Pengaruh Pendapatan Koperasi dan Pengawasan Terhadap Kesejahteraan Anggota Koperasi IWAPI Maju Bersama Kota Manado.

Harlina Legi

Sari


Perkembangan  bisnis  di  pasar  global  semakin  meningkat,  membuat persaingan di antara pelaku usaha juga semakin ketat. Di satu sisi, denga pasar global memperluas pasar produk, di sisi lain keadaan tersebut menimbulkan persaingan yang semakin tajam, dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih membuat kesadaran bagi produsen untuk dapat memanfaatkan peluang bisnis potensial bagi perusahaan. Salah satu fenomena perubahan besar terjadi yang cukup menarik muncul dari moderitas masyarakat kota saat ini adalah aktivitas masyarakat dalam berbelanja baik untuk kebutuhan konsumsi ( ketubuhan primer) maupun kebutuhan lainnya (kebutuhan sekunder). Dalam bisnis ritel, Manajemen PT. Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) penting untuk memanfaatkan dan guna memperkuat tiga variabel diatas jelas akan membawa adanya perbedaan antara promosi dan pelayanan yang ada, preferensi dan loyalitas pelayanan yang dapat membawa  perubahan  pangsa  pasar  lebih  besar,  terlebih  aktivitas  perusahaan hubungan langsung dengan kebutuhan masyarakat dimana tingkat pesaing sangat tinggi. secara parsial  bahwa variabel Promosi memiliki pengaruh negative  terhadap kepuasan pelanggan-0,92 > 1,98 dan nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 dengan kontribusi pengaruh besar Kualitas pelayanan juga sama berpengaruh  terhadap kepuasan pelanggan dengan kontribusi pengaruh besar.   Kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan sebesar 0,378 > 1,98  dan nilai signifiskan lebih > 706 dengan kontribusi pengaruh besar kualitas pelayanan juga sama berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.  Secara simultan dengan variabel promosi dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan senilai 0,91 < 2,68.

 

Kata Kunci: Pendapatan, Pengawasan dan Kesejahteraan Anggota

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi, 2013, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Paktek, PT Rineka Cipta, Jakarta

Arifin Saitio , 2001, Teori, Dan Praktik,,Jakarta : PT. Gelora Aksara Pratama, 2001

Budi, Susetyo,2012, Statistika Untuk Analisis Data Penelitian,PT Refika Aditama, Bandung

Hendar dan Kusnadi,2002 ) Ekonomi Koperasi Untuk Perguruan Tinggi , Lembaga

Penerbit FE-UI, Jakarta

Kusnadi, 2000, Akuntansi Keuangan Menengah, Prinsip Prosedur dan Metode, Edisi keduapuluhsatu, SalembaEmpat, Jakarta

Muhammad Firdaus, 2002 Perkoperasian Sejarah, Teori, Dan Praktek , Ghalia Indonesia, Bandung

Panji Anoraga, 2001, Koperasi , Teori dan Praktek, PT Gelora Aksara Pratama, Jakarta

Riadi, Edi, 2016, Statistika Penelitian, (Analisis Manual dan IBM SPSS) Yogyakarta : Andi Offfset

Ritongga dkk, 2003, Pelajaran Ekonomi , Jakarta : PT. Gelora Aksara,

Soeradjiman, 2000, Koperasi Dalam Teori Dan Praktek ,: Dekopin, Jakarta,

Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D, Alfa Beta, Bandung

Wiratna, Sujarweni, 2015, Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi, Pustakabarupress,Yogyakarta

(http://kementeriankoperasi.com/pembagian sisa hasil usaha koperasi/diakses 1 mei 2017).




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i1.1644

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter