Hubungan Antara Electonic (E-Channel) Dengan Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Rakyat Indonesia KC Karawang

Riri Juliyani, Abdul Yusuf

Sari


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Electronic (E-Channel) Dengan Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Rakyat Indonesia KC Karawang. Teori Kepuasan Nasabah yang dikemukan oleh Handi Irawan (2015). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan yang bersifat asosiatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 120 responden nasabah Bank Rakyat Indonesia KC Karawang dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang harus diisi oleh responden. Pengukuran e-Channel menggunakan  e-channel (Salhieh et al., 2011) dan pengukuran kepuasan nasabah menggunakan Test For Linearity. Analisa penelitian ini berjenis deskriptif korelasional. Hasil penelitian ini menunjuka adanya hubungan antara e-channel dengan kepuasan nasabah pada Bank Rakyat Indonesia KC Karawang dengan nilai 5,040>1,985 dan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 maka dapat disimpulkan variabel e-channel berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan nasabah. hal ini menunjukan bahwa adanya korelasi positif yang tergolong sedang, yang berarti bahwa semakin tinggi e-channel maka semakin tinggi kepuasan nasabah.

Kata Kunci: E-channel, Kepuasan Nasabah dan Bank BRI

Abstract

This study aims to determine the relationship between Electronic (E-Channel) and Customer Satisfaction at PT. Bank Rakyat Indonesia KC Karawang. The Customer Satisfaction Theory proposed by Handi Irawan (2015). The method used in this study is a quantitative method with an associative approach. The sample in this study amounted to 120 respondents from Bank Rakyat Indonesia KC Karawang customers with data collection techniques using questionnaires that must be filled out by respondents. Measurement of e-Channel using e-channel (Salhieh et al., 2011) and measuring customer satisfaction using Test For Linearity. The analysis of this research is a descriptive correlational type. The results of this study indicate that there is a relationship between e-channel and customer satisfaction at Bank Rakyat Indonesia KC Karawang with a value of 5.040> 1.985 and a significance value of 0.00 <0.05, it can be concluded that the e-channel variable has a significant effect on customer satisfaction variables. this shows that there is a positive correlation that is classified as moderate, which means that the higher the e-channel, the higher the customer satisfaction.

 

Keywords: E-channel, Customer Satisfaction and BRI Bank


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


tetty Yuliaty. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan Internet Banking Dan Brand Equity Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Syariah Mandiri Kcp Medan Aksara. Jurnal Manajemen & Bisnis, 14(02), 1693–7619.

Rofika, I., Pascasarjana, P., Studi, P., Publik, A., Puangrimaggalatung, U., Studi, P., Publik, A., & Puangrimaggalatung, U. (2021). Pengaruh Layanan E-Channel terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Negara Indonesia Kantor Cabang Pembantu Watansoppeng. 2(2), 735–744.

Tumbuan, W., Kawet, L., & Pontoh, M. (2014). Kualitas Layanan, Citra Perusahaan Dan Kepercayaan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Bri Cabang Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 285–297.

Nurhidayati, M., & Cahyani, N. K. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan dan Loyalitas Pengguna E-Channel pada Nasabah BSI KCP Ponorogo. Etihad: Journal of Islamic Banking and Finance, 1(2), 146–157.

Ramaditya, M., & Wuryaningsih, R. (2018). Analisis Pengaruh Aplikasi Echannel dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 14(2), 61–78.

Febriyanti, W., & Widiyati, S. (2019). Analisis Kepuasan Nasabah Atas Kualitas Layanan Internet Banking Pada Pt Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Banyumanik Semarang. Keunis, 7(1), 91.

Hartuti, E. T. K., Khoir, A., & Yusuf, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pt. Bank Bri Cabang Bintaro. Jurnal Ekonomi Efektif, 3(1), 77–83.

Dewi., P. (2019). Pengaruh Simpanan Giro Dan Simpanan Tabungan Terhadap Penyaluran Dana Pada PT. (Persero) Bank Rakyat Indonesia Cabang Rengat. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7, 2302–9315.

Marlius, D., & Putriani, I. (2020). Kepuasan Nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Tapan Cabang Painan Dilihat dari Kualitas Layanan Customer Service. Jurnal Pundi, 3(2), 111.

Radian Ujianugraha. Perkembangan Transaksi E-Channel di Bank Rakyat Indonesia(online). http://blog.pasca.gunadarma.ac.id/2013/01/08/perkembangan-transaksi-e-channel-di-bank-rakyat-indonesia/. Diakses Senin, 06 November 2017

Website Resmi Bank Indonesia. www.bi.go.id. Diakses Rabu. 7 Februari 2018.

Website Resmi Otoritas Jasa Keuangan. www.ojk.go.id. Diakses Rabu. 7 Februari 2018.

Eny Kustiyah, Dewi Wahyuningsih. Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Transaksi E-Banking Pada Bank Negara Indonesia Slamet Riyadi Solo. Jurnal GEMA, th. XXVII/49/Agustus 2014-Januari 2015. Solo: Universitas Islam Batik Surakarta, 2015.

Ahmad Nurul Huda, Sri Wahyuni. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Internet Banking dan Tingkat Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Pembantu Jamsostek Jakarta. Jurnal Business & Management Review.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i1.1569

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter