Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepercayaan dimediasi Tingkat Kepuasan Konsumen pada PT. Japfa Comfeed Indonesia, TBK Cabang Makassar

Sundari Rahman P

Sari


Abstrak

Pengaruh kualitas layanan terhadap kepercayaan dimediasi tingkat kepuasan konsumen pada PT. Japfa Comfeed Indonesia, Tbk cabang Makassar. Tesis Program Pascasarjana Magister Manajemen, konsentrasi Manajemen Pemasaran STIEM Bongaya Makassar (dibimbing oleh H. Syamsul Ridjal dan Suwardi Annas ). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Untuk menganalis pengaruh Kualitas Layanan terhadap tingkat konsumen pada PT Japfa Comfeed Indonesia, Tbk cabang Makassar dan pengaruh Kualitas layanan terhadap kepercayaan konsumen melalui kepuasan konsumen pada PT Japfa Comfeed Indonesia, Tbk cabang Makassar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang di lakukan di kota Makassar dan Sidrap selama Dua bulan. Sumber data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dengan mengumpulkan file data yang berkaitan dan, data primer yang diperoleh dari kuesioner dengan teknik Purposive Sampling yang digunakan dalam penentuan sampel. Populasi pada objek penelitian tidak di ketahui dan jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 30 orang sebagai responden.  Hasil kuesioner yang di peroleh dari responden telah diuji instrumen yang terdiri dari uji validitas dan uji releabilitas, serta uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolonieritas dan uji heteroskedastisitas. Metode analisis data yang digunakan adalah path analysis dengan bantuan program spss. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan terhadap kepercayaan konsumen secara langsung memiliki berpengaruh positif dan signifikan. Kualitas layanan terhadap kepercayaan tidak dapat dimediasi oleh kepuasan konsumen pada PT Japfa Comfeed Indonesia.

Kata Kunci: Kualitas layanan, kepuasan, dan kepercayaan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abd. Rahman. Kadir (2012). Manajemen Pemasaran Jasa: Pendekatan Integratif antara Teori dan Implementasi. PT IPB Press. Taman Kencana Bogor.

Abili, K., Thani, F. N., & Afarinandehbin, M. (2012). Measuring university service quality by means of SERVQUAL method. Asian Journal on Quality, 13(3), 204 – 211.

Alfi Syahri Lubis dan Nur Rahmah Andayani, (2017). Pengaruh kualitas pelayanan (service quality) terhadap kepuasan pelanggan pt. Sucofindo batam. Journal of Business Administration Vol 1, No 2, September 2017, hlm. 232-243. e-ISSN:2548-9909.

Asriel Azis.2016. Pengaruh kualitas layanan terhadap kepercayaan dan loyalitas konsumen (studi kasus pada pengguna jasa pengiriman paket PT. POS Indonesia (persero). Skripsi. Universitas negeri Yogyakarta.

Bakti, I. G. M. Y., & Sumaedi, S. (2013). An analysis of library customer loyalty The role of service quality and customer. Library Management, 34(6), 397–414.

Baumann, C., Elliott, G., & Burton, S. (2012). Modeling customer satisfaction and loyalty : survey data versus data mining. Journal of Services Marketing, 26(3), 148–157.

Berry, 1995: Morgan and Hunt, 1994; Garbarino dan Johnson,1999. “Theory of Relatioinship marketing” Journal of Marketing

Hasnidar, (2019). Pengaruh komunikasi, kompetensi, dan citra perusahaan tehadap customer engagement nasabah perbankan syariah di makassar. Disertasi. Makassar : Program Doktor Ilmu Ekonomi UNHAS.

Kotler, P., & Keller, K.L 2009. Manajemen Pemasaran, Jilid satu, Edisi Ketiga Belas. PT. Indeks.

Luo, Y. L. and J., Ma, S. C. and S., Wuhan, China, A., & Rong, K. (2016). Exploring the service quality in the e-commerce context : a triadic view.

Mohamed Abdulnaser Janahi, M. A. (2015). The impact of customer service quality on customer satisfaction in Islamic banking. Journal of Islamic Marketing, 1–9.

Miladyah Qurroty, (2014). Pengaruh kepuasan pelanggan terhadap kepercayaan, loyalitas dan pembelian ulang pada pelanggan kosmetik cantik di surabaya. Artikel imiah. Sekolah Tinggi Ilmu perbanas Surabaya.

Parazuraman, A., Zeithmal, V.A and Berry, L.L. 1988.

Ramseook-Munhurrun, P., & Nundlall, P. (2013). Service quality measurement for secondary school setting. Quality Assurance in Education, 21(4), 387–401.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan ke-22. Bandung Alfabeta

Tiro Muhammad Arif. ( 2010). Analisis Korelasi dan Regresi. edisi ke-3. Makassar. Andira Publisher.

Wahyu kurniawan.2012. Analisis pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga terhadap kepercayaan konsumen produk notebook (studi kasus terhadap dua merk Notebook). Naskah publikasi ilmiah. Universitas Muhammadiyah surakarta.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i2.1683

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter