Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen terhadap Pembelian Minuman Sereal Energen di Makassar

Sumarsih Sumarsih, Asmawiyah Asmawiyah

Sari


Abstrak

konsumen terhadap pembelian minuman sereal energen di Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode slovin dengan responden sebanyak 88 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online melalui Google Form diolah dengan SPSS 21. Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas dan uji realibilitas, , uji regresi linaer berganda, uji hipotesis melalui uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, baik secara parsial maupun secara simultan  promosi penjulan dan label halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap konsumen pada keputusan pembelian produk minuman sereal Energen di Makassar.

 

Kata Kunci: Promosi Penjualan, Label Halal, Keputusan Pembelian


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amalia, A. (2019). Analisis Pengaruh Labelisasi Halal Harga dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Salatiga Dengan Sikap Sebagai Variabel Intervening.

Andriani, Y. (2020). Pengaruh Label Halal dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Herbal Penawar Al Wahida Indonesia (Studi Kasus: HPAI DC. Bunda Evy, Kota Bengkulu).

Arifah, E. R. (2020). Pengaruh Label Halal Kualitas Produk Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen (Studi Kasus Konsumen Safi Cosmetics di Guardian Artos Mall Magelang).

Amanah, D. dkk (Oktober 2015 ). Pengaruh Promosi Penjualan (Sales Promotion) dan Belanja Hedonis (Hedonic Shopping) Terhadap Impulsive Buying Produk Matahari Plaza Medan Fair. Jurnal Quanomic No. 02 - | ISSN No. 2339-2037, Volume. III.

Falaah, A. (2020). Pengaruh Promosi Kualitas Produk Label Halal dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Wardah Exclusive Matte Lip Cream (Studi Kasus pada Konsumen Toko Agung Supplier Purwokerto).

Harman Malau, P. D. (2018). Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global (Kedua ed.). Bandung: Alfabeta.

Imamuddin, M. (2017, Januari-Juli). Pengaruh Label Halal dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Mahasiswa IAIN Bukit Tinggi T. A 2016/2017. EKONOMIKA SYARIAH: Journal of Economic Studies, Vol. 1, no.1.

Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. (M. Wibi Hardani, Ed.dkk.) Jakarta: Erlangga.

Pramezwary A, dkk. (2021, 1 Maret). Brand Trust dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Masa Pandemi Covid-19. Perspektif: Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, Volume 19 No. P-ISSN 1411-8637 E-ISSN 2550-1178, 24-25.

Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (22 ed.). Bandung: Alfabeta.

Sholihat, A. (2018, April). Pengaruh Promosi Penjualan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di Krema Koffie. JOM FISIP, Vol. 5 No. 1, 4.

Setiadi, E. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Syrup Monin Pada PT. Kharisma Sukses Gemilang. (Universitas Buddhi Dharma).

Wati, K. (2018). Pengaruh Promosi Label Halal dan BPOM Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah (Studi Kasusu Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Pekalongan).




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i2.1799

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter