Pengaruh Variasi Gaya Mengajar Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa
Sari
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa lebih dalam pengaruh variasi gaya mengajar guru dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Bahasa inggris siswa kelas VI SD Advent Airmadidi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di Persekolahan TK, SD, SMP, SMA Advent Unklab Airmadidi, tepatnya di SD Advent Unklab Airmadidi Kabupaten Minahasa Utara. Penelitian ini dilakukan pada Januari-Februari 2022. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Advent Unklab Airmadidi yang berjumlah 30 siswa. Dalam penelitian ini, analisis data menggunakan uji statistik regresi sederhana dan regresi ganda.
Hasil penelitian 1). Motivasi belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar bahasa Inggris siswa kelas VI SD Advent Airmadidi, dengan pembuktikan kontribusi sebesar 74,6%. Presentasi sisa yang hanya 25,4% tersebut terjadi karena motivasi yang ada dalam diri siswa masih kurang atau bisa juga dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. 2). Variasi gaya mengajar guru dan motivasi belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar bahasa Inggris siswa kelas VI SD Advent Airmadidi, dengan pembuktikan kontribusi sebesar 82,9%.
Keywords: Gaya mengajar, motivasi belajar, hasil belajar, siswa kelas VI SD Advent Airmadidi.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdul Hadis. (2006). Psikologi Dalam Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.
Abu Ahmadi & Supriyono Widodo. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka
Cipta.
Arikunto, Suharsimi. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis.
Jakarta: PT Rhineka Cipta.
___________. (2003). Prosedur Penelitian, Suatu Praktek. Jakarta: Bina Aksara.
___________. (2006). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek).
Jakarta: PT Rineka Cipta.
___________. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi
Aksara.
Asep Jihad &Abdul Haris. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Multi Presssindo
Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
___________. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Ayunda Kasih. (2020). Perjalanan Ujian Nasional dari Masa ke Masa.
https://www.kompas.com/edu/read/2020/09/15/110837871/perjalanan-
ujian-nasional-dari-masa-ke-masa-kamu-ikut-yang-mana?page=all.
Diakses pada tanggal 1 Desember 2021.
Cica, Maria dkk. (2019). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Variasi
Gaya Mengajar Pada Mata Pelajaran PPKN.
https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/download/8800/pdf.
Diakses pada tanggal 2 September 2022.
Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia (edisi
. Jakarta. Balai Pustaka
Dewi Sartika, Sam Cay, Ali Zaenal Abidin. (2021). The Effect of Teaching Style
Variations on Student’s Learning Achievement at Sasmita Jaya Vocational
School, South Tangerang. Diambil dari https://pdfs.semanticscholar.org
/347c/bc227263de0dab5a268691706692e1c2ebed.pdf. Diakses
pada tanggal 20 September 2021. Hlm. 235.
Dimyati & Mujiyono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka
Cipta.
___________. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
E. Mulyasa. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda
Karya.
Fachrurrozi & Mahyuddin. (2011). Pembelajaran Bahasa Asing (Metode
Tradisional & Kontemporer). Jakarta: Bania Publishing.
Fitriani, Arum. (2016). Implementasi Variasi Mengajar Guru Kelas V di Sekolah
Dasar Negeri 3 Bantul.
http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/pgsd/article/view/5075
Diakses pada tanggal 21 Juni 2020. Hlm. 3097-3102
Gagne, R. (2010). Teori Belajar Robert Gagne (1916-2002). Diakses dari
http://www.trianawuri.blogspot.com/2016/01/teori-belajar-robert-gagne1916-2002.html. Diakses pada tanggal 1 September 2021.
Ghozali, Imam. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.
Edisi Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gulo, W. (2004). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grasindo.
Hamalik, Oemar. (2005). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
___________. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
___________. (2001). Proses Belajar mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Cipta
Hamzah B. Uno dan Nurdin Mohamad. (2010). Belajar dengan Pendekatan
PAILKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara.
___________. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi
Aksara.
___________. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi
Aksara.
Hardjono, Rayner. (2001). Kamus Istilah Bahasa Asing. Jakarta: PT Gramedia
Pustaka Utama.
Hasibuan & Moedjiono. (2008). Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya
Husaini Usman. (2011). Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara
Jalal. 2008. Perkembangan Mutakhir CSR di Indonesia. Antara Pasal 74 UU PT &
Draft ISO 26000. Disampaikan pada Seminar “CSR for Better Indonesia”. FE UNPAD, 19 April 2008.
J.J. Hasibuan, Moedjiono. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
La Ode Muharam, Ihjon Ihjon, Wa Ode Hijrah, Samiruddin T. (2019). The Effect
of Teaching Style On Students' Motivation And Academic Achievement.
Diambil dari http://www.ijstr.org/final-print/sep2019/The-Effect-Of-Teaching-Style-On-Students-Motivation-And-Academic-Achievement-Empirical-Evidence-From-Public-Senior-High-School-In-Konawe-Selatan-Regency.pdf. Diakses pada tanggal 2 September 2021.
Mahmood Nasir. (2014). “Effect of Different Teaching Styles on Students'
Motivation Towards English Language Learning at Secondary Level”.
Diambil dari Https://www.researchgate.net/publication/334626377_EFFECT_OF_DIFFERENT_TEACHING_STYLES_ON_STUDENTS'_MOTIVATION_TOWARDS_ENGLISH_LANGUAGE_LEARNING_AT_SECONDARY_LEVEL. Diakses pada tanggal 2 September 2021.
Marno & M. Idris. (2008). Strategi dan Metode Pengajaran. Yogyakarta: Ar. Ruz
Media
___________. (2010). Strategi dan Metode Pengajaran. Yogyakarta: Ar. Ruz
Media
Muhibbin Syah. (2008). Psikologi Pendidikan: Dengan Pendekatan Baru.
Bandung: Remaja Rosdakarya
Mulyasa. (2008). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif
dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Ningsih, E. W. (2017). Kecemasan dalam Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa
Semester Keempat Akademi Bahasa Asing Balikpapan. Seminar Nasional
Inovasi Teknologi Terapan (SNITT) 2017, 277–287
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i2.1769
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional