Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Pembiayaan Terhadap Loyalitas Kreditur (Studi Pada Pt. Amanah Finance Cabang Makassar)

Sukmatica Slamet, Nurhidayanti. s

Sari


Abstrak

Lingkungan global yang berubahsemakin cepat menyebabkan setiap perusahaan,termasuk bisnis jasa pembiayaan mencoba mencari cara yanginovatif guna mencapai keunggulan kompetitif,meningkatkan loyalitas pelanggan, dan meningkatkan efisiensi tanpa mengorbankan kualitas pelayanan. Hal ini menyebabkan pemasar dituntut untuk dapat menciptakan strategi pemasaran yang baru,unik dan lebih kreatif sehingga mampu membangun hubungan jangka panjang dan loyalitas dengan pelanggan, yakni dengan menerapkan strategi bauran pemasaran. Tujuan yang ingin dicapai dengan diadakannya penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh produk (product), harga, promosi, tempat, karyawan, sarana fisik dan proses terhadap loyalitas kreditur pada perusahaan PT. Amanah Finance Cabang Makassar, serta untuk  menganalisis variabel dari bauran pemasaran jasa pembiayaan yang paling dominan berpengaruh terhadap loyalitas kreditur pada PT.Amanah Finance Cabang Makassar. Untuk mencapai tujuan tersebut maka digunakan pengumpulan data melalui obsevasi, interview dan kuesioner, dengan menggunakan teknik analisis data yakni analisis deskriptif, analisis regresi berganda, uji instrumen penelitian, serta pengujian hipotesis. Hasil uji regresi secara parsial diperoleh temuan bahwa produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion), orang (people), sarana fisik (phisycal evidence), dan proses (process) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas kreditur pada PT. Amanah Finance Cabang Makassar, serta variabel yang paling dominan mempengaruhi loyalitas kreditur pada PT. Amanah Finance Cabang Makassar adalah prosedur pelayanan.

 

Kata kunci :     Produk, Harga, Tempat, Promosi, Karyawan, Sarana Fisik, Proses dan Loyalitas Kreditur

Abstract

The rapidly changing global environment causes every company, including the financial services business to try to find innovative ways to achieve competitive advantage, increase customer loyalty, and increase customer loyalty. improve efficiency without compromising service quality. This causes marketers to be required to be able to create new, unique and more creative marketing strategies so that they are able to build long-term relationships and loyalty with customers, namely by implementing a marketing mix strategy. The aim to be achieved by holding this research is to analyze the effect of product, price, promotion, place, employees, physical facilities and processes on creditor loyalty at the company PT. Amanah Finance Makassar Branch, as well as to analyze the variables from the marketing mix of financing services that most dominantly affect creditor loyalty at PT. Amanah Finance Makassar Branch. To achieve this goal, data collection was used through observation, interviews and questionnaires, using data analysis techniques namely descriptive analysis, multiple regression analysis, research instrument testing, and hypothesis testing. The results of the partial regression test found that the product, price, place, promotion, people, physical evidence, and process had a significant effect on creditor loyalty. at PT. Amanah Finance Makassar Branch, as well as the most dominant variables affecting creditor loyalty at PT. Amanah Finance Cabang Makassar Branch is a service process.

 

Keywords: Product, Price, Place, Promotion, Employees, Physical Facilities, Process and Creditor Loyalty.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku Abdullah, Thamrin, Dan Francis Tantri, 2012, Manajemen Pemasaran, Cetakan Pertama, Penerbit : Rajagrafindo Persada, Jakarta

Adisaputro, Gunawan, 2014, Manajemen Pemasaran : Analisis Untuk Perancangan Strategi Pemasaran, Edisi Pertama, Cetakan Kedua, Penerbit : Unit Penerbit Dan Percetakan STIE YKPN, Jakarta.

Arikunto, Suharsimi, 2016, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, Edisi

Revisi VI, Jakarta : PT Rineka Cipta

Assauri Sofjan, 2014, Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama, Cetakan Ketigabelas, Penerbit : Radjagrafindo Persada, Jakarta

Alma Buchari. 2007. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Penerbit : Alfabeta Bandung.

Gitosudarmo, Indriyo, 2008, Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua, Cetakan Keenam, Penerbit : BPFE – Yogyakarta

Ghozali, Imam, 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Keempat, Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasan Ali, 2018, Marketing, Dan Kasus-Kasus Pilihan, Cetakan Pertama, Penerbit CAPS, Yogyakarta

Kartajaya, Herman. 2017, Marketing, Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Kotler, Philip., Keller, Kevin Lane. 2017. Manajemen Pemasaran, Edisi Ketigabelas Jilid Satu. Penerbit : Erlangga, Jakarta.

Kotler Philip, Dan Gary Amstrong. 2015. Principles Of Marketing, Global Edition, 14 Edition, Pearson Education

Limakrisna Nandan Dan Wihelmus Hary Susilo, 2012, Manajemen Pemasaran Teori Dan Aplikasi Bisnis, Edisi Pertama, Penerbit : Mitra Wacana Media, Jakarta

Lupiyoadi, Rambat, 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua, Penerbit : Salemba Empat, Jakarta

Lovelock, Christopher, And Jochen Wirtz. 2013. Service Marketing, People, Technology, Strategy. New Jersey: Prentice Hall Upper Sadle River

Mowen, John C. Michael Minor. 2016. Perilaku Konsumen (Jilid 1) Edisi Kelima.

Jakarta: Erlangga

Peter, J Paul., And Olson., Jerry C, 2012, Consumer Behavior: Perilaku Konsumen Danstrategi Pemasaran. Terjemahan Damos Sihombing. Jilid 1. Edisi 4,

Jakarta: Erlangga

Rahman, Arif, 2010, Strategi Dahsyat Marketing Mix, Edisi Revisi Cetakan Pertama, Penerbit : Transmedia, Jakarta

Ratih Hurriyati, 2017. Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen, Penerbit : Alfabeta. Bandung

Sangadji, E.M., Dan Sopiah. 2018. Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis

Disertai:Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi

Subagio, Ahmad, 2010, Marketing In Busisness, Edisi Pertama, Penerbit : Mitra Wacana Media, Jakarta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Cetakan Kesembialanbelas, Penerbit : Alfabeta, Bandung.

Suliyanto, 2018. Metode Penelitian Bisnis Untuk Skripsi, Tesis, & Disertasi.

Yogyakarta: Andi Offset.

Sunjoyo, Dkk. 2013. Aplikasi SPSS Untuk Smart Riset, Bandung: Alfabeta.

Sunyoto Danang, 2013, Perilaku Konsumen, (Panduan Riset Sederhana Untuk Mengenali Konsumen), Cetakan Pertama, Penerbit : CAPS, Yogyakarta

Tjiptono Fandy Dan Gregorius Chandra. 2017. Service, Quality Satisfaction. Edisi Ketiga, Penerbit : Andi Ofset. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy, 2019, Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset.Yogyakarta

Wahjono, Imam Sentot, 2010, Manajemen Pemasaran Bank, Penerbit : Graha Ilmu, Jakarta

Wibowo, Lili Adi & Priansa, Donni Juni. 2017. Manajemen Komunikasi Dan

Pemasaran. Bandung: Alfabeta

Zethaml, Valarie, Mary Jo Bitner, Dwayne D. Gremler. 2013., Service Marketing. Mcgraw-Hill International Edition.

Zulkarnain, 2012. Ilmu Menjual, Pendekatan Teoritis Dan Kecakapan Menjual. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Ade Letrio Putra Dan Eka Sulistyawati, 2013. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah PT. Pegadaian (Persero) Cabang Mengwi, Badung, Bali.

A. Sangkala Dengkeng, 2012, Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Konsumen Kartu Prabayar Simpati Pada PT. Telkomsel Di Makassar

Fadli Arif, 2015, Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Memanfaatkan Kredit Konsumsi Pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Makassar.

Faber B.P Situngkir, 2011. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Loyalitas Konsumen Pada AJB Bumi Putera 1912 Cabang Balige Sumatra Utara

Irfandy, 2012, Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Perbankan Pada PT. Bank Bukopin Tbk Di Makassar.

Khadijah Maulinda, 2013, Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Loyalitas Pasien Di Rawat Inap Rumah Sakit Ibu Dan Anak Siti Khadijah 1 Makassar

Lena Henny Triska, Zulkarnaen, Lilis Sulistyowati, 2014. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Bank Terhadap Kepuasan Dan Implikasinya Terhadap Loyalitas Debitur BPR Di Wilayah Riau Pesisir

Muhammad Ramadhan, 2014, Pengaruh Bauran Pemasaran (7P) Terhadap Penjualan Valas Pada PT. Haji LA Tunrung AMC Di Makassar

Purwanditya Hendra Wahyudi, 2007. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Memilih Jasa Penginapan (Studi Pada Pengguna Jasa Hotel Puri Perdana Blitar).




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i1.1870

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter