Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Avoskin

Dinka Wardah Robi'ah, Medi Nopiana

Sari


Abstrak

Semakin berkembangnya bisnis skincare pada saat ini menjadikan tingkat persaingan usaha dalam bidang skincare semakin ketat, terutama pada merek skincare lokal avoskin. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi harga (X1) dan kualitas produk (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) produk skincare avoskin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dan verifikatif. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner yang disebarkan kepada responden serta menggunakan data sekunder yang diperoleh dari internet research dan studi kepustakaan yang berkaitan dengan topik pada penelitian ini. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu followers media sosial avoskin dengan jumlah sampel yaitu sebanyak 104 responden. Pada penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dengan random sampling. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan alat bantu software IBM SPSS Statistics 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan persepsi harga dan kualitas produk terdapat pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, secara parsial persepsi harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

 

Kata Kunci: Perpepsi Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian.

 

Abstract

The development of the skincare business at this time makes the level of business competition in the skincare field increasingly tight, especially for the local skincare brand Avoskin. This study aims to examine the effect of perceived price (X1) and product quality (X2) on purchasing decisions (Y) for Avoskin skincare products. The method used in this research is descriptive and verification methods. This study uses primary data obtained from questionnaires distributed to respondents and uses secondary data obtained from internet research and literature studies related to the topic in this study. The population used in this study is avoskin social media followers with a total sample of 104 respondents. In this study using probability sampling technique with random sampling. The data analysis technique in this study uses multiple linear regression analysis using the IBM SPSS Statistics 21 software tool. The results of this study indicate that simultaneously price perception and product quality have a significant effect on purchasing decisions, partially price perceptions have no significant effect on purchasing decisions. and product quality have a significant effect on purchasing decisions.

Keywords: Price Perception, Product Quality, Buying Decision.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astuti, R., & Abdullah, I. (2017). Laporan Akhir Penelitian Dosen Pemula. Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Di Usaha Mikro Kecil Menengah.

Compas.co.id. (n.d.). 10 Brand Skincare Lokal Terlaris di Online Marketplace. Compas.Co.Id. https://compas.co.id/article/brand-skincare-lokal-terlaris/

Kanuk, S., & Suryani, D. (2013). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga, Kualitas Produk, Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Kontan.co.id. (n.d.). Pasar produk perwatan kulit punya potensi berkembang. Kontan.Co.Id. https://amp-kontan-coid.cdn.ampproject.org/v/s/amp.kontan.co.id/news/pasar-produk-perawatan-kulit-punya-potensi-berkembang?

Mediaindonesia.com. (n.d.). Indonesia, pasar potensial untuk produk perawatan kulit. Mediaindonesia.Com. https://m.mediaindonesia.com/humaniora/263774/indonesia-pasar-potensial-untuk-produk-perawatan-kulit

Ruth, A., Sukaatmadja, I. P. G., & Cahaya, ketut nur. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan, Produk, dan Kewajaran Harga Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Pada LnC Skin Care Singaraja. Ejurnal.Itats.Ac.Id.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i1.1545

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter