Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terdahap Loyalitas Pelanggan
Sari
Abstrak
Perkembangan bisnis di pasar global semakin meningkat, membuat persaingan di antara pelaku usaha juga semakin ketat. Di satu sisi, denga pasar global memperluas pasar produk, di sisi lain keadaan tersebut menimbulkan persaingan yang semakin tajam, dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih membuat kesadaran bagi produsen untuk dapat memanfaatkan peluang bisnis potensial bagi perusahaan. Salah satu fenomena perubahan besar terjadi yang cukup menarik muncul dari moderitas masyarakat kota saat ini adalah aktivitas masyarakat dalam berbelanja baik untuk kebutuhan konsumsi ( ketubuhan primer) maupun kebutuhan lainnya (kebutuhan sekunder). Dalam bisnis ritel, Manajemen PT. Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) penting untuk memanfaatkan dan guna memperkuat tiga variabel diatas jelas akan membawa adanya perbedaan antara promosi dan pelayanan yang ada, preferensi dan loyalitas pelayanan yang dapat membawa perubahan pangsa pasar lebih besar, terlebih aktivitas perusahaan hubungan langsung dengan kebutuhan masyarakat dimana tingkat pesaing sangat tinggi. secara parsial bahwa variabel Promosi memiliki pengaruh negative terhadap kepuasan pelanggan-0,92 > 1,98 dan nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 dengan kontribusi pengaruh besar Kualitas pelayanan juga sama berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan kontribusi pengaruh besar. Kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan sebesar 0,378 > 1,98 dan nilai signifiskan lebih > 706 dengan kontribusi pengaruh besar kualitas pelayanan juga sama berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Secara simultan dengan variabel promosi dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan senilai 0,91 < 2,68.
Kata Kunci: Promosi, Kualitas, Pelanggan
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Swasth, Basu, Dh., dan Hani Handoko, 1987 Manajemen Pemasaran & loyalitas pelanggan.
Sugiono. 2014 MetodePeneltianBisni,Bandung Alfabeta.
Tjoptono, Fandy, Dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaranstrategik Yogyakarta: andi
Suryani, Tatik 2008, PerilakuKonsumenImplikasipadadtrategiPemasaran.Yogyakarta: Graha ilmu.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i1.1551
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional