Pengaruh Brand Ambasador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik MS GLOW di Distributor Karawang tahun 2021

Fuad Muhamad Facrudin, Endang Taufiqurahman

Sari


Kosmetik saat ini telah menjadi kebutuhan manusia yang tidak bisa dianggap sebelah mata lagi. Jika disadari bahwa baik wanita maupun pria, sejak lahir hingga dewasa semua membutuhkan kosmetik. Lotions untuk kulit, powder, sabun depilatories, deodorant merupakan salah satu dari sekian banyak kategori kosmetik. Dan sekarang semakin terasa bahwa kebutuhan adanya kosmetik yang beraneka bentuk dengan ragam warna dan keunikan kemasan serta keunggulan dalam memberikan fungsi bagi konsumen, menuntut industri kosmetik untuk semakin terpicu mengembangkan teknologi yang tidak saja mencakup peruntukkannya dari kosmetik itu sendiri namun juga kepraktisan didalam penggunaannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, menganalisis, dan menjelaskan Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image terhadap keputusan pembelian produk MS Glow di Kabupaten Karawang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuanitatif dengan pendekatan deskriptif. Tahun penelitian ini adalah tahun 2021, objek penelitian adalah produk kosmetik Ms Glow. Penelitian ini menggunakan  sampling jenuh, Karena semua anggota populasi digunakan sebagai sampel yaitu 141 responden. Teknik analisis data yajng digunakan adalah path analysis. Hasil penelitian menujukan terdapat pengaruh parsial brand ambassador terhadap keputusan pembelian sebesar 49,6% dan pengaruh parsial brand image terhadap keputusan pembelian 15,2%. Terdapat pengaruh secara simultan brand ambassador dan brand image terhadap keputusan pembelian sebesar 64,8% sedangkan sisanya  35,2% merupakan variabel  lain yang tidak di teliti.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adhim, C. (2020). Analisis Faktor Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Pada Butik Yulia Grace. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 239–247.

Alodya, Dewi & Fitriani (2017), Analisis Pengaruh Faktor Keputusan Konsumen Dengan Structural Equation Modeling Partial Least Square. Jurnal Eurematika, Vol 05 No 02.

Dinda, Y (2018) Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Halal “Wardah “ (Studi Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia).

Hanum, Z., & Hidayat, S. (2017). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Sepatu Merek Nike Di Kota Medan. Jurnal Bisnis Administras, 06(01), 37–43.

Hasanudin (2018) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Beras Di Kota Makassar.

Mercy. (2014). Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Nokia Di Kota Padang (Studi Kasus Pada Kecamatan Padang Barat Dan Lubuk Kilingan). Jurnal Of Economic And Economic Education. 1(1), 174-182.

Pratiwi, R., & Sri Isti. (2020), Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada Mahasiswa Berkebutuhan Khusus. Jurnal Of Applied Busness And Economics (JABE) Volume 7 No.1,35-47.

Rini, A., & Febriaty, H. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Di Pasar Modern: Studi Kasus Pada Indomaret Di Kecamatan Medan Denai Kota Medan. Jurnal Riset Sains Manajemen, 1(1), 35–42.

Suawa, A. J., Tumbel, A. L., Mandagie, Y., Faktor, A., Yang, F., Perilaku, M., & Tumbel, A. L. (2019). Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di New Ayam Bandung Resto Kawasan Megamas Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(4), 5195–5204.

Timmerman, V., Mandey, S., & Van Rate, P. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Texas Chicken Manado Analysis Of Factors Influencing Consumer Behavior Toward Purchase Decision In Texas Chicken Manado. 3 Jurnal EMBA, 5(2), 1113–1122.

Victor, Silvya & Paulina (2017), Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Texas Chicken Manado. Jurnal EMBA, Vol 5(2), Tahun 2017, 1113-1122.

Wua Gloria Sterie, James D.D Massie, Djurwati Soepono (2019) Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk PT. Telesindo Shop Sebagai Distributor Utama Telkomsel Di Manado. Jurnal EMBA, Vol.7(4), Tahun 2019, 2303-1174

Rifqoh Andini, Nurvita Trianasari (2021), Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Proses Keputusan Pembelian E-commerce Tokopedia. e-Proceding of Management, Vol.8(4), Tahun 2021, 2355-9357.

Buku:

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Zanafa Publishing.

Anastsia, Toto Tjipono Dan. (2016). Pemasaran. Cv. Andi.

Handoko, H. (2011). Manajemen Personalia Dan Sumber Daya Manusia. BPEE.

Hasibun. (2011). Manajemen Dasar, Pengertian Dan Masalah. Bumi Aksara.

Heri. (2019). Manajemen Pemasaran. Pt. Grasindo.

Keller, Philip Kotler Dan Kevin Lane Keller. (2011). Manajemen Pemasaran, Edisi Ke 13 Jilid 1 & 2. Erlangga.

Keller, Philip Kotler Dam Kevin Lane. (2016). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1 & 2. Pt. Index.

Kotler dan Keller. (2015). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jili 1 & 2. Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2016) Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13 Jilid. Erlangga.

MA, F. (2019). Pemasaran (Dasar Dan Konsep). Qiara Medika.

Malau Herman. (2017). Manajemen Pemasaran. Alfabeta.

Nugroho Setiadi. (2019). Perilaku Konsumen, Perspekif Kontemporer Pada Motif, Tujuan San Keinginan. Prenada Media Grup.

Ruyatnasih Yaya & Lia M. (2017). Pengantar Manajemen. Cv. Absolute Media.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Alfabeta.

Wisenblit, Schiffman. (2015). Cusumer Behavior Edisi 11 Global. Harlow.

Sumber Lain:

Data Penjualan Dari Distributor Karawang

Https://Www.Msglow.Co.Id/About/ , Tanggal 15 Oktober 2020, 14.00 WIB

Https://Www.Statistikian.Com, Tanggal 18 November 2020. Jam 11.28 WIB

http://Www.BPOM.Com , Tanggal 02 Mei 2021. Jam 14.20 WIB




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i2.1699

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter