Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan

Mozes Haryanto, Nurdwiana Sari Saudi, Muh. Ashary Anshar, Moh. Hatta, Izaac L.D Lawalata

Sari


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap peningkatan volume penjualan pada Minimarket Indomaret Gerai Batua di Kota Makassar dan mengetahui faktor yang dominan berpengaruh terhadap Volume Penjualan Pada Minimarket Indomaret Gerai Batua di Kota Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah semua masyarakat yang berbelanja di Minimarket Indomaret Gerai Batua yang berjumlah 4.162 orang selama satu minggu, sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 98 responden. Data yang digunakan adalah data primer. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara terstruktur menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, dan regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan produk, harga, promosi, dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan dan secara parsial variabel harga, promosi, dan lokasi berpengaruh positif namun tidak signifikan, variabel produk yang paling dominan berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan pada Minimarket Indomaret Gerai Batua di Kota Makassar.

 

Kata Kunci: Produk; harga; promosi; lokasi; volume penjualan; bauran pemasaran.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali, F., Barusman, A. R. P., & Oktavianur, M. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Pada PT. Astra Internasional Daihatsu Lampung. Visionist, 8(1). http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v8i1.1686

Aprilian, Y. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Teh Botol Sosro di Toko Cni Tembilahan. Jurnal Analisis Manajemen, 4(1), 68–79. https://www.ejournal.unisi.ac.id/index.php/jam/article/view/897

Eneizan, B. M., Abd Wahab, K., & Obaid, T. F. (2016). Effects Of Green Marketing Strategies On Sales Volume Of Green Cars. Singaporean Journal of Business, Economics and Management Studies, 51(3814), 1–14. https://platform.almanhal.com/Files/Articles/94454

Gituma, M. M. (2017). Effects Of Marketing Mix On Sales Performance: A case of Unga Feeds Limited. United States International University-Africa. http://erepo.usiu.ac.ke/11732/3664

Haris, R., Mutia, A., & Ratih, I. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran dan Diversifikasi Produk terhadap Volume Penjualan Buah Nanas di Desa Tangkit Baru Muaro Jambi. Innovatio: Journal for Religious Innovation Studies, 17(1), 35–44. https://doi.org/10.30631/innovatio.v17i1.14

Hikmah, N. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Minimarket Maswir Air Tiris Kampar. Universitas Islam Riau. https://doi.org/https://repository.uir.ac.id/3271/

Homburg, C., Jozić, D., & Kuehnl, C. (2017). Customer Experience Management: Toward Implementing An Evolving Marketing Concept. Journal of the Academy of Marketing Science, 45(3), 377–401. https://link.springer.com/article/10.1007/s11747-015-0460-7

Hutabarat, E. (2017). Pengaruh Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Toko Buku Gramedia Sun Plaza Medan. Jurnal Ilmiah Methonomi, 3(2), 83–91. http://methonomi.net/index.php/jimetho/article/view/57

Ismanto, J. (2017). Analisis Pengaruh Persepsi Mahasiswa Pada Unsur-Unsur Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Ipwija Program S2 (Pasca Sarjana). Econosains Jurnal Online Ekonomi Dan Pendidikan, 15(1), 125–143. https://doi.org/10.21009/econosains.0151.08

Jasmani, J. (2019). Pengaruh Promosi Dan Pengembangan Produk Terhadap Peningkatan Hasil Penjualan. Jurnal Semarak, 1(3), 142–157. http://dx.doi.org/10.32493/smk.v1i3.2256

Karim, D., Sepang, J. L., & Lumanauw, B. (2014). Marketing Mix Pengaruhnya Terhadap Volume Penjualan pada PT. Manado Sejati Perkasa Group. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(1). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/4006

Kotler, P., & Armstrong, G. (2010). Principles of marketing. Pearson education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran. edisi.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). A framework for marketing management. Pearson Boston, MA.

Kumalasari, N. R. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Di Toko Ismart Dan Indomaret Ponorogo. IAIN Ponorogo. http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11441

Kurniati, F. (2020). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Produk Pada Mini Market Duta Mart Talang Jambe Palembang. 021008 Universitas Tridinanti. http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/249

Mukarromah, S. (2018). Implementasi Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Toko Baju Senam Grosir. com. Universitas Muhammadiyah Surabaya. http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3578

Musa, B., & Rotinsulu, J. J. (2019). Pengaruh Produk, Harga, Promosi, Lokasi terhadap Omzet Penjualan Telur Ayam pada PT. Pandu Prima Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3). https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.23721

Musfar, Tengku Firli SE., M. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran: Bauran Pemasaran sebagai Materi Pokok dalam Manajemen Pemasaran. Media Sains Indonesia.

Nasution, M. I., Prayogi, M. A., & Nasution, S. M. A. (2017). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan. Jurnal Riset Sains Manajemen, 1(1), 1–12. https://core.ac.uk/download/pdf/296591604.pdf

Neisia, T. C., Kalangi, J. A. F., & Walangitan, O. (2018). Pengaruh Harga Terhadap Penjualan Produk Motor Yamaha Mio Pada PT. Hasjrat Abadi Outlet Karombasan Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 6(003). https://doi.org/10.35797/jab.6.003.2018.20284.%25p

Nurcahyo, F., & Wahyuati, A. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan pada Restoran McDonald’s Delta Plaza Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(4). http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/download/621/632

Pradana, N. A. (2014). Pengaruh Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada CV. Rown Division Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30268

Pratama, R. D., & Mashariono, M. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan PT Semen Indonesia (PERSERO). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 9(6). http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/3077

Pristyo, M. (2013). Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Volume Penjualan Pada UD. Eka Jaya di Surabaya. E-Jurnal Kewirausahaan, 1(1). http://widyakartika.ac.id/jurnal/index.php/Kewirausahaan/article/view/28

Rachmawati, R. (2011). Peranan bauran pemasaran (marketing mix) terhadap peningkatan penjualan (sebuah kajian terhadap bisnis restoran). Jurnal Kompetensi Teknik, 2(2). https://www.academia.edu/download/51013059/2081-4763-1-PB.pdf

Raj, M. P. M., Sasikumar, J., & Sriram, S. (2013). A Study On Customers Brand Preference In Suvs And Muvs: Effect Of Marketing Mix Variables. Researchers World, 4(1), 48. https://search.proquest.com/openview/23de5505ffa0d25de07b9e13c0caf936/1?pq-origsite=gscholar&cbl=556342

Ratna, R. (2021). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Indomaret Km 8.1 Cabang Banjarmasin. Universitas Islam Kalimantan MAB. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/7373

Singh, M. (2012). Marketing Mix Of 4P’s For Competitive Advantage. IOSR Journal of Business and Management, 3(6), 40–45. https://www.academia.edu/download/28251386/G0364045.pdf

Sinurat, A. R. H. (2018). Strategi Promosi PT. Wahana Trans Lestari Medan Dalam Meningkatkan Aneka Penjualan Produk Nissan Datsun. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10521

Suarjana, I. K., Suwendra, I. W., Yulianthini, N. N., & SE, M. M. (2014). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Di Indomaret Kecamatan Tampaksiring-Gianyar. Jurnal Manajemen Indonesia, 2(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/4306

Suddin, A. F. (2013). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Produk Ayam Pedaging Di Kota Makassar. Jurnal Ilmu Dan Industri Peternakan, 1(1), 1–12. https://core.ac.uk/download/pdf/234745728.pdf

Suryani, W. (2016). Analisis Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Sparepart Pada PT. Aksara Motor Medan. Jurnal Ilmuah “Integritas, 2(1). http://www.jurnalmudiraindure.com/wp-content/uploads/2016/08/analisis-pengaruh-promosi-terhadap-peningkatan-penjualan-sparepart.pdf

Tambajong, G. (2013). Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Penjualan Sepeda Motor Yamaha Di PT. Sarana Niaga Megah Kerta Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3). https://doi.org/10.35794/emba.1.3.2013.2550

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa, edisi pertama, cetakan kesepuluh. Penerbit: Andi Yogyakarta.

Tjiptono, F. (2019). Strategi pemasaran.

Utari, W. (2011). Analisis Strategi Marketing Mix PT Combiphar Serta Pengaruh Terhadap Peningkatan Volume Penjualan. Jurnal Mitra Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 2(2), 245–258.http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/3012/1/jurnal%20mitra%20ekonomi%20dan%20manajemen%20bisnis%2c%20vol.2%2c%20no.%202%2c%20oktober%202011.pdf

Warrink, D. (2015). The Marketing Mix In A Marketing 3.0 Context. University of Twente. https://purl.utwente.nl/essays/67347

Zainuddin, M. Z., Suyuti, H. M., & Sari, A. A. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Di Begos (Bebek Goyang Sulawesi) Kota Kendari. Sultra Journal of Economic and Business, 1(1), 1–11. http://jurnal-unsultra.ac.id/index.php/sjeb/article/view/109

Zainumajd, Z. (2021). Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Pada Dealer Yamaha Putra Sandaga Kandangan. Universitas Islam Kalimantan MAB. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/7272




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i2.1890

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter