Kata Kunci: Brand Image, Brand Awareness, Brand Experience, Brand Trust, Purchase Behavior


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Mahkota, A. P., Suyadi, I., & Riyadi. (2014). PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KENYAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE (Studi Pada Pelanggan Website Ride Inc). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|, 8(2), 305–306.

Chen, Y. S., Huang, A. F., Wang, T. Y., & Chen, Y. R. (2020). Greenwash and green purchase behaviour: the mediation of green brand image and green brand loyalty. Total Quality Management and Business Excellence, 31(1–2), 194–209. https://doi.org/10.1080/14783363.2018.1426450

Kim, R. B., & Chao, Y. (2019). Effects of brand experience, brand image and brand trust on brand building process: The case of chinese millennial generation consumers. Journal of International Studies, 12(3), 9–21. https://doi.org/10.14254/2071-8330.2019/12-3/1

Pappu, R., & Quester, P. G. (2016). How does brand innovativeness affect brand loyalty? European Journal of Marketing. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/EJM-01-2014-0020

Venessa, I., & Arifin, Z. (2017). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Harga terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Tahun Angkatan 2013/2014 dan 2014/2015 Pengguna Kartu Pra-B. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 51(1), 44–48.

Laoviwat, P., Suppapanya, P., & Yousapronpaiboon, K. (2014). A Study of Demographics Influencing on Consumer Behavior and Attitude towards Brand Equity of Optical Business in Thailand. International Journal of Trade, Economics and Finance, 5(4), 347–350. https://doi.org/10.7763/ijtef.2014.v5.395

Kim, M. S., Shin, D. J., & Koo, D. W. (2018). The influence of perceived service fairness on brand trust, brand experience and brand citizenship behavior. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 30(7), 2603–2621. https://doi.org/10.1108/IJCHM-06-2017-0355

Alif Fianto, A. Y., Hadiwidjojo, D., Aisjah, S., & Solimun, S. (2014). The Influence of Brand Image on Purchase Behaviour Through Brand Trust. Business Management and Strategy, 5(2), 58. https://doi.org/10.5296/bms.v5i2.6003




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i2.1544

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter