Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Layanan ShopeeFood
Sari
Abstrak
Perkembangan internet di Indonesia dapat dikatakan sangat begitu pesat dari waktu ke waktu. Salah satu manfaat dari kemajuan internet yang dirasakan oleh masyarakat saat ini adalah adanya digitalisasi. Hal ini disebabkan karna adanya penggunaan yang praktis sehingga mempermudah dalam melakukan segaka hal. Teknologi yang semakin berkembang dari hari ke hari membuat pola hidup masyarakat pun menjadi dinamis atau berubah-ubah. Salah satunya yakni pola mengkonsumsi makanan. Jika dulu masyarakat melakukan transaksi secara tatap muka termasuk membeli makanan, maka kini semuanya dapat dilakukan dengan berdiam dirumah saja sambal memesan melalui smartphone dan aplikasi. Layanan ShopeeFood menjadi salah satu layanan pesan-antar makanan secara online yang realitanya masih mendapatkan banyak keluhan dari pelanggan di berbagai media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh e-service quality terhadap kepuasan pelanggan pada layanan ShopeeFood. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik sampling menggunakan Teknik nonprobability sampling dengan tipe sampling incidental/accidental sampling yang melibatkan 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil analisis deskriptif variable e-service quality dan kepuasan pelanggan secara keseluruhan pada kategori baik. Besarnya pengaruh e-service quality dan kepuasan pelanggan sebesar 69,7% dan sisanya 30,3% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Secara simultan dimensi-dimensi pada variabel e-service quality berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada layanan ShopeeFood.
Kata Kunci: ShopeeFood, E-Service Quality, Kepuasan Pelanggan.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Jayani, D. H. (2019, September 26). Rata-Rata Metode Memesan Makanan Siap Santap Selama Seminggu. Retrieved from databoks katadata: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/09/26/pemesanan-makanan-secara-online-makin-digemari
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i2.1626
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional