PENGARUH FASILITAS BELAJAR, LINGKUNGAN SEKOLAH, DAN KINERJA GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK KARYA TEKNIK WATANSOPPENG

Andi Rahman Amanah, Hasan Nongkeng, Budiman Budiman

Sari


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap dan menganalisis: 1) Pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa di SMK karya Teknik Watansoppeng. 2) Pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa di SMK karya Teknik Watansoppeng. 3) Pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa di SMK karya Teknik Watansoppeng. 4) Pengaruh fasilitas belajar, lingkungan sekolah, dan kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa di SMK karya Teknik Watansoppeng. Metode penelitian adalah penelitian kuantitatif  dengan jenis penelitian ex post facto. Penelitian ini dilakukan pada SMK karya Teknik Watansoppeng, dimana objek penelitiannya adalah siswa SMK karya Teknik Watansoppeng. Populasi penelitian adalah seluruh siswa di SMK karya Teknik Watansoppeng yaitu sebanyak 98 siswa  dengan menggunakan sampel sensus. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dengan Model regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa di SMK karya Teknik Watansoppeng. 2) Lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa di SMK karya Teknik Watansoppeng. 3) Kinerja guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa di SMK karya Teknik Watansoppeng. 4) Fasilitas belajar, lingkungan sekolah, dan kinerja guru secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa di SMK karya Teknik Watansoppeng.

Kata Kunci :    Fasilitas Belajar, Lingkungan Sekolah, Kinerja Guru, Motivasi Belajar

ABSTRACT 

The purpose of this study is to reveal and analyze: 1) The influence of learning facilities on student learning motivation in vocational works Watansoppeng Engineering. 2) The influence of school environment on student learning motivation in vocational works Watansoppeng Engineering. 3) The influence of teacher's performance on student's learning motivation in vocational work of Watansoppeng Engineering. 4) The influence of learning facilities, school environment, and teacher performance on student learning motivation in vocational works Watansoppeng Engineering. The research method is quantitative research with ex post facto research type. This research was conducted on vocational work of Watansoppeng Engineering, where the object of research is vocational students of Watansoppeng Engineering. The research population is all students in SMK Watansoppeng technique that is 98 students using census samples. Data analysis tool used in this research is research with multiple linear regression model. The results of research shows that: 1) learning facilities have a positive and significant impact on student learning motivation in vocational work Watansoppeng Engineering. 2) School environment has a positive and significant effect on students' learning motivation in vocational work of Watansoppeng Engineering. 3) Performance of teachers have a positive and significant impact on student learning motivation in vocational works Watansoppeng Engineering. 4) Learning facilities, school environment, and teacher performance simultaneously have a positive and significant impact on students' learning motivation in SMK Watansoppeng Engineering work.

Keywords:       Learning Facilities, School Environment, Teacher Performance,
Motivation


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Bafadal, Ibrahim. 2004. Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan. Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara

Fitria. 2014. Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di MAN Balai Selasa Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Online Program Studi Pendidikan Geografi STKIP PGRI Sumatera Barat.

Huda, Miftahul. 2009 Idealitas Pendidikan Anak, Cet. 1. Malang: UIN Malang Press

Nugraha, Yogi. 2017. Pengaruh Kinerja Guru Pkn Dan Iklim Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, Vol. , No.1.

Qomariyatin, Al. 2013. Pengaruh Kelengkapan Fasilitas Belajar Dan Penggunaan Metode Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA NEGERI 1 Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013. Naskah Publikasi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Pamassangan, G., Abduh H.H., Jamaluddin. 2014. Pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa smp negeri 5 pasangkayu kecamatan baras kabupaten mamuju utara. Jurnal Edu Civic Vol. 2, No.1

Sholihat, Rika Indriani. 2015. Pengaruh Efektivitas Peraturan Sekolahdan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Dan Disiplin Belajar Serta Implikasinya Pada Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS (Survey Pada SMP Negeri Klasifikasi SSN Di Kabupaten Bandung Barat). Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol 15, No 3 (2015).

Suwarno, Wiji. 2006. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jogjakarta : AR-Ruzz Media. Jogjakarta.

Teevan, R.C. & Birney, R.C. (1964). Theories of Motivation in Personality and Social Psychology. Merrill: D.Van Nostrad Company. Inc.

Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Widyoko, S. Eko Putro., dan Anita Riniwati. 2012. Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Cakrawala Pendidikan, Juni 2012, Th. XXXI, No. 2




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v1i3.176

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter