Analisis Persepsi Manajer Atas Informasi Akuntansi Keuangan Terhadap Keberhasilan Perusahaan Kecil

Suriyadi Nur

Sari


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi manajer atas informasi akuntansi keuangan terhadap keberhasilan perusahaan kecil di Kotamobagu Sulawesi Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah 40 perusahaan kecil yang bergerak dibidang industri makanan, dimana pengambilan sampel dilakukan secara sensus yaitu semua anggota populasi dijadikan sampel. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan melalui observasi ke perusahaan, melakukan wawancara dan membagikan kuesioner. Adapun metode analisis yang digunakan adalah metode penelitian analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi manajer mengenai perhatian, pemahaman dan ingatan atas informasi akuntansi keuangan memiliki peranan penting terhadap keberhasilan usaha kecil di Kotamobagu Sulawesi Utara. Meskipun responden tingkat pendidikannya masih rendah yang ditandai dengan lemahnya responden dalam mengingat prinsip-prinsip akuntansi atau SAK sangat kurang sekali namun manajer dapat memikirkan dan memperhatikan kelangsungan hidup dan perkembangan perusahaan yang dikelolanya, yang berarti bahwa semakin baik persepsi yang dimiliki seorang manajer atas informasi akuntansi keuangan maka dapat menunjang atau meningkatkan keberhasilan mengelola usahanya.

 

Kata Kunci: persepsi manajer; informasi akuntansi; keberhasilan perusahaan.

 

Abstract

This study aims to analyze managers' perceptions of financial accounting information on the success of small companies in Kotamobagu, North Sulawesi. The population in this study were 40 small companies engaged in the food industry, where sampling was carried out by census, namely all members of the population were sampled. The type of data used in this study is primary data collected through observations to companies, conducting interviews and distributing questionnaires. The analytical method used is descriptive analysis research method. The results show that managers' perceptions of attention, understanding and memory of financial accounting information have an important role in the success of small businesses in Kotamobagu, North Sulawesi. Even though the respondent's education level is still low, which is indicated by the weakness of respondents in remembering accounting principles or SAK, managers can think about and pay attention to the survival and development of the company they manage, which means that the better the perception that a manager has of financial accounting information. it can support or increase the success of managing its business.

 

Keywords: manager's perception; financial accounting information; company success


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anugerah, W. H., Tjandrakirana Dp, R., & Aryanto, A. (2018). Pengaruh Persepsi Dan Penggunaan Informasi Akuntansi Terhadap Keberhasilan Usaha Kecil Dan Menengah Di Kota Pangkalpinang. Sriwijaya University.

Ariono, I., & Sugiyanto, B. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Atas Informasi Akuntansi Keuangan Serta Keberhasilan Dalam Mengelola Perusahan Kecil Dan Menengah (Studi Empiris Pada Umkm Industri Makanan Di Wonosobo). Journal Of Economic, Management, Accounting And Technology, 1(1), 91–104.

Bahari, M. S., Malikah, A., & Mahsuni, A. W. (2020). Persepsi Manajer Atas Informasi Akuntansi Keuangan Dan Pengaruhnya Pada Keberhasilan Mengelola Umkm Di Malang. Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 9(04).

Dewintara, Y., Linawati, L., & Suhardi, S. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Pengusaha Kecil Dan Menengah Atas Penggunaan Informasi Akuntansi (Studi Pada Pengusaha Gethuk Pisang Di Kota Kediri). Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 6(1), 1109–1115.

Firdaus, M. D. (2016). Pengaruh Komitmen Organisasi Karyawan Dan Pengetahuan Manajer Terhadap Keberhasilan Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Pada Perusahaan Perbankan Di Kota Makassar. 4(1), 1–23.

Lestari, N. A., & Rustiana, S. H. (2019). Pengaruh Persepsi Owner Dan Pengetahuan Akuntansi Dalam Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Di Pamulang. Baskara: Journal Of Business And Entrepreneurship, 1(2), 67–80.

Linda, W. (2015). Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Pengusaha Kecil Atas Informasi Akuntansi Keuangan Terhadap Keberhasilan Perusahaan.

Masyhad. (2013). Analisis Pengaruh Persepsi Manajer Atas Informasi Akuntansi Terhadap Keberhasilan Perusahaan Kecil Di Kawasan Sidoarjo. 3(1), 21–34.

Meranti. (2015). “Pengaruh Pendidikan Manajer Dan Skala Usaha Terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Pada Usaha Mikro, Kecil, Menengah Dan Tinjauannya Dari Sudut Pandang Islam.” Ii(2017), 1–15.

Nirwana, A., & Purnama, D. (2019). Pengaruh Jenjang Pendidikan, Skala Usaha Dan Lama Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Umkm Di Kecamatan Ciawigebang. Jurnal Riset Keuangan Dan Akuntansi, 5(1), 55–65. Https://Doi.Org/10.25134/Jrka.V5i1.1881

Purwanti, I., & Hudiwinarsih, G. (2012). Persepsi Manajer Atas Informasi Akuntansi Keuangan Dan Pengaruhnya Pada Keberhasilan Mengelola Perusahaan Kecil Dan Menengah Di Surabaya. The Indonesian Accounting Review, 1(01), 11. Https://Doi.Org/10.14414/Tiar.V2i01.314

Riadi, R. (2020). Pengaruh Pengalaman Usaha Terhadap Pengembangan Usaha Dan Penggunaan Informasi Akuntansi Sebagai Variabel Intervening (Kajian Empiris Pelaku Usaha Kecil Dan Menengah Di Medan Utara). Jurnal Penelitian Medan Agama, 11(1).

Rini, A. D. (2016). Relevansi Sikap Dan Pengalaman Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Muda Dalam Pemahaman Akuntansi Dan Pengaruhnya Terhadap Keberhasilan Bisnis.

Rini, A. D., & Laturette, K. (2016). Relevansi Sikap Berakuntansi Pelaku Umkm Muda Dan Penggunaan Informasi Akuntansi Terhadap Keberhasilan Usaha. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 12(2), 85–93.

Rini, A. D., & Laturette, K. (2019). Relevansi Sikap Berakuntansi Pelaku Umkm Muda Dan Penggunaan Informasi Akuntansi Terhadap Keberhasilan Usaha. Jurnal Akuntansi Aktual, 3(3), 199–206.

Setiawan, A. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Persepsi Usaha Kecil Menengah Atas Penggunaan Informasi Akuntansi. Stie Indonesia Banjarmasin.

Sunaryo, D., Dadang, D., & Erdawati, L. (2021). Pengaruh Persepsi Pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Tentang Akuntansi, Pengetahuan Akuntansi, Dan Skala Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi. Competitive Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 5(1), 47–56.

Utami, H. T. (2018). Pengaruh Pengetahuan Pemilik, Skala Usaha, Dan Umur Usaha Terhadap Keberhasilan Kinerja Usaha Dengan Penggunaan Informasi Akuntansi Sebagai Variabel Moderasi (Survei Pada Pemilik Usaha Ukm Makanan Khas Di Kabupaten Banyumas). El-Jizya: Jurnal Ekonomi Islam, 6(1), 23–48.

Wibowo, A., & Kurniawati, E. P. (2015). Pengaruh Penggunaan Informasi Akuntansi Terhadap Keberhasilan Usaha Kecil Menengah (Studi Pada Sentra Konveksi Di Kecamatan Tingkir Kota Salatiga). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 18(2), 107–126.

Widarni, E. L. (2015). Persepsi Manajer Perusahaan Atas Informasi Keuangan Di Koperasi Pedagang Pasar Citra Kartini Senggreng Kecamatan Sumber Pucung Kabupaten Malang. Jurnal Bisnis Indonesia, 5(2), 91.

Yudistira, A. (2011). Pengaruh Persepsi Manajer Atas Informasi Akuntansi Keuangan Terhadap Keberhasilan Perusahaan Di Lingkungan Industri Kecil Pandai Sikek.

Yulianthi, A. D., & Susyarini, N. P. W. A. (2017). Pengaruh Penggunaan Informasi Akuntansi Terhadap Keberhasilan Usaha Jasa Penginapan Bertaraf Kecil. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 13(3), 176–185.

Zulia Hanum, S. E. (2015). Pengaruh Persepsi Pengusaha Kecil Atas Informasi Akuntansi Keuangan Terhadap Keberhasilan Perusahaan (Survei Pada Usaha-Usaha Kecil Di Kota Medan). Kumpulan Jurnal Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 1(2).




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i3.1622

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter