Tinjauan Hukum Ekonomi Islam Tentang Penetapan Harga Dalam Jual Beli Liquified Petroleum Gas Di Kota Pare-pare

Andi Masniah

Sari


Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui Sistem Penetapan Harga Jual Beli Liquified Petroleum Gas di Kota Parepare serta mengetahui Tinjauan Hukum Ekonomi Islam Tentang Penetapan Harga Dalam Jual Beli Liquified Petroleum Gas di Kota Parepare. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam menganalisis data pada umumnya adalah metode deduktif dan induktif. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah Penetapan harga jual beli Liquified Petroleum Gas sudah ditetapkan oleh pemerintah dalam hal ini harga yang telah ditetapkan tidak boleh di ubah-ubah, akan tetapi dalam hal ini hanya pengecer yang melanggar harga penetapan jual beli gas yang telah ditetapkan dengan tujuan ingin memperoleh keuntungan dalam memanfaatkan situasi seperti pada saat  kelangkaan penjualan tabung gas dari agen, menurut pengecer alasan dari meninggikan harga yaitu pada saat kelangkaan gas disini pengecer keliling untuk mencari tabung gas untuk dijual kembali tapi bukan dengan harga yang sudah ditetapkan dengan dalih menutupi kerugiannya pada saat mencari tabung gas dalam situasi kelangkaan tabung gas dan dalam hal tinjauan hukum ekonomi islam tentang penetapan harga jual beli Liquified Petroleum Gas ialah jika dilihat dari segi tinjauan hukum ekonomi islamnya ini berlandaskan ayat tentang larangan riba, sehingga dalam hal harga tidak boleh mengandung unsur riba akan tetapi dalam penelitian ini masih ada riba dalam penjualan tabung gas dalam hal ini pelaku riba ialah pengecer.

Kata Kunci: Penetapan Harga, Jual Beli, Tinjauan Hukum Ekonomi Islam

 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-Qur’an Al-Karim

Adlina Durrah Dinda. 2018. Pemenuhan Hak Konsumen Atas Harga Wajar Dalam Penyaluran LPG 3 kg di Kelurahan Tlogo Kecamatan Prambanan, Skripsi Sarjana; Jurusan Ilmu Hukum: Yogyakarta.

Ahmad Sabarudin. 2020. Transformasi Hukum Pembuktian Perkawinan Dalam Islam, Surabaya: Airlangga University Press.

Boediman, S. F., Hendriarto, P., Satmoko, N. D., Sulistiyani, S., & Sani, A. (2021). The Relevance of Using Social Media Applications Strategies to Increase Marketing Potential of Indonesian Maritime Tourism (Analytical Study of Tourism Journals and Online Marketing). Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(4), 8791-8799.

Departemen Agama RI. 2012. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Surabaya:CV Penerbit Fajar Mulya.

Effendy Wirawan Saladdin. 2016. Analisis Usaha Bisnis Distribusi Gas LPG 3 Kg (Studi Kasus Kota Palembang, Skripsi Sarjana; STIM Amkop Palembang: Palembang.

Emzir.2012. Analisis Data Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rajawali pers.

Ghazaly Rahman Abdul, dkk. 2010. Fiqh Muamalat, Cet 1, Jakarta: Kencana.

Harun. 2017. Fiqh Muamalah, Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Karim A Adimarwan. Ekonomi Mikro Islam.

M Tatang. 1990. Menyusun Rencana Penelitian, Jakarta: Rajawali.

Mardani. 2013. Hukum Perikatan Syariah di Indonesia, Cet. 1, Jakarta: Sinar Grafika.

Maula Rahmatil. 2020. Implementasi Maqasihd Syariah Terhadap Penaikan Harga Jual Gas LPG Melebihi Batas Harga Pemerintah, (Studi Kasus di Desa Sawamulya Kecamatan Sangkapura Pulau Bawean Kabupaten Gresik, Jurnal Discovery, Vol.5 No.2, Oktober.

Mufid Moh. 2018. Ushul Fiqh Ekonomi dan Keuangan Kontemporer Dari Teori ke Aplikasi, Jakarta:Prenadamedia Group.

Nasir M. 1995. Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nur Wahid. 2019. Multi Akad Dalam Lembaga Keuangan Syariah, Cet.1, Yogyakarta: CV Budi Utama.

Nurhasnah. 2020. Analisis Maslahat Terhadap Praktik Penetapan Harga Eceran Tertinggi LPG 3 Kg di Panca Lautan Kabupaten Sidrap (Jurnal Syariah dan Hukum, Vol.18 No.1, Juli.

Olajuwon Aziz Abdul. 2019. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Akad Kerjasama di Pangkalan LPG 3 KG Pertamina Region IV Gas Domestik Ponorogo, Skripsi Sarjana; Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah: Ponorogo.

Raco R J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: PTGramedia Widiasarana Indonesia.

Rukayat Ajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitatuve Research Approach), Cet. I, Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sani, A., & Hafidah, A. (2020). PENGARUH SHOPPING LIFE STYLE DAN FASHION INVOLVMENT TERADAP IMPULSE BUYING BEHEVIOR MASYARAKAT HIGH INCOME MAKASSAR. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 20(3), 231-238.

Shahih Bukhari Muslim. 2017. Cet. 1, Jakarta : PT Gramedia.

Shinta Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran, Malang: Universitas Brawijaya Press.

Soemitra Andri. 2019. Hukum Ekonomi Syariah dan Fiqh Muamalah di Lembaga Keuangan dan Bisnis Kontemporer, Cet.1, Prenadamedia Group: Jakarta Timur.

Supriatna Yuda, dkk. 2015. Induksi Manajemen Pemasaran, Jakarta: Rajawali Pers.

Syarifuddin Amir. 2011. Ushul Fiqhi, Cet.5, Jakarta: Prenada Media Group.

Tika Prabundu Muhammad. 2006. Metodologi Riset Bisnis, Jakarta: Bumi akasara.

Tim Studi Guru. 2015. Lulus UN (Ujian Nasional) Tanpa Mengulang SMA/MA IPA 2016 (Cet.1, Yogyakarta: Indonesia Tera,

Triyono Aris, Warnadi. 2019. Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: Cv. Budi Utama.

https://katadata.co.id/telaah/2020/01/23/pro-kontra-rencana-kenaikan-harga-elpiji-3-kilogram




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i1.1630

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter