Pengaruh Karakteristik Individu, Beban Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Sirkulasi Kompas Gramedia Makassar

Sukaini Sukaini, Mattalatta Mattalatta, Akmal Akmal

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: (1). Mengetahui dan menganalisis pengaruh karakteristik individu terhadap kinerja karyawan. (2). Mengetahui dan menganalisis engaruh beban kerja terhadap kinerja karyawan. (3). Mengetahui dan menganalisis pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan. (4). Mengetahui dan menganalisis pengaruh karakteristik individu, beban kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan.

Penelitian ini dilaksanakan pada PT. Sirkulasi Kompas Gramedia Makassar, dengan menggunakan metode purposive sampling, yaitu semua anggota populasi digunakan sebagai sample berjumlah 30 responden. Metode pengmpulan data yang digunakan adalah wawancara langsung kepada pihak – pihak yang terlibat dengan masalah yang sedang dibahas serta memberikan kuesioner kepada karyawan yang sesuai dengan penelitian yang dilakukan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analia regresi liniear berganda, Uji T-test, Uji F serta Uji Koefsien Determinsi (R2).

Hasil analisa menunjukkan bahwa (1). Karakteristik individu berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. (2). Beban kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. (3). Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. (4). Karakteristik individu, beban kerja dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap kinerja karyawan.

Kata Kunci: Karakteristik Individu, Beban Kerja, Lingkungan Kerja, Kinerja.


Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Alex S Nitisemito, 2002, Manajemen Personalia, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Arika. (2011). Jurnal artikel Analisis Beban Kerja Ditinjau dari Faktor Usia Dengan Pendekatan Recommended Weight Limit.

Bambang Guritno, 2004, Manajemen Sumber Daya Manusia, CV Grafika Angkasa, Jakarta,

Flippo Edwins, 2002, Personal management (Manajemen Personalia), Edisi VII Jilid II, Terjemaham Alponso : Erlangga, Jakarta.

Ghozali, Imam. (2011). Apkikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS . Edisi kelima : Badan Penerbitan Universitas Diponegoro. Semarang

Ghozali, Imam., 2006, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, : Badan Penerbit UNDIP. Semarang.

Gibson, James L. et al. (1996). Organisasi: Perilaku, Struktur, Proses. Diterjemahkan oleh Ninuk Adriani. Jakarta: Binarupa Aksara.

Gibson et al, 2000. Organisasi. Jilid 1 dan 2. Ahli bahasa Agus Dharma, Erlangga : Jakarta.

Handoko, H. (2001). Personnel Management and Human Resources. BPFE.Yogyakarta.

Hani Handoko, 2002, Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja, PT Grafindo, Jakarta.

Husein Umar, 2005, Riset SDM Dalam Organisasi, PT SUN, Jakarta.

Rivai, Veithzal, dan Deddy Mulyadi., 2003, Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, Edisi ke-3, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rivai, Veithzal, dan Jauvani Sagala,. 2011, MSDM untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik, Edisi ke-2, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rivai, Veithzal., 2004, MSDM untuk Perusahaan (dari Teori ke Praktik), Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sedarmayati, 2001.Sumber daya manusia dan Produktivitas Kerja, Mandar Maju, Bandung.

Setyawan, A. A., & Kuswati, R. (2006). Teknologi Informasi Dan Reposisi Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen dan Bisnis. ISSN.1410 – 4571. Hal. 109

Septianto Dwi, 2003, Pengaruh Lingkungan Kerja dan Stres Kerja terhadap Kinerja Karyawan (studi Kasus) Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro, Semarang.

Sherly Dian Sari (2015) dengan Judul Pengaruh Karakteristik Individu dan Lingkungan Kerja terhadap kinerja karyawan pada sentra industri kerajinan kulit di manding, kab. Bantul, Yogyakarta.

Sugiyono. (2002). Statistika untuk Penelitian : Alfabeta. Bandumg

Sugiyono,.2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R & D., Alfabeta.Bandung

Sugiyono,. 2013. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Sari view : 825 times
Download PDF - 167 times

DOI: https://doi.org/10.2568/yum.v1i1.218

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter